7 Keajaiban Fungsi Tulang Belakang Manusia

loading...

7 Keajaiban Fungsi Tulang Belakang ManusiaPada tubuh manusia terdiri dari berbagai macam organ tubuh yang mana salah satunya adalah tulang belakang. Secara ilmu anatomi dan ilmu kesehatan setiap organ tubuh memiliki tugas dan fungsinya masing-masing begitu pula halnya dengan tulang belakang manusia.

 tulang belakang manusia

tulang belakang manusia

Apa Itu Tulang Belakang?

Tulang belakang adalah susunan tulang yang sejajar dan saling bersambungan antara satu sama lain dengan bentuk dan struktur memanjang dari mulai tulang panggul sampai dengan di bawah tengkorak kepala manusia (leher).

Secara definisi, pengertian tulang belakang adalah suatu struktur tulang dalam tubuh manusia yang terdiri dari 33 (tiga puluh tiga) ruas tulang. Secara susunan tulang belakang manusia tersusun dari tulang pinggang (lumbal), tulang punggung (dorsalis) dan juga tulang sacrum (sakral).

baca juga :

6 Penyebab Utama Sakit Pinggang Dan Cara Mengatasinya

Pengertian Dan 6 Fungsi Lambung Manusia

5 Keajaiban Mata Manusia Dari Sisi Sain Dan Ilmu Kesehatan

Jangan Takut Memakai Hijab, Inilah Manfaat Hijab Bagi Kesehatan Wanita!

Lalu apa sebenarnya fungsi tulang belakang manusia? Hasil penelitian medis telah banyak menerangkan bahwa tulang belakang manusia sangatlah penting dalam menunjang organ tubuh lainnya. Dan tahukah Anda, bahwa fungsi yang dimiliki oleh tulang belakang manusia juga ternyata merupakan keajaiban dari tulang belakang itu sendiri. Mengapa demikian? Orang awam terkadang tidak berfikir akan fungsi tulang belakang yang begitu ajaib tersebut, namun sebagai manusia yang memiliki akal dan fikiran tentu saja terutama kalangan medis terus mencari apa saja fungsi dan keajaiban tulang belakang manusia. Nah, berikut adalah keajaiban tulang belakang manusia yang telah dirangkum caramedis.com kali ini!

 struktur tulang belakang

struktur tulang belakang

7 Kejaiban Yang Dimiliki Oleh Tulang Belakang Manusia

  1. Struktur tulang belakang manusia keras dan kuat, tetapi ternyata rangkaian tulang belakang itu sendiri sangat lentur. Hal ini terbukti saat manusia beraktivitas (berjalan, tegak, duduk atau jongkok) anggota tubuh manusia tetap dapat bergerak dengan bebas. Berbeda halnya bila tulang belakang tidak lentur otomatis manusia tidak bisa bergerak dengan bebas.
  2. Tulang belakang manusia berfungsi sebagai peredam getaran-getaran saat tubuh manusia bergerak (berjalan, tegak, berlari dan duduk atau jongkok). Bila tulang belakang tidak meredam getaran tersebut, maka niscaya getaran-getaran saat tubuh bergerak tersebut pastinya akan mengganggu sistem kerja otak dan sistem kerja organ tubuh
Fungsi tulang Belakang

Fungsi tulang Belakang

  1. Fungsi tulang belakang manusia juga adalah sebagai penopang kurang lebih hampir 2/3 dari berat badan. Seandainya hal tersebut tidak dilakukan oleh tulang belakang, niscaya aktivitas tubuh tidak akan menjadi seimbang.
  2. Tulang belakang juga berfungsi sebagai pelindung dari syaraf-syaraf yang ada di tulang belakang itu sendiri. Seperti kita ketahui bahwa syaraf tulang belakang ibarat kabel yang dapat menghidupkan mesin (otak) oleh karena bila tidak terlindungi tentunya akan membahayakan syaraf-syaraf yang ada di tulang belakang itu sendiri.
  3. Keajaiban lainya akan tulang belakang adalah sebagai penegak struktur tubuh (structural support), terutama anggota tubuh sebelah atas seperti bahu, dada dan juga kepala dan juga sekaligus sebagai penghubung organ tubuh bagian atas dengan organ tubuh bagian bawah.
  4. Tulang belakang manusia juga ternyata berfungsi sebagai penyetabil dari letak dan posisi setiap persendian. Oleh karena itu ketika seseorang mengalami gangguan pada tulang belakang otomatis orang tersebut cendrung pula mengalami gangguan pada pesendiannya (cidera, keseleo dan lainnya).
  5. Tulang belakang merupakan struktur tubuh yang terbentuk dari serangkaian segmen (vertebrae)dan menjadikannya sebagai salah satu organ tubuh yang memiliki system syaraf paling banyak.
loading...

You Might Also Like

Most popular articles related to 7 Keajaiban Fungsi Tulang Belakang Manusia