Apa itu Edema? Pengertian, Penyebab dan Pencegahannya

loading...

Edema adalah sebuah istilah medis untuk penumpukan cairan dalam tubuh. Umumnya, penumpukan tersebut terjadi terus menerus sehingga menyebabkan keadaan bengkak pada beberapa bagian tubuh. Pembengkakan itu sendiri terjadi karena akumulasi cairan yang berlebihan dibawah kulit diruang dalam sebuah jaringan.

Umumnya, pembengkakan ini bukanlah sebuah masalah yang besar. Tapi pada beberapa kasus, umumnya pembengkakan ini terjadi pada ibu hamil, terlebih lagi jika usia kehamilan tersebut sudah mencapai 4 bulan atau lebih.

edema pada kaki

Edema Pada Kaki

Pembengkakan tersebut umumnya sering terjadi karena penumpukan darah atau pun cairan. Tapi selain terjadi pada ibu hamil, kondisi ini juga sering terjadi saat cedera, gagal jantung, atau pun penyakit lainnya.

Baca : Cara Cepat Hamil

Penyebab Edema Pada Kaki

Oya, perlu Anda ketahui, kondisi pembengkakan ini umumnya terjadi pada beberapa bagian tubuh yang sangat aktif. Dan salah satu bagian tubuh yang dimaksud adalah kaki, dan beberapa bagian tubuh sekitar kaki. Adapun penyebabnya sendiri antar lain:

  1. Penggumpalan darah pada kaki.
  2. Terjadinya pembesaran pembuluh darah vena.
  3. Tidak bergerak dalam kurun waktu yang lama.
  4. Cuaca yang teramat panas.
  5. Akibat luka bakar.
  6. Tekanan yang mengganggu aliran darah.

Disamping itu, kondisi ini juga bisa terjadi karena adanya pertumbuhan kista dibawah jaringan kulit Anda. Maka dari itu, jika kondisi ini tidak kunjung membaik dalam beberapa hari, maka lekasnya menghubungi dokter untuk dilakukan tindakan dengan segera.

Cara Mencegah Edema

Pada dasarnya, kondisi ini mudah sekali untuk dicegah dan dihindari. Pasalnya, kondisi seperti ini tidaklah sama dengan kondisi sebuah penyakit mana pun. Karena saat kondisi ini terjadi, Anda tidak perlu melakukan pengobatan sedemikian rupa untuk mengatasi kondisi semacam ini.

Nah, adapun cara yang harus dilakukan untuk mencegah kondisi ini adalah sebagai berikut:

  1. Lakukan olah raga secara rutin dan teratur.
  2. Budayakan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.
  3. Usahakan untuk senantiasa bergerak dan tidak terlalu lama diam.
  4. Perbanyak mengonsumsi air putih.

Cara Mengobati Edema

Jika kondisi ini terlanjur terjadi, Anda bisa mengatasinya dengan beberapa tips dan trik yang mudah dan manjur. Adapun tips dan trik tersebut adalah:

  1. Tidurlah dengan kondisi kaki diatas.
  2. Angkatlah kaki Anda saat kondisi duduk.
  3. Kurangi intensitas berdiri dalam waktu yang lama.
  4. Perbanyak olah raga seperti jalan kaki, lari, dan bersepeda.
  5. Jika kondisi ini tidak kunjung reda, berikan Dieuretik untuk mengurangi akumulasi cairan pada jaringan kulit.

Nah, itulah tadi cara-cara mencegah Edema dan mengobatinya. Tapi ingat, pencegahan dan pengobatan ini hanya boleh dilakukan untuk kondisi yang ringan saja. Tapi jika kondisi pembengkakan ini diakibatkan oleh penyakit jantung, ginjal, atau pun kista, ada baiknya Anda lakukan tindakan penanganan penyakit tersebut terlebih dahulu.

Baca Juga :

loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to Apa itu Edema? Pengertian, Penyebab dan Pencegahannya