5 Bahaya Produk Kosmetik Berbahan Kimia Bagi Wanita Modern

loading...
loading...

5 Bahaya Produk Kosmetik Berbahan Kimia Bagi Wanita Modern –  Mengapa artikel ini menyebutkan Wanita Modern? Penjelasannya adalah kosmetik merupakan produk kecantikan yang identik  dengan gaya hidup wanita modern, meskipun demikian banyak kaum wanita yang masih memegang teguh  prinsip kultur atau keagamaan yang berlaku sehingga tidak mau memakai produk kosmetik jenis apapun. Oleh karena itu pembahasan artikel kali ini akan mengulas mengenai bahaya yang terkandung dalam produk kosmetik berbahan kimia yang telah banyak beredar dan dipakai kaum wanita modern saat ini.

Produk kecantikan  seperti kosmetik, lipstik atau sejenisnya merupakan produk kecantikan modern yang pembuatannya menggunakan teknologi dan bahan kimia tertentu.  Nah, kandungan bahan kimia pada produk kosmetik inilah yang kemudian malah menuai masalah kesehatan  pada wanita yang umumnya memakai produk ini atau yang kita sebut keracunan pada  kulit berupa iritasi, alergi atau lainnya.

Sebenarnya,  efek berbahaya produk kosmetik ini terjadi pada saat pemakaian dilaksanakan terus menerus atau berkepanjangan. Namun, untuk wanita yang memiliki kulit sensitif pemakaian produk kosmetik  tetap akan memberikan efek langsung keracunan terutama pada kulit. Berikut beberapa bentuk keracunan produk kosmetik yang banyak terjadi pada wanita modern saat ini!

Baca Juga :

5 Jenis Zat Kimia Yang Sangat Berbahaya Bagi Tubuh Manusia

Cara Diet Mayo dan Resep Menu Makanannya Selama 13 Hari

Jangan Takut Memakai Hijab, Inilah Manfaat Hijab Bagi Kesehatan Wanita!

6 Macam Vitamin Dan Fungsinya Bagi Tubuh Manusia

 

Macam-Macam Bahaya Produk Kosmetik Yang Berbahan Kimia

efek berbahaya produk kosmetik

efek berbahaya produk kosmetik

  1. Terjadinya Kelainan Pigmen (Pigmentasi) Pada Kulit

Salah satu efek keracunan bahan kimi produk kosmetik adalah terjadinya kelainan pigmentasi pada kulit. Kelainan pigmentasi pada kulit ini disebut juga dengan pigmented cosmetic dermatitis dan bisa berbentuk bercak, retikuler hitam atau biru gelap pada kulit dan difus. Kelainan pigmentasi kulit terjadi sebagai akibat dari adanya reaksi  alergi (fotoalergi) terhadap kontak antara kulit dan zat warna yang berbahan dasar kimia pada produk kosemetik sehingganya kelainan pigmentasi yang terus dibiarkan akan merusak sel pada kulit itu sendiri.

 

  1. Timbulnya Jerawat Pada Wajah

Kosmetik krem muka yang mengandung senyawa lanolin, butyl stearate, lauril alkohol asam oleat dan juga zat pewarna dapat dapat memicu timbulnya komedo dan jerawat pada kulit wajah. Mengapa demikian? Senyawa-senyawa itu sendiri bersifat komedogenik yang menimbulkan reaksi secara berlebihan pada pori-pori kulit sehingga kemudian menimbulkan jerawat.

 

  1. Fotosensitisasi

Fotosensitisasi adalah reaksi kulit terhadap sinar matahari yang menyinari wilayah kulit yang terkena kosmetik.  Bentuk keracunan produk kosmetik ini disebabkan oleh senyawa  kimia turunan berupa zat pewarna, minyak bergamot dan psoralen. Nah, untuk reaksi fotosensitisasi pada kulit ini dapat berupa eritema, hiperpigmentasi dan reaksi dermatitis lainnya.

 

  1. Reaksi Alergi

Alergi disini merupakan reaksi kulit terhadap zat tertentu yang terkandung pada bahan kosmetik. Reaksi alergi yang terjadi pada kulit biasanya disebut dengan dermatitis kontak alergika dengan gejala kulit memerah, gatal-gatal, kulit terlihat lebam bahkan bisa saja terjadi pembekakan pada kulit.

reaksi alergi kulit

reaksi alergi kulit

Adapun zat kimia yang terdapat pada kosmetik yang dapat menimbulkan reaksi alergi kulit adalah ammonium perborat, persulfat, polimer resin, heksaklorofen, mercury, natrium lauril sulfat, ammonium tioglikolat, gliseril monostearat dan trietanolamin.

 

  1. Iritasi Kulit

Iritasi kulit adalah reaksi yang dapat menimbulkan kerusakan kulit akibat bahan kimia yang digunakan dalam produk kosmetik. Iritasi kulit ini terjadi akibat penggunaan kosmetik yang salah dan berlebih pada kulit. Adapun zat kimia yang terkandung dalam produk kosmetik yang dapat menimbulkan iritasi kulit adalah asam alkali, heksaklorofen, ammonium tioglikolat dan lainnya. Biasanya senyawa kimia ini terdapat pada produk kosmetik berupa obat pengeriting rambut, deodorant dan antiperspirant.


ladyfem

Lalu, produk kosmetik seperti apa yang aman dipakai oleh wanita modern? Tentu saja produk kosmetik yang terbuat dari bahan –bahan alami dan hanya sedikit kandungan zat kimianya. Untuk itu, bagi Anda wanita modern yang ingin tampil selalu cantik tentu saja harus sangat selektif dalam menentukan produk kecantikan, jangan sampai maksud hati ingin tampil cantik dan modern alhasil malah terkena bahaya bahan kimia produk kosmetik itu sendiri.

loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to 5 Bahaya Produk Kosmetik Berbahan Kimia Bagi Wanita Modern