loading...

7 Faktor Yang Mempengaruhi Efek Dan Gejala Keracunan Dalam Tubuh Manusia

loading...

7 Faktor Yang Mempengaruhi Efek Dan Gejala Keracunan Dalam Tubuh ManusiaEfek keracunan dalam tubuh manusia bisa saja terjadi hanya bersifat lokal (hanya daerah tertentu) atau seluruh tubuh (sistemik) setelah racun tersebut terserap tubuh dan masuk dalam sistem peredaran darah.

Pada tingkat efek keracunan dalam tubuh yang bersifat lokal, racun yang bersifat korosif akan merusak dan mengakibatkan luka pada jaringan tubuh yang terkena racun. Sedangkan pada tingkat keracunan yang bersifat sistemik (menyeluruh)  terjadi saat racun telah terserap dalam sistem peredaran darah dan kemudian menyerang dan mempengaruhi sistem kerja organ tubuh seperti ; jantung, hati, ginjal, paru-paru yang mana karena sifat korosif dalam racun kemudian organ-organ tubuh tersebut menjadi lemah atau tidak bekerja sama-sekali.

Pada dasarnya, racun akan mempengaruhi seluruh organ yang ada dalam tubuh manusia, namun tingkat pengaruh tersebut sifatnya berbeda-beda tergantung beberapa faktor yang dapat memepengaruhi efek dan gejala keracunan itu sendiri. Lalu, apa saja faktor tersebut? Berikut uraiannya!

Baca Juga :

5 Bahaya Produk Kosmetik Berbahan Kimia Bagi Wanita Modern

5 Jenis Zat Kimia Yang Sangat Berbahaya Bagi Tubuh Manusia

6 Macam Tes Pemeriksaan Alergi Pada Anak

6 Faktor Penyebab Gangguan Gizi Buruk Pada Bayi Dan Anak

 

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Efek dan Gejala Keracunan Dalam Tubuh Manusia

 faktor yang mempengaruhi efek dan gejala keracunan


faktor yang mempengaruhi efek dan gejala keracunan

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi efek keracunan pada seseorang, yang mana untuk kesempatan ini akan dijelaskan 7 faktor yang mempengaruhi efek keracunan dalam tubuh manusia, antara lain:

  1. Jumlah Racun Yang Masuk

Jumlah racun yang masuk dalam tubuh akan sangat mempengaruhi efek  yang akan ditimbulkannya. Pada tingkat racun yang masuk dalam jumlah besar,  biasanya akan menyebabkan terjadinya muntah sehingga jumlah racun yang sebelumnya banyak akan berkurang begitu pula pada efek yang ditimbulkan.

 gejala keracunan dalam tubuh manusia


gejala keracunan dalam tubuh manusia

  1. Kondisi Kesehatan Seseorang

Saat kondisi kesehatan seseorang sedang lemah, maka efek racun dalam tubuh akan semakin kuat. Namun, jika saat keracunan seseorang memiliki kesehatan dan daya tahan tubuh yang prima maka efek dan gejala keracunan yang ditimbulkan akan menajdi tidak begitu kuat lagi.

  1. Bentuk dan Cara Masuknya Racun dalam Tubuh

Racun yang berbentuk larutan akan bekerja lebih cepat dalam tubuh dibandingkan racun yang berbentuk padat dan sebagainya. Selain itu, racun yang masuk kedalam tubuh secara IV dan IM akan memberikan efek lebih kuat dibandingkan jika racun tersebut masuk melalui mulut.

  1. Usia Orang Yang Keracunan

Pada umumnya, bayi dan anak-anak akan lebih mudah terpengaruh terhadap efek sebuah racun dibandingkan dengan orang dewasa.

  1. Perut Yang Kosong

Pada perut yang kosong, efek racun akan bekerja lebih cepat dibandingkan bila   saat racun masuk ke dalam tubuh perut telah berisi makanan.

  1. Indosinkrasi

Indosinkrasi adalah reaksi seseorang terhadap racun tertentu yang sifatnya tidak biasa atau bahkan berlawanan. Misalnya, efek keracunan morfin pada orang-orang tertentu akan menyebabkan kantuk dan tertidur pulas, namun, untuk sebagian orang lainnya akan memberikan efek tidak bisa tidur atau terjaga secara terus menerus.

  1. Tingkat Toleransi Tubuh


ladyfem

Apabila seseorang terbiasa terkontak dengan racun yang berjumlah kecil mungkin saja dapat menyebabkan adanya toleransi  terhadap racun yang sama dalam jumlah besar. Namun, toleransi terhadap racun tidak selalu terjadi pada seseorang.

loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to 7 Faktor Yang Mempengaruhi Efek Dan Gejala Keracunan Dalam Tubuh Manusia