loading...

6 Faktor Yang Mempengaruhi Daya Kerja Obat Dalam Tubuh

loading...

6 Faktor Yang Mempengaruhi Daya Kerja Obat Dalam Tubuh Bentuk Keracunan tidak saja terjadi karena sebuah racun atau zat kimia, tetapi juga bisa terjadi karena pemakaian obat. Keracunan obat baik yang tidak sengaja maupun yang memang disengaja biasanya terjadi akibat pemakaiannya yang berlebihan atau melebihi takaran dosis obat yang telah ditentukan (overdosis).

 

Secara definisi, pengertian obat adalah bahan atau zat yang yang dapat mempengaruhi proses kehidupan atau kesehatan manusia. Bahan dasar obat bisa saja terbuat dari tumbuh-tumbuhan, sayur-sayuran, mineral, hewan termasuk bahan yang dibuat secara sintetik ataupun semi-sintetik (zat kimia tertentu).

 

Namun, tahukah Anda bahwa obat yang masuk kedalam tubuh secara kinerja ternyata sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor terkait dengan orang yang meminumnya atau memakainya. Lalu apa saja faktor yang mempengaruhi daya kerja obat itu sendiri? Berikut penjelasannya!

 

6 Faktor Yang Mempengaruhi Daya Kerja Obat Dalam Tubuh Manusia

 faktor yang mempengaruhi daya kerja obat

faktor yang mempengaruhi daya kerja obat

  1. Jenis Kelamin

Ternyata jenis kelamin orang meminum sebuah obat dapat mempengaruhi daya kerja obat itu sendiri dalam tubuh. Terhdapa beberapa macam obat, wanita dapat bersifat hiper reaktif dalam memicu daya kerja sebuah obat. Mengapa demikian? Hal itu disebabkan berat badan seorang wanita umunya lebih ringan dibandingkan berat badan laki-laki. Selain itu, intensitas efek obat dapat berbeda yang disebabkan oleh perbedaan hormonal, oleh karena itu daya kerja obat wanita dan laki-laki harus disesuaikan dosisnya agar daya kerja obat itu sendiri bisa maksimal.

  1. Usia Pengguna Obat

Bayi yang lahir prematur akan hiper aktif terhadap sebuah obat, karena sistem enzim yang diperlukan untuk proses biotransformasi dan fungsi ginjal belum sempurna seperti anak-anak ataupun orang dewasa.

  1. Variasi Biologi

Setiap individu memiliki sifat khas tertentu yang dapat menimbulkan perbedaan reaksi terhadap obat. Dengan demikian, dosis yang diperlukan untuk setiap individu tidak sama antara satu sama lain dalam rangka memicu daya kerja obat itu sendiri.

  1. Berat Badan

Makin berat badan seseorang, maka akan semakin besar pula dosis obat yang diperlukan dalam rangka mendapatkan daya kerja obat yang maksimal atau sesuai dengan apa yang diharapkan.

Berat Badan

Berat Badan

  1. Cara Penggunaan

Oleh karena setiap orang ada perbedaan absorpsi (penyerapan obat dalam tubuh), maka penggunaan obat secara IV dosisnya akan lebih kecil dibandingkan bila penggunaan obat dilakukan secara IM atau melalui mulut.

  1. Biotranformasi dan Ekskresi


ladyfem

Pada seseorang yang memiliki gangguan ginjal dan fungsi hati, akan sangat mempengaruhi daya kerja obat yang masuk dalam tubuh. Gangguan 2 organ tubuh ini akan memperlambat eliminasi obat tertentu, sehingganya kemudian anjuran dosisnya harus dikurangi untuk merangsang daya kerja obat dalam tubuh dan secara langsung juga diperlukan untuk menghindarkan pemakainya menderita keracunan obat itu sendiri.

loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to 6 Faktor Yang Mempengaruhi Daya Kerja Obat Dalam Tubuh