6 Cara Melancarkan Peredaran Dan Sirkulasi Darah Yang Tersumbat

loading...

6 Cara Melancarkan Peredaran Dan Sirkulasi Darah Yang  Tersumbat – Mengapa aliran darah pada tubuh manusia harus lancar? Lalu bagaimana bila peredaran darah tersumbat? Sahabat caramedis.com, sistem peredaran darah atau sirkulasi darah dalam tubuh haruslah selalu lancar, bila tidak maka akan menyebabkan beberapa gangguan pada fungsi tubuh itu sendiri.

Selain itu sistem peredaran darah yang tersumbat pada tubuh seseorang bila terus dibiarkan akan menyebabkan sampai pada timbulnya beberapa penyakit serius dan akan mengancam jiwa orang tersebut.

Penyakit jantung dan stroke adalah penyakit berbahaya yang dapat ditimbulkan oleh sistem peredaran darah tubuh yang tersumbat. Tidak hanya itu, pada beberapa kasus seseorang yang mengalami tersumbatnya peredaran darah akan membawa dampak terjadinya kusam dan keriput yang tidak normal baik dari sisi waktu maupun usia si penderita itu sendiri.

Secara umum, penyakit yang timbul akibat tersumbatnya peredaran darah pada tubuh sangatlah bervariasi dan sesuai dengan fungsi dari jaringan tubuh yang tidak memperoleh aliran darah dan oksigen yang diakibat karena sirkulasi darah pada seseorang tersumbat.

Hasil penelitian telah menjelaskan bahwa, penyebab utama penyakit penyumbatan sirkulasi darah adalah karena hipertensi, penyakit diabetes melitus, hyperlipidemia, arterosklerosis dan juga hiperviskositas yang kemudian secara langsung atau tidak langsung memicu terjadinya penyempitan pembuluh darah dan akhirnya menjadikan terjadinya penyumbatan pembuluh darah dalam tubuh.

Lalu bagaimana mengatasinya? Bagi anda yang belum mengalami atau telah mengalami penyumbatan pembuluh darah, ada 6 cara  melancarkan peredaran darah atau sirkulasi tubuh yang tersumbat yang dapat dilakukan.

Namun, untuk Anda yang telah mengalaminya selain melaksanakan 6 cara ini, meminta bantuan medis atau dokter adalah hal yang sangat mendukung untuk mempercepat penyembuhannya. Berikut adalah cara melancarkan darah yang bisa anda lakukan!

Baca Juga : 

6 Cara Melancarkan Peredaran Dan Sirkulasi Darah Yang  Tersumbat

1. Melakukan Pola Makan Yang Sehat

Pola makan sehat seseorang dapat menyebabkan sistem peredaran darah menjadi terjaga. Menghindari makanan yang mengandung kolestrol tinggi serta banyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayur mayur akan mengurangi kolestrol jahat yang mengendap dan dapat menyebabkan penyumbatan sirkulasi darah dalam tubuh.

2. Berolahraga Secara Teratur

Untuk hal yang satu ini, mungkin di zaman sekarang orang-orang telah menyadari betapa pentingnya berolahraga terutama bagi kesehatan. Rajin berolahraga memang terbukti dapat melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

Selain itu karena peredaran darah lancer, umumnya orang yang rajin berolahraga akan terlihat memiiki kulit yang kencang dan bercahaya, hal ini disebabkan sel-sel kulit tercukupi akan pasokan oksigen dan makanannya karena peredaran dan sirkulasi lancar.

3. Melakukan Terapi Tertawa

Banyak penelitian membuktikan bahwa aktivitas tertawa dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh termasuk melancarkan peredaran darah. Saat seseorang tertawa, otak akan menekan kita untuk melakukan 2 hal secara bersama yaitu gerakan secara visual dan juga phonic.  2 gerakan inilah yang kemudian merangsang gerakan otot dalam neningkatkan peredaran darah dan oksigen ke seluruh tubuh.

4. Berhenti Merokok

  1. Mencegah tersumbatnya saluran darah

    Mencegah tersumbatnya saluran darah

Gas CO2 yang terkandung dalam rokok akan mengikat butiran darah merah  lebih kuat, sehingganya peredaran darah dan pasokan oksigen dalam tubuh menjadi berkurang atau bahkan tersumbat.

Akibatnya proses oksigenisasi pada jantung menjadi relative lebih rendah dan berkurang yang dapat menyebabkan jantung tidak bisa bekerja secara normal.

5. Terapi Totok Darah

Terapi yang berasal dari Negara China ini ternyata juga dapat dijadikan sebagai cara untuk melancarkan sistem peradaran darah dalam tubuh.  Dengan mengandalkan penekanan pada titik-titik pusat peredaran tubuh dan dapat bermanfaat merangsang agar aliran darah menjadi lancar dan tidak tersumbat.

cara melancarkan sirkulasi darah

cara melancarkan sirkulasi darah

6. Lebih Memilih Obat Herbal

Obat herbal relatif lebih aman dikonsumsi dibandingkan obat yang mengandung bahan kimia. Zat kimia yang terlalu banyak dan sering dikonsumsi dapat menyebabkan toksisitas pada darah itu sendiri.

Namun, untuk obat berbahan herbal darah tetap aman ketika obat tersebut dikonsumsi. Adapun bahan herbal yang dapat dikonsumsi untuk melancarkan peredaran darah diantaranya adalah bawang putih dan gingko biloba.

loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to 6 Cara Melancarkan Peredaran Dan Sirkulasi Darah Yang Tersumbat