5 Keajaiban Mata Manusia Dari Sisi Sain Dan Ilmu Kesehatan

loading...

5 Keajaiban Mata Manusia Dari Sisi Sain Dan Ilmu Kesehatan – Banyak orang yang tidak menyadari betapa organ tubuh kita ternyata memiliki keajaiban-keajaiban baik dari sisi sain maupun ilmu kesehatan atau medis. Kebanyakan kita hanya mengetahui bahwa mata hanya sebatas panca indra penglihatan bagi seseorang, namun dibalik itu semua ternyata banyak sekali terdapat keajaiban yang dimiliki mata yang tidak disadari orang kebanyakan tetapi ternyata telah terbukti secara sain maupun medis.

Banyak penelitian telah dilakukan oleh ilmuwan maupun pakar kesehatan berkenaan struktur dan fungsi mata manusia. Alhasil, kemudian mereka menemukan  hal-hal sangat menarik mengenai mata manusia baik dari sisi sain maupun secara medis. Penemuan inilah yang kemudian membuka pikiran mereka bahwa  mata adalah panca indra yang memiliki keajaiban yang sebelumnya hal tersebut jauh dari jangkauan akal dan pikiran manusia tetapi sangat mengagumkan.

Pengertian mata adalah sebuah alat panca indra penglihatan yang memiliki jutaan manfaat dalam kehidupa manusia, Selain itu, dengan organ mata seseorang dapat menyerap berbagai informasi yang ada di sekitar kita dan kemudian informasi tersebut dapat dipergunakan untuk kemaslahatan bersama. Lalu, apa saja keajaiban mata yang telah ditemukan oleh ilmuan dan pakar kesehatan selama ini? Simak penjelasan mengenai keajaiban mata manusia berikut ini!

Baca juga :

6 Penyebab Utama Sakit Pinggang Dan Cara Mengatasinya

8 Cara Ampuh Merawat Gigi Agar Putih dan Sehat

Muslim, Inilah 5 Cara Hidup Sehat Ala Rasulullah Dan Terbukti Ampuh!

Jangan Takut Memakai Hijab, Inilah Manfaat Hijab Bagi Kesehatan Wanita!

Cara Diet Mayo dan Resep Menu Makanannya Selama 13 Hari

Keajaiban Mata Manusia Dari Sisi Sain dan Ilmu Kesehatan Yang Sangat Mengagumkan

  1. Mata Adalah Alat Optik Alami Terbaik

Mata manusia memiliki lensa kristalin yang terbuat dari bahan bening, kenyal dan berserat. Lensa kristalin inilah  yang kemudian berfungsi sebagai alat pengaturan pembiasan cahaya dan juga sebagai alat yang membuat sebuah bayangan menjadi fokus saat dilihat mata.

 retina mata

retina mata

  1. Mata Merupakan Alat Pengatur Cahaya Terhebat

Dalam retina mata manusia terdapat kurang lebih 125 juta sel-sel yang mampu menerima rangsangan cahaya tidak berwarna dan berfungsi untuk melihat pada kondisi cahaya redup. Selain itu, dalam retina mata juga terdapat kurang lebih 7 juta sel kerucut (sel conus) yang berfungsi sebagai penerima sekaligus pengatur cahaya yang kuat dan berwarna yang masuk ke dalam mata.

  1. Mata Adalah Kamera Otomatis Yang Sempurna

Meskipun hanya memiliki luas 2,5 cm persegi, ternyata retina  mata memiliki 103 sel penerima cahaya sangat sensitive saat melihat sebuah objek. Selain itu, mata manusia memiliki 100 juta sel yang akan menangkap penglihatan warna hitam putih dan juga 3 juta sel yang akan menangkap objek berwarna di luar hitam putih. Tidak hanya itu, pada retina mata manusia memiliki lebih dari 1, 6 juta serabut saraf yang akan membawa informasi sebuah objek ke otak saat dilihat mata, sehingga kecepatan lensa mata dalam menangkap sebuah objek akan lebih cepat dibandingkan sebuah kamera tercanggih di dunia sekalipun.

  1. Air Mata Sebagai Pembunuh Bakteri Tercepat

 enzim lisozim air mata

enzim lisozim air mata

Dari sisi medis, ternyata air mata manusia adalah zat pelindung mata sekaligus pembunuh bakteri tercepat. Dalam air mata terdapat enzim lisozim yang akan berfungsi sebagai disinfektan, oleh karena itu dengan enzim ini maka hampir 95% bakteri yang masuk ke dalam mata akan terbunuh dengan hanya membutuhkan waktu kurang dari 5 menit saja.

  1. Kemampuan Mata Untuk Berkedip Mencapai 15 ribu kali/hari

Berkedip adalah sebuah aktivitas mata yang sangat krusial, gerakan berkedip ini dapat membantu menghilangkan kotoran yang ada dipermukaan mata. Saat berkedip air mata dapat tersebar secara sempurna dipermukaan bola mata dan selain berfungsi membersihkan kotoran yang masuk ke dalam mata juga sebagai antibakteri yang dapat melindung seluruh permukaan bola mata itu sendiri.

loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to 5 Keajaiban Mata Manusia Dari Sisi Sain Dan Ilmu Kesehatan