loading...

Asuhan Keperawatan : Mengenal Fungsi dan Tahapan Penting Dalam Askep

loading...

Asuhan Keperawatan : Mengenal Fungsi dan Tahapan Penting Dalam Askep Asuhan Keperawatan atau Askep adalah serangkaian tindakan atau proses keperawatan yang diberikan kepada seorang pasien pada sebuah pelayanan kesehatan, dengan cara mengikuti  aturan dan kaidah-kaidah keperawatan dan berdasarkan pada masalah yang sedang dihadapi seorang pasien serta kebutuhan apa saja yang diperlukan untuk merawat pasien tersebut.

Bagi masyarakat umum, istilah asuhan keperawatan atau askep tentu saja masih terasa asing ditelinga, namun tidak demikian bagi yang memiliki profesi bidang kesehatan seperti; dokter, perawat, bidan ataupun profesi bidang kesehatanan lainnya. yang memang fungsinya adalah orang yang melaksanakan proses keperawatan terhadap pasiennya masing-masing. Hal tersebut sesuai dengan pengertian asuhan keperawatan (askep) menurut ahli berikut :

“Proses keperawatan adalah suatu metode asuhan keperawatan (askep) yang sistematis, dinamis, ilmiah (menurut kajian teoritis) ,dan dilakukan secara berkesinambungan dalam rangka pemecahan masalah kesehatan pasien, dimulai dari beberapa proses pengkajian yaitu diagnosis keperawatan, pelaksanaan keperawatan, kemudian penilaian atau evaluasi terhadap tindakan keperawatan hingga kemudian pendokumentasian hasil tindakan keperawatan itu sendiri sehingga jika sewaktu-waktu dibutuhkan maka dapat dipergunakan kembali keberadaannya (Ali :1997)”.

 Karena prinsip asuhan keperawatan (askep) merupakan pelayanan kesehatan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan bagi setiap pasien, tentu saja tindakan ini akan memberikan beberapa fungsi baik bagi sang pasien yang mendapatkan perawatan tak terkecuali pula bagi fungsional kesehatan yang telah melaksanakannya.

Lalu, apa saja fungsi dari asuhan keperawatan (askep) tersebut? Berikut beberapa fungsinya.

 Fungsi Asuhan Keperawatan

  1. Sebagai pedoman dan acuan resmi bagi setiap fungsional kesehatan untuk melakuka tindakan keperawatan dalam rangka memecahkan masalah yang sedang dihadapi seorang pasien.
  2. Sebagai alat untuk mengukur profesionalisme seorang tenaga fungsional kesehatan ketika melakukan serangkan tindakan keperawatan terhadap pasiennya.
  3. Sebagai alat dalam menjamin kebebasan seorang pasien untuk mendapat pelayanan yang sesuai kebutuhan dan keperluan dalam menyelesaikan masalah yang sedang dihapainya.

Baca Juga :

Tahapan Proses Asuhan Keperawatan (Askep)

Tahapan Asuhan Keperawatan

Tahapan Asuhan Keperawatan

Apa saja tahapan yang diperlukan dalam melaksanakan asuhan keperawatan (askep)? Dalam dunia medis ada 6 (enam) tahapan yang harus dilakukan dalam sebuah proses askep antara lain :

1. Kajian Keperawatan

Kajian keperawatan atau pengkajian keperawatan merupakan serangkaian tindakkan awal dalam sebuah proses keperawatan pasien. Tahapan ini diperlukan dalam rangka mendapatkan informasi dan data yang sangat diperlukan dari pasien, mulai dari aspek fisik, mental, gejala serta hal lainnya dan berhubungan dengan diri pasien maupun penyakit yang diderita pasien itu sendiri.

2. Diagnosa Keperawatan

Untuk tahapan diagnosa keperawatan bagi seorang fungsional kesehatan meliputi hal-hal sebagai berikut :

  • Aktual : Menjelaskan masalah nyata saat ini sesuai dengan data klinik yang ditemukan.
  • Resiko : Menjelaskan masalah kesehatan nyata akan terjadi jika tidak dilakukan intervensi.
  • Kemungkinan : Menjelaskan bahwa perlu adanya data tambahan untuk memastikan masalah keperawatan kemungkinan.
  • Wellness : Keputusan klinik tentang keadaan individu, keluarga atau masyarakat dalam transisi dari tingkat sejahtera tertentu ketingkat sejahtera yang lebih tinggi.
  • Syndrom : diagnose yang terdiri dari kelompok diagnosa keperawatan actual dan resiko tinggi yang diperkirakan muncul/timbul karena suatu kejadian atau situasi tertentu.

3. Rencana Keperawatan

Rencana keperawatan adalah serangkaian uraian tindakan yang tertulis, meliputi rencana tindakan yang akan dilakukan pada setiap pasien dalam rangka merubah status kesehatan pertama hingga status pada saat mendapatkan asuhan keperawatan itu sendiri. Oleh karena itu rencana keperawatan ini bisa juga dikatakan sebagai pedoman tertulis bagi setiap fungsional kesehatan dalam memberikan pelayanan asuhan keperawatannya.

4. Implementasi Keperawatan

Untuk tahap implementasi keperawatan, secara umum ada 3 tahapan penting yang biasa dilakukan oleh fungsional kesehatan yaitu :

1. Tahap I :

Persiapan. Tahap awal tindakan keperawatan ini menuntut perawat untuk mengevaluasi yang diindentifikasi pada tahap perencanaan.

2. Tahap II :

Intervensi. Fokus tahap pelaksanaan tindakan perawatan adalah kegiatan dan pelaksanaan tindakan dari perencanaan untuk memenuhi kebutuhan fisik dan emosional. Pendekatan tindakan keperawatan meliputi tindakan : independen, dependen, dan interdependen.

3. Tahap III :

Dokumentasi. Pelaksanaan tindakan keperawatan harus diikuti oleh pencatatan yang lengkap dan akurat terhadap suatu kejadian dalam proses keperawatan.

5. Evaluasi Keperawatan

Tahapan evaluasi keperawatan disini sangatlah penting, dimana pada tahapan ini keberhasilan tindakan keperawatan yang telah diberikan dapat dilakukan dengan membandingkan antara tingkat kemandirian pasien dalam kehidupan sehari-hari dan tingkat kemajuan kesehatan pasien. Sedangkan untuk evaluasi pada proses keperawatan yang telah dilaksanakan dapat dilakukan dengan cara membandingkan antara proses dengan pedoman/rencana proses tersebut. Sedangkan keberhasilan tindakan dapat dilihat dengan dengan tujuan yang telah di rumuskan sebelumnya.

6. Dokumentasi Keperawatan


ladyfem

Dalam suatu tindakan asuhan keperawatan (askep), pendokumentasian dan pengarsipan data setiap proses asuhan keperawatan merupakan bukti penting yang berguna bagi beberapa pihak, baik bagi fungsional kesehatan itu sendiri maupun bagi sang pasien atau pun bagi lembaga tertentu yang memerlukannya.

Loading...
loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to Asuhan Keperawatan : Mengenal Fungsi dan Tahapan Penting Dalam Askep