5 Jenis Zat Kimia Yang Sangat Berbahaya Bagi Tubuh Manusia

loading...
loading...

5 Jenis Zat Kimia Yang Sangat Berbahaya Bagi Tubuh Manusia – Setiap zat racun sangatlah berbahaya bila masuk ke dalam tubuh manusia.  Zat racun yang masuk kedalam tubuh manusia  sejatinya akan masuk dalam sistem pencernaan tubuh yang kemudian terpapar keseluruh tubuh melalui  aliran pembuluh darah.

Lalu, dimana letak bahayanya bila sudah terpapar?  Memang setiap jenis racun memiliki mekanisme kerja yang berbeda-beda dan itupun tergantung seberapa banyak racun yang masuk dalam tubuh.  Secara umum mekanisme racun dalam tubuh dibagi menjadi 3 yaitu racun yang hanya bekerja pada lokal tertentu saja pada tubuh manusia, bekerja secara sistemik atau bekerja secara campuran (lokal dan sistemik).

Dampak racun pada tubuh manusia dikatakan berbahaya apabila telah meracuni darah sehingga kemudian terjadi pengikatan enzim sitokrom oksidase dalam tubuh yang mengakibatkan kelumpuhan pada organ saraf pusat hingga berujung kematian pada seseorang. Sebenarnya, di era modern seperti saat ini tubuh manusia sangat rentan terkena racun terutama akibat zat kimia disekitar kita seperti  asap rokok, polusi kendaraan bermotor dan polusi industri/pabrik. Lalu apa saja jenis zat kimia yang bisa menjadi racun berbahaya bagi tubuh manusia tersebut? Berikut ulasan mengenai beberapa jenis racun zat kimia yang sangat berbahaya dan mematikan bila sampai masuk kedalam tubuh manusia.

Baca Juga :

6 Macam Vitamin Dan Fungsinya Bagi Tubuh Manusia

Manfaat, Efek Samping dan Dosis Amoxicillin 500mg

20 Gejala Penyakit Diabetes Melitus Yang Mudah Dikenali

5 Racun Zat Kimia Yang Sangat Berbahaya dan Mematikan

Zat Kimia Botulium

Zat Kimia Botulium

  1. Botulinum

Botulium adalah racun zat kimia yang sangat kuat dan berbahaya. Pada jenis racun ini, dengan dosis hanya satu sendok teh saja bisa membunuh manusia dalam jumlah yang besar. Dan celakanya lagi zat kimia ini banyak digunakan dalam produk kosmetik walaupun dalam kadar yang sangat kecil. Namun pemakaian produk yang mengandung zat botulium dalam jangka panjang bisa berefek tingkat keracunan secara perlahan pada tubuh manusia.

Gejala umum yang sering terjadi bila terkena racun zat kimia botulium biasanya ditandai dengan penglihatan menjadi ganda dan kabur, kelopak mata melemah, sulit berbicara, tidak bisa menelan, dan terjadinya pelemahan otot tubuh. 

Zat Kimia Sianida

Zat Kimia Sianida

  1. Sianida

Sianida adalah zat kimia yang mengandung atom berkarbon dan atom nitrogen. Zat sianida sangat beracun akibat adanya pelepasan ion cyanide CN yang berdampak pada  sel-sel darah merah (eritrosi) dalam tubuh tidak bisa  menyerap oksigen.

Penggunaan racun zat sianida telah digunakan sejak Perang Dunia II, yang mana setiap prajurit mata-mata pada masa itu dibekali zat sianida berbentuk  kapsul yang sewaktu-waktu bisa ditelan oleh sang mata-mata apabila mereka tertangkap musuh.

Mengapa racun zat sianida sangat berbahaya? Racun Sianida memiliki kemampuan untuk mencegah sel-sel darah merah dalam proses penyerapan oksigen dan mengakibatkan  tremor, kejang-kejang, koma, penekanan pada pusat pernafasan hingga terhentinya detak jantung yang kemudian berujung pada kematian.

  1. Arsenik

Arsenik adalah racun lain yang begitu mematikan dan kerap dijadikan sebagai media yang ampuh  dalam sebuah kasus pembunuhan.  Di bebarapa negara, zat arsenik bisa dijual bebas, hal ini disebabkan penggunaan zat arsenik lebihnya banyak dipakai untuk membunuh hewan mengerat seperti tikus atau lainnya. Saat masuk ke dalam tubuh manusia, racun zat arsenic akan menyebabkan  jaringan syaraf tubuh manusia menjadi terganggu dan tubuh menjadi terasa tidak nyaman. Pada umumnya keracunan zat arsenik akan ditandai oleh diare, muntah terjadinya pendarahan hingga berujung pada  kematian.

  1. Strychnine

Strychnine adalah jenis racun yang dapat bekerja cepat dan tak ada satu pun pengobatan efektif yang dapat dilakukan bila seseorang terkena zat kimia ini. Jenis racun ini telah sangat popular sejak abad ke-20.  Cara kerja Strychnine dalam tubuh manusia adalah dengan menyerang sistem saraf pusat yang dapat mengakibatkan reaksi reflex berlebihan hingga berdampak pada kematian dalam waktu 10-20 menit setelah racun ini terpapar dalam tubuh. Racun jenis menjadi terkenal semenjak pengarang novel terkenal Agatha Christie memasukkan racun jenis ini dalam cerita pembunuhan di novelnya yang berjudul “The Mysterious Affair at Styles”.

  1. Sarin


ladyfem

Zat Sarin adalah senyawa organofosfat yang biasa digunakan sebagai senjata kimia pemusnah massal. Kata Sarin berasal diambil dari nama Schrader, Ambros, Rudiger dan Van der Linde yaitu penemu dari zat kimia berbahaya ini. Ini adalah gas saraf mematikan. Gejala umum bila terkena zat kimi sarin adalah timbulnya sesak dada, kesulitan bernapas mual dan  kehilangan kontrol terhadap fungsi fungsi tubuh hingga mengakibatkan koma dan kematian bagi siapa saja yang terkena zat kimia pembunuh massal paling berbahaya di dunia ini.

loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to 5 Jenis Zat Kimia Yang Sangat Berbahaya Bagi Tubuh Manusia