9 Faktor Penyebab Terjadinya Serangan Penyakit Jantung Koroner

loading...

9 Faktor Penyebab Terjadinya Serangan Penyakit Jantung Koroner – Penyakit jantung koroner adalah penyakit jantung yang disebabkan oleh penyempitan  atau penyumbatan pembuluh arteri koroner akibat adanya penumpukan zat lemak atau kolestrol pada lapisan terdalam bawah (endotolium) pembuluh nadi manusia.

Tersumbatnya arteri koroner pada tubuh seseorang akan mengurangi volume atau bahkan menghentikan aliran darah yang mensuplai oksigen ke otot jantung yang kemudian akan mengakibatkan kerja jantung dalam memompa darah menjadi terganggu.

Akibat otot jantung kekurangan suplai oksigen, maka kerja jantung sendiri akan menjadi lemah dan tidak dapat menyediakan suplai darah ke seluruh tubuh manusia.

Lalu apa sebenarnya faktor pemicu terjadinya penyempitan pembuluh arteri kororoner yang mengakibatkan terjadinya serangan penyakit jantung koroner? Banyak faktor sebagai penyebab terjadinya penyakit  jantung koroner pada seseorang. Untuk kesempatan ini caramedis.com akan menjelaskan 9 faktor penyebab serangan jantung koroner yang umumnya terjadi pada seseorang, berikut ulasannya!

9 Faktor Penyebab Serangan Penyakit Jantung Koroner Yang Umum Terjadi

1. Faktor Kolestrol Tinggi

Resiko penyakit jantung koroner pada seseorang terjadi akibat kolestrol dalam darah seseorang sangat tinggi. Oleh karena itu, upaya membatasi kadar kolestrol dalam darah adalah adalah sangat penting agar terhindar dari penyakit jantung koroner.

Sedangkan untuk sebagian orang yang memiliki kolestrol tinggi bisa jadi memerlukan obat-obatan medis tertentu sehingganya menghubungi dokter untuk mengurangi kadar kolestrol tinggi adalah menjadi cara yang penting pula.

Baca Juga Tips Lainnya : 

2. Faktor Keturunan Yang Menderita Jantung Koroner Sebelumnya

Penyakit jantung koroner dapat terjadi karena faktor keturunan, oleh karena itu faktor keturunan ini patut untuk anda khawatirkan. Telusuri riwayat penyakit yang pernah diderita oleh keluarga sebelumnya sangatlah penting dalam rangka diceritakan kedokter.

Sehingga kemudian dokter dapat memutuskan untuk melakukan tes pemeriksaan kepada anda dalam meastikan terserang penyakit jantung kororner atau tidak.

3. Faktor Usia Seseorang

Resiko paling besar untuk terserang penyakit jantung koroner adalah faktor usia seseorang. Usia 45 tahun pada seseorang laki-laki dan usia 55 tahun pada seorang perempuan adalah rentang masa waktu rawan terkena serangan jantung koroner.

Untuk itu pada saat usia tersebut sebaiknya seseorang selalu menjaga dan memperhatikan pola makan, gaya hidup dan rutin memeriksakan kesehatan adalah cara terbaik untuk menghindari serangan penyakit jantung koroner.

 penyakit jantung koroner

penyakit jantung koroner

4. Faktor Tekanan Darah Tinggi

Jika tekanan darah seseorang tinggi akan dapat menjadi pemicu terjanya serangan jantung koroner. Untuk itu, mengurangi dan mengontrol tekanan darah agar menjadi normal dapat dilakukan dengan berbagai cara mulai dari berolahrga teratur, mengurangi berat badan, mengkonsumsi obat tertentu untuk menormalkan tekanan darah hingga melakukan diet mayo (mengurangi konsumsi garam).

5. Faktor Merokok

Seseorang yang memiliki kebiasaan merokok dapat beresiko terkena serangan jantung koroner. Hal ini disebabkan asap rokok yang dihisap dapat mengurangi asupan oksigen yang masuk ke otak dan pembuluh darah.

6. Faktor Berat Badan (Obesitas)

Berat badan yang berlebihan pada seseorang akan memberikan tegangan atau beban yang ekstra pada pembuluh darah dan jantung. Lama kelamaan kerja kedua organ tersebut akan semakin lemah sehingga kemudian dapat memicu terjadinya serangan penyakit jantung Koroner.

Baca : Penyebab Utama Obesitas Pada Anak Dan Cara Mencegahnya

 Mengurangi Berat Badan

Mengurangi Berat Badan

 

7. Faktor Diet Yang Tidak Sehat

Diet yang tidak sehat ternyata dapat memicu terjadinya serangan jantung koroner. Alih-alih mengurangi kolestrol tetapi karena caranya tidak sehat justru dapat memicu melemahnya kinerja jantung. Untuk itu diet sehat untuk mencegah terjadinya serangan jantung koroner adalah diet dengan tinggi serat dan rendah lemak.

Baca : Minuman Sehat Untuk Diet Sehat dan Alami

8. Faktor Jarang Berolahraga

Orang yang rutin berolahraga akan memiliki peluang besar terhindar dari serangan jantung koroner dibandingkan dengan orang yang jarang berolahraga. Lakukan olahraga secara rutin kurang lebih 30 menit  sampai dengan 1 jam sebanyak 4-6 kali dalam seminggu adalah upaya efektif dalam mencegah penyakit serangan jantung koroner.

Baca : Pola Hidup Sehat Ala Rasulullah SAW

9. Faktor Masalah Kesehatan Lain

Seseorang yang memiliki masalah kesehatan seperti penyakit diabetes mellitus  ternyata dapat menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya penyakit serangan jantung koroner. Oleh karena itu, segera konsultasikan ke dokter Anda saat memiliki masalah kesehatan selain jantung koroner itu sendiri.

loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to 9 Faktor Penyebab Terjadinya Serangan Penyakit Jantung Koroner