9 Fungsi dan Akibat Kekurangan Vitamin A, B1,B2,B3, B6, B12 C, D, E, K

loading...

9 Fungsi dan Akibat Kekurangan Vitamin A, B1,B2,B3, B6, B12 C, D, E, KApa saja vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh? Lalu apa fungsinya dan bagaimana dampak dan akibat kekurangan vitamin esensial bagi tubuh? Kali ini caramedis.com akan memberikan sedikit informasi mengenai macam-macam fungsi esensial vitamin bagi tubuh.

Selain itu, karena sifatnya begitu penting kekurangan vitamin tentunya juga akan membawa dampak tersendiri bagi kesehatan, pertumbuhan dan perkembangan tubuh manusia, baik itu itu sel-sel, organ tubuh ataupun kesehatan lainnya. Berikut penjelasan mengenai macam-macam fungsi vitamin dan bagaimana akibat kekurangan vitamin tersebut bila tubuh mengalaminya!

 

Macam-Macam Fungsi Vitamin dan Akibat Kekurangannya Bagi Tubuh Manusia

 

Fungsi Vitamin

Fungsi Vitamin

  1. Fungsi Vitamin A

Fungsi vitamin A bagi tubuh adalah untuk kesehatan penglihatan (mata), memperkuat daya tahan tubuh, meningkatkan pertumbuhan tulang dan gigi, untuk kesehatan kulit dan kesehatan rambut dan juga untuk kesehatan membrane mucous pada tubuh.

Dampak dan akibat kekurangan vitamin A :

Akibat kekurangan vitamin A, seseorang akan mengalami gejala kulit menjadi kering, mata rabun malam, kulit menjadi bersisik, pertumbuhan tulang dan gigi menjadi terhambat dan abnormal, mata kering dan juga kekuatan gigi menjadi lemah dan rentan berlubang.

Baca Juga :

10 Obat Herbal Dan Cara Aman Untuk Mengatasi Batuk Berdahak Dan Kering

6 Faktor Penyebab Gangguan Gizi Buruk Pada Bayi Dan Anak

6 Faktor Yang Mempengaruhi Daya Kerja Obat Dalam Tubuh

5 Jenis Zat Kimia Yang Sangat Berbahaya Bagi Tubuh Manusia

Muslim, Inilah 5 Cara Hidup Sehat Ala Rasulullah Dan Terbukti Ampuh!

Menilik Permasalahan Kesehatan Ibu dan Anak di Indonesia Saat Ini

  1. Fungsi Vitamin B1

Fungsi vitamin B1 adalah sebagai zat untuk perbaikan fungsi hati dan system syaraf tubuh, membantu dalam proses pelepasan energi dari karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh, pertumbuhan dan menjaga kesehatan otot tubuh serta berfungsi sebagai pengaturan nafsu makan seseorang.

Dampak dan Akibat Kekurangan Vitamin B1 :

Bagi seseorang, akibat kekurangan vitamin B1 akan menyebabkan terganggunya psikologis seperti ; murung, mudah marah mudah lupa dan juga mudah bingung. Sedangkan untuk kesehatan tubuh akan mengakibatkan nafsu makan berkurang, mudah lelah, sering mengalami kram kaki dan melemahnya otot tubuh.

 

  1. Fungsi Vitamin B2

Bagi tubuh manusia, fungsi vitamin B2 adalah sebagai zat yang membantu proses metabolism tubuh ketika mencerna lemak dan juga karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh. Tidak hanya itu, vitamin B2 juga berfungsi sebagai zat pelindung kesehatan terutama bagi dinding saluran pencernaan, mulut dan kulit serta membran mucous.

Dampak dan Akibat Kekurangan Vitamin B2 :

Kekurangan Vitamin B2 akan mengakibatkan gangguan pada kulit seperti pecah-pecah. Kulit menjadi sensitive terhadap cahaya, kornea mata memerah dan juga gangguan kesehatan pada saluran pencernaan.

