loading...

20 Gejala Penyakit Diabetes Melitus Yang Mudah Dikenali

loading...

Pengertian Diabetes Melitus (DM)

Diabetes Melitus (DM) adalah keadaan ketika kadar gula dalam darah tinggi melebihi kadar gula normal. Penyakit ini biasanya disertai berbagai kelainan metabolism akibat gangguan hormonal dalam tubuh. Kadar gula yang tinggi ini disebet sebagai kondisi hiperglikemia. DM yang juga popular dengan nema kencing manis itu adalah suatu kondisi yang diderita oleh seseorang karena kekurangan hormone insulin.

Kekurangan hormon insulin yang terjadi disebabkan oleh kurang aktifitasnya produksi hormone insulin dari sel kelenjar langerhans di organ pancreas. Berkurangnya produksi ini bias karena menyusutnya jumlah sel penghasil hormon insulin sejak seseorang dilahirkan (bawaan atau keturunan). Serta dapat juga akibat serangan virus atau penyakit degeneratif. Seseorang dapat juga terkena walau¬pun hormon insulinnya cukup. Kejadian ini muncul karena reaksi tubuh terhadap kehadiran insulin kurang efisien atau tubuh tidak mampu menggunakan ketersediaan hor¬mon tersebut dengan semestinya, sehingga tubuh tidak mampu mengoksidasi glukosa menjadi energi. Keadaan ini biasanya menyerang orang setengah baya ke atas, karena faktor degenerasi, kurang olahraga, dan kegemukan.

Hormon insulin dibuat oleh kelenjar pankreas. Hor¬mon ini dapat menurunkan gula darah dengan cara me¬ningkatkan jumlah, gula yang disimpan di dalam hati. Gula itu harus masuk ke sel hati, sel lemak, sei otot, dan untuk itulah dibutuhkan hormon insulin yang akan memasukkan gula ke sel-sel tersebut. Dan dengan itu sekaligus merang-sang sel-sel tubuh agar menyerap gula, dan juga mencegah hati agar jangan terlalu banyak mengeluarkan gula. Aki¬bat gangguan hormonal tersebut dapat terjadi komplikasi pada mata, seperti katarak, ginjal, saraf, dan pembuluh darah.
Jika gula yang masuk ke tubuh manusia, baik melalui makanan ataupun minuman, tidak masuk ke sel karena kurangnya hormon insulin, kadar gula meningkat. Pengolahan makanan dan minuman itu dilakukan dalam tubuh secara kimiawi oleh hati dan disebut dengan Glukosa. Jika kadar gula itu melebihi angka tertentu, gula mulai keluar dari darah dan masuk ke urine. Selain itu, kadar gula di da¬lam tubuh yang tidak masuk ke sel-sel hati, sel otot dalam sel lemak, bisa dibakar sehingga tidak membahayakan me¬lalui olahraga dan kerja keras yang mengeluarkan keri¬ngat. Tetapi bila hal itu tidak dilakukan, kadar gula yang berlebih di dalam tubuh akan terus terkumpul, sehingga dia akan menjadi seorang penderita penyakit Diabetes Melitus (DM).

20 Gejala Umum Penyakit Diabetes Melitus (DM)

Penyakit diabetes melitus atau yang sering disebut kencing manis kebanyakan adalah penyakit keturunan, bukan menular. Penyakit ini disebabkan oleh gen yang mengendalikan sistem imun. Kondisi sistem imun yang oleh gen kekebalan tubuh ini menyebabkan sel tubuh yang lain, dalam hal ini sel penghasil insulin. Bisa juga disebabkan oleh penggunaan obat yang terlalu lama, atau infeksi virus.

  1. Gampang lelah
  2. banyak minum dan mudah haus
  3. banyak kencing.
  4. Berat badan menurun
  5. Bila kadar gula tidak terkontrol, akan timbul gejala kronis, seperti: Banyak minum dan banyak kencing, serta mudah haus.
  6. Sering kesemutan.
  7. Ku1it terasa panas dan tebal.
  8. Kram dan mudah lelah.
  9. Mudah mengantuk.
  10. Mata menjadi kabur.
  11. Gatal sekitar kemaluan, terutama wanita. Gigi mudah goyah dan mudah lepas.
  12. Kemampuan seks menurun.
  13. Para ibu hamil sering mengalami keguguran atau ke¬matian janin dalam kandungan, atau melahirkan dengan berat bayi > 4 kg.
  14. Penurunan berat badan.
  15. Rasa lemah.
  16. Banyak makan.
  17. Kesemutan
  18. Gangguan penglihatan
  19. Gatal/bisulgangguan ereksi
  20. Keputihan

ladyfem

Jika salah satu dari gejala tersebut terjadi, belum tentu hal itu merupakan gejala diabetes. Namun bila beberapa gejala dari 20 Gejala Umum Penyakit Diabetes Melitus (DM) di atas anda alami, maka Anda perlu mewaspadainya. Namun untuk memastikanya lebih tepat bila Anda segera cek lab atau datang kedokter sehingga langsung bisa mendapatkan perawatan medis agar penyakit Diabetes mellitus (DM) Anda tidak berlarut-larut dan semakin kronis. Salam CaraMedis.com!

loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to 20 Gejala Penyakit Diabetes Melitus Yang Mudah Dikenali