6 Macam Efek dan Gejala Keracunan Yang Mudah Diketahui

loading...

6 Macam Efek dan Gejala Keracunan Yang Mudah KetahuiTindakan mengidentifikasi keracunan adalah suatu usaha dalam mengetahui identitas bahan, obat atau zat yang diindikasi sebagai penyebab keracunan. Identifikasi ini dimaksudkan dalam rangka  memberikan penanggulangan yang cepat dan tepat kepada sang korban keracunan itu sendiri.

Tindakan identifikasi ini dapat dilakukan dengan macam-macam cara, tetapi untuk kasus keracunan dalam sifat darurat, maka tentu saja diperlukan tindakan cepat walaupun dengan alat sesederhana mungkin atau bahkan tanpa alat apapun. Sebenarnya mengidentifikasi keracunan dapat dilakukan dengan tindakkan sederhana yaitu dengan mengamati efek dan gejala keracunan yang sedang dihadapi oleh pasien.

Beberapa efek dan gejala keracunan yang dihadapi oleh seseorang pada umumnya dapat kita jadikan sarana apakah sang pasien benar-benar keracunan atau karena penyakit lain. Berikut beberapa efek dan gejala keracunan yang bisa kita amati bila terjadi pada seseorang!

Baca Juga : 

Muslim, Inilah 5 Cara Hidup Sehat Ala Rasulullah Dan Terbukti Ampuh!

7 Faktor Yang Mempengaruhi Efek Dan Gejala Keracunan Dalam Tubuh Manusia

5 Bahaya Produk Kosmetik Berbahan Kimia Bagi Wanita Modern

Manfaat, Efek Samping dan Dosis Amoxicillin 500mg

Macam-Macam Efek dan Gejala Keracunan Yang Dapat Terjadi Pada Korban

  1. Mual dan Muntah

Pada seorang yang menderita keracunan logam atau makanan, akan menyebabkan iritasi pada lambung sehingganya kemudian memicu timbulnya gejala mual bahkan sampai dengan muntah berlebihan.

  1. Kematian Mendadak

 Kematian Mendadak

Kematian Mendadak

Kematian mendadak pada korban yang menderita keracunan secara umum disebbabkan karena sifat racun yang masuk dalam tubuh begitu keras dan dalam jumlah besar. Untuk memastikan apakah orang tersebut benar-benar telah mati atau belum, coba ikat ujung jari korban bila ternyata ujung jari berwarna biru itu artinya sang korban masih hidup.

  1. Pingsan

Untuk kasus efek dan gejala keracunan yang menyebabkan pingsan, bisanya disebabkan oleh keracunan obat khususnya  jenis opioid atau alkohol. Untuk itu, mengetahui riwayat sebelumnya pada pasien sangatlah penting dalam rangka menentukan tindakan apa yang harus dilakukan khususnya pada korban keracunan yang memilik gejala pingsan.

  1. Efek Keracunan Pada Kulit

Akibat racun yang masuk dalam tubuh bisa menyebabkan kulit menjadi kering, rash dan biru lebam. Efek ini disebabkan sang korban mengalami keracunan senyawa zat kimia yang bersifat korosif seperti, timbal bahkan pada senyawa asam alkali dapat menyebabkan kerusakan kulit itu sendiri.

Zat Kimia

Zat Kimia

  1. Efek dan Gejala Pada Mata

Efek dan gejala keracunan pada seseorang dapat terjadi pula pada organ mata, selain dapat menyebabkan gangguan pada penglihatan efek keracunan juga dapat menyebabkan pupil mata menjadi besar atau bahkan menjadi kecil.

  1. Efek pada Mulut

Keracunan pada seseorang dapat diiidentifikasi melalui mulut. Pada kasus keracunan yang menyebabkan mulut menjadi basah, hal ini disebabkan karena efek racun telah memaksa air liur untuk keluar melalui mulut, namun diluar itu efek keracunan dapat juga mengakibatkan mulut menjadi kering dan berwarna putih pucat.

loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to 6 Macam Efek dan Gejala Keracunan Yang Mudah Diketahui