 

  1. Fungsi Vitamin B3

Banyak orang yang belum mengetahui fungsi vitamin B3 bagi kesehatan tubuh, terutama untuk proses metabolism tubuh dalam mencerna protein, karbohidrat dan juga lemak dalam tubuh. Selain itu, fungsi vitamin B3 juga berdampak pada menjaga kesehatan kulit, syaraf dan saluran pencernaan tubuh.

Dampak dan Akibat Kekurangan Vitamin B3 :

Akibat kekurangan Vitamin B3 tubuh akan mengalami lidah memerah dan licin serta mudah bengkak, mudah terkena diare, mudah mengalami depresi dan gangguan mental lainnya.

 

  1. Fungsi Vitamin B12

Tubuh membutuhkan asupan vitamin B12 dalam rangka pembentukan sel darah merah, menjaga kesehatan syaraf dan juga kesehatan sistem pencernaan tubuh. Tidak hanya itu, fungsi vitamin B12 juga sebagai penjaga kesehatan saat metabolisme tubuh berlangsung dan juga saat proses perkembangan dan pertumbuhan struktur tubuh.

Dampak dan Akibat Kekurangan Vitamin B12 :

Menyebabkan sering mengalami terjadi mati rasa, gatal-gatal pada jari, mudah lelah, gangguan pertumbuhan tubuh dan terhambatnya regenerasi sel peripheral pada otak dan urat syaraf tulang belakang.

 

  1. Fungsi Vitamin C

Fungsi vitamin c bagi tubuh adalah sebagai zat dalam pembentukan kolagen dalam penyatuan sel-sel tubuh, memperkuat struktur tulang dan gigi, membantu memperkuat dinding kapiler dan pembuluh darah, memperkuat daya tahan tubuh serta mempercepat penyembuhan luka pada tubuh.

Fungsi Vitamin C

Fungsi Vitamin C

Dampak dan Akibat Kekurangan Vitamin C :

Saat tubuh kekurangan vitamin c maka akan mengakibatkan beberapa gangguan seperti; mengalami mudah kelelahan, hilangnya nafsu makan, secara psikologis menjadi sangat emosional (mudah marah), penurunan berat badan, tubuh mudah terkena infeksi, gusi bengkak dan berdarah, mudah memar dan hidung sering berdarah dan yang lebih ekstrim lagi adalah luka menjadi sulit mengering dan sembuh.

 

  1. Fungsi Vitamin D

Fungsi utama vitamin D bagi tubuh adalah meningkatkan daya serap tubuh akan zat kalsium dan posfor serta dalam porses metabolism kedua zat tersebut, membantu pertumbuhan tulang dan gigi serta melindungi tubuh dari resiko serangan penyakit kanker kolon.

Dampak dan Akibat Kekurangan Vitamin D :

Dampak akibat kekurangan vitamin D dapat menyebabkan terganggunya pertumbuhan dan perkembangantulang, gigi dan otot tubuh. Pada tingkat parah, akibat kekurangan vitamin D dapat menyebabkan otot mudah lemah, resiko patah tulang, nyeri pada panggul dan punggung serta kaki.

 

  1. Fungsi Vitamin E

Fungsi vitamin E bagi tubuh manusia adalah sebagai pelindung sel membran, sel-sel darah merah melindungi asam lemak dari proses oksidasi serta membantu sel-sel tubuh memnafaatkan oksigen untuk menghasilkan energi tubuh.

Dampak dan Akibat Kekurangan Vitamin E :

Akibat kekurangan vitamin E dapat menyebabkan kerusakan sel darah dalam tubuh dan juga melemahnya otot-otot  tubuh.

 

  1. Fungsi Vitamin K

Nah, untuk fungsi vitamin K adalah membantu tubuh dalam proses pembentukan protein-protein pembekuan darah dan juga membantu dalam proses pengaturan jumlah kalsium dalam tubuh manusia. Akibat kekurangan vitamin K, seseorang akan sering mengalami pendarahan dan juga tertundanya proses pembekuan darah.

loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to 9 Fungsi dan Akibat Kekurangan Vitamin A, B1,B2,B3, B6, B12 C, D, E, K