5 Macam Tipe Vegetarian Untuk Menjaga Kesehatan Secara Alami

loading...

5 Macam Tipe Vegetarian Untuk Menjaga Kesehatan Secara Alami – Istilah vegetarian yang selama ini banyak dikenal memiliki dua pengertian, yaitu vegetarian sebagai kata benda dan vegetarian sebagai kata  sifat. Sebagai kata benda, vegetarian memiliki arti orang yang berpantang untuk makan daging dan hanya makan sayuran serta makanan nabati lainnya.

Sebagai kata sifat, istilah vegetarian memiliki arti sebagai hal yang tidak mengandung daging atau kebiasaan berpantang daging. Dengan demikian, seseorang dikatakan sebagai vegetarian sudah barang tentu akan menjauhkan diri dari makanan yang mengandung daging, seperti dendeng sapi, pepes ikan, atau ayam panggang, gulai kambing dalam kehidupan sehari-harinya.

Karena prinsipnya berpantang makan daging, maka kaum vegetarian tetap harus mencukupi kebutuhan sehari-hari akan protein tubuh mereka yang mana hal tersebut bisa didapatkan oleh para vegetarian dari  kacang- ­kacangan, buah, sayuran yang kaya protein, kalsium, dan vitamin. Tumbuhan inilah yang kemudian mampu mengubah energi radiasi menjadi energi senyawa kimia yang sudah dapat langsung dikonsumsi oleh makhluk hidup lainnya. Meskipun pola hidup vegetarian tersebut menguntungkan bagi kesehatan, akan tetapi kenyataannya masih sedikit orang yang melakukannya khususnya di negara Indonesia.

Apa Alasan Seseorang Untuk Menjadi Vegetarian?

Selain karena alasan kesehatan fisik dan kejiwaan bagi seseorang seperti yang dijelaskan di atas, ternyata masih ada lagi alasan menjadi vegetarian bagi seseorang yaitu:

  • Faktor Agama

Di beberapa negara, seseorang menjadi vegetarian ternyata beralasan karena faktor ajaran agamanya. Dalam agama yang mereka anut setiap umatnya dilarang untuk mengkonsumsi daging dan atas alasan itulah kemudian mereka menjadi vegetarian. Siapa saja orang-orang tersebut? Mereka adalah penganut ajaran Budha, Hindu, dan Kristen serta Advent. Dalam hal ini ternyata selain mereka telah menjalankan ajaran agama, pada kenyataannya adalah ketaatan tersebut telah berbuah kesehatan pula bagi meraka sendiri.

makanan vegetarian

makanan vegetarian

  • Keinginan Untuk Awet Muda

Sebagian dari vegetarian memutuskan untuk menjadi vegetarian lebih didorong oleh untuk menjaga penampilan mereka. Dimana, mereka meyakini bahwa dengan mengkonsumsi daging tentunya akan meningkatkan hormon yang memicu untuk penuaan dini pada seseorang. Begitupula sebaliknya, dengan selalu mengkonsumsi sayuran-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan makanan nabati lainnya akan menjadikan hormon penyebab penuaan dini lebih bisa dikontrol.

Macam – Macam Tipe atau Kelompok Vegetarian

Secara umum, tipe atau kelompok dari vegetarian dibedakan menjadi 5 macam yaitu:

  1. Vegetarian Vegan

Kelompok vegan merupakan vegetarian murni karena mereka sama sekali tidak menyantap hidangan yang berasal dari hewan, seperti daging, jeroan, susu, darotelur. Karena itu, sumber makanan utama kelompok vegetarian dengan ini adalah bahan nabati, seperti sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

2. Vegetarian Lacta-ovo

Kelompok vegetarian lacto-ovo berpantang mengonsumsi produk-produk hewani, terutama  jika hewan tersebut harus disembelih terebih dahulu. Telur dan susu masih diperbolehkan untuk dikonsumsi. Hidangan utama tetap bersumber dan produk-produk nabati, seperti biji-bijian, kacang-kacangan, sayur-sayuran, dan buah-buahan.

3. Vegetarian Pesco

Kelompok vegetarian pesco selain menyantap hidangan dari sumber nabati, juga boleh menyantap hidangdn dari ikan, baik ikan laut maupun ikan air tawar.

4. Vegetariian Lacto

Kelompok vegetarian lacto selain menyantap hidangan dari sumber nabati, juga mengonsum susu dan hasii olahannya, seperti keju, rnentega, dan yoghurt.

5.Vegetarian Fluctarian

Kelompok vegetarian fluctarian termasuk yang paling longgar dibandingkan dengan kelompok – kelompok lain yang telah disebutkan. Kelompok ini pantang makan daging yang berwama merah. Jadi, mereka masih bisa makan ayam goreng, sup ayam, daging olahan dan unggas lainnya.

Demikian sedikit penjelasan mengenai vegetarian, semoga bisa menginspirasi kita semua khususnya dalam memutuskan untuk menjadi seorang vegetarian, dan yang terpenting adalah manfaat kesehatan yang didapatkan dari menjadi seorang vegetarian tersebut. Terima kasih!

loading...

You Might Also Like

Most popular articles related to 5 Macam Tipe Vegetarian Untuk Menjaga Kesehatan Secara Alami