loading...

7 Cara Efektif Mencegah Bayi dan Anak Tidak Terserang Penyakit Influenza (Flu)

loading...

7 Cara Efektif Mencegah Bayi dan Anak Tidak Terserang Penyakit Influenza (Flu) – Bagi para orang tua, mengetahui bahwa bayi atau anaknya sagat rentan terserang penyakit adalah suatu kewajiban yang tidak bisa ditinggalkan. Hal ini dimaksudkan agar antipasti orang tua itu sendiri terhadap kesehatan bayi dan anak bisa terus dilakukan setiap saatnya. Pada umumnya bayi dan anak masih memiliki daya tahan tubuh yang belum maksimal layaknya orang dewasa. Sehingganya wajar jika bayi dan anak mudah terserang penyakit terutama serangan flu atau influenza.

Bagi sebagian orang tua, terkadang penyakit influenza pada bayi dan anak sering dianggap penyakit biasa dan sering pula hanya dibiarkan saja tanpa adanya penangan khusus terutama dari medis. Tetapi, perlu diketahui bahwa bila penyakit ini dibiarkan terus menerus bagi bayi dan anak yang memang kondisi daya tahan tubuhnya saat itu sangat lemah maka penyakit ini bisa menyebabkan komplikasi dan infeksi saluran pernapasan lainnya. Berikut merupakan ulasan mengenai penyakit influenza (flu) yang sering menyerang pada bayi atau anak.

Apa Itu Penyakit Influenza (Flu) ?

Penyakit Influenza atau flu adalah penyakit menular yang disebabkan oleh RNA viru s dari familia Orthomyxoviridae (virus influenza). Influenza merupakan penyakit yang mirip dengan penyakit common cold namun lebih berat dibandingkan dengan common cold itu sendiri. Influenza dapat menimbulkan mual, dan muntah, terutama pada bayi dan anak. Influenza yang disebabkan oleh virus influenza A dan B dapat menyebabkan flu musiman setiap tahunnya.

Gejala Penyakit Influenza (Flu) Pada Bayi dan Anak

Untuk bayi dan anak yang menderita influenza, pada umumnya mengalami keluhan demam, nyeri sendi, nyeri otot, dan batuk kering lebih sering terjadi dan lebih berat dibanding penderita common cold. Gejala tersebut biasanya timbul dalam 1 sampai 4 hari setelah terinfeksi. Bila penyakit common cold diidentifikasi sebagai penyakit ringan yang ditandai dengan batuk pilek biasa yang sering kali terjadi pada anak dan jarang menimbulkan komplikasi/masalah kesehatan yang serius. Lain halnya dengan influenza, penyakit ini dapat menimbulkan komplikasi pada pula bagi bayi dan anak bila terkena influenza yang terus menerus, hingga kondisi tersebut menyebabkan bayi dan anak tentunya harus dirawat inap dirumah sakit.

Flu Pada Anak

Flu Pada Anak

Cara Penularan Penyakit Influenza Pada Bayi dan Anak

Penularan influenza pada bayi dan anak sama halnya dengan penyakit common cold yakni melalui udara dari manusia ke manusia. Perbedaannya, penularan influenza bisa juga dari hewan ke manusia misalnya yang terjadi pada penyakit flu burung, virus avian influenza A (H5N1) ditularkan dari burung kemanusia. Virus influenza A sendiri dapat ditemukan pada ayam, bebek, babi, dan kuda. Beberapa orang yang sudah terinfeksi bila memiliki kekebalan dan daya tahan tubuh yang prima tidak selalu jatuh sakit, namun ia tetap dapat menularkan virus influenza tersebut ke orang disekitarnya, pun begitu pula halnya dengan bayi atau anak.

Cara Mencegah Penyakit Influenza (Flu) Pada Bayi dan Anak

  1. Memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan dan melanjutkannya hingga 2 tahun. ASI sendiri diyakini mampu mencegah infeksi pernafasan pada anak.
  2. Menjaga daya tahan tubuh bayi dan anak, dengan istirahat cukup dan makan teratur serta bergizi.
  3. Vaksin influenza diberikan pada kelompok penderita yang memiliki risiko tinggi menderita komplikasi akibat influenza, yaitu:
  • Bayi/anak yang memiliki kelainan darah.
  • Bayi/Anak yang menderita asma
  • Penderita kelainan jantung, misalnya kelainan jantung bawah.
  • Bayi/Anak yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah, seperti menderita penyakit HIV atau AIDS.
  • Penderita gangguan ginjal dan hati.
  • Pemberian pada bayi minimal berusia 6 bulan.

Baca Juga : Penyakit HIV AIDS : Cara Penularan, Tanda dan Gejala Yang Mudah Dikenali

  1. Menjaga kebersihan bayi dan anak, misalnya dengan membiasakan cuci tangan dengan sabun sebelum makan dan setelah bermain.
  2. Hindari bayi atau anak untuk menggunakan alat makan bersama dengan orang yang sedang menderita penyakit
  3. Menghindari kontak langsung dengan penderita influenza
  4. Menggunakan masker jika terjadi wabah influenza.

ladyfem

Demikian artikel kesehatan seputar penyakit influenza pada bayi dan anak, semoga bisa menambah pengetahuan khususnya bagi para orang tua sehingga bisa selalu menjaga kondisi kesehatan bayi dan anak terutama terhadap serangan penyakit influenza (flu). Salam sehat selalu dari caramedis.com !

Loading...
loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to 7 Cara Efektif Mencegah Bayi dan Anak Tidak Terserang Penyakit Influenza (Flu)