Kenali 5 Buah yang Paling Dianjurkan Untuk Ibu Hamil

Nov 14 2016 - 7:02pm
loading...

Buah yang paling dianjurkan untuk ibu hamil umunya buah dengan kandungan gizi yang lengkap, seimbang, dan baik untuk perkembangan janin dalam kandungan. Buah-buah yang dimaksud umumnya adalah buah yang mengandung nutrisi berupa vitamin, mineral, zat besi, kalsium, dan beberapa nutrisi penting lainnya.

Perlu Anda ketahui, dalam kondisi hamil, seorang ibu memang membutuhkan berbagai macam nutrisi untuk perkembangan janin. Dari semua nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil, beberapa nutrisi memang ada didalam buah.

Fungsi Vitamin C

Tapi terlepas daripada itu, buah-buah yang dimaksud haruslah buah yang segar, bersih, dan tidak mengandung zat kimia berupa pestisida atau pun semacamnya.

Jenis Buah untuk Ibu Hamil

Pada dasarnya, hampir semua itu baik untuk wanita yang sedang hamil. Pasalnya, dalam buah sendiri memang terkandung berbagai macam nutrisi yang baik untuk tubuh.

Akan tetapi, dari semua buah yang ada, hanya ada beberapa buah yang memang paling baik dan dianjurkan untuk ibu hamil. Nah, adapun buah-buah yang dimaksud adalah:

  • Buah Apel

Siapa yang tidak kenal apel? Mungkin semua manusia kenal dengan buah manis yang satu ini. Ya, apel sendiri memang terkenal akan kemanisannya. Akan tetapi, dibalik rasa manisnya, apel sendiri memiliki kandungan nutrisi, seperti Vitamin A, Vitamin B1, B2, B3, B5, B6, serta vitamin B9. Vitamin dari buah untuk ibu hamil ini adalah vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, terlebih lagi tubuh wanita yang sedang hamil.

Baca : Manfaat Buah Apel Hijau Untuk Kesehatan dan Kecantikan

  • Buah Alpukat

Buah yang satu ini sebenarnya kurang enak jika dikonsumsi langsung. Tapi jika sudah diolah menjadi jus, buah yang satu ini terasa nikmat dan sedap. Selain nikmat dan sedap, buah alpukat sendiri mengandung beberapa nutrisi, seperti asam folat dan vitamin kompleks yang berguna untuk melancarkan perkembangan otak dan tulang belakang janin.

  • Buah Kurma

Jika Anda pikir buah kurma adalah buah yang cocok untuk Ramadhan saja, Anda salah. Pasalnya, buah untuk ibu hamil ini memiliki beberapa kandungan nutrisi, seperti zat besi, kalsium, magnesium, dan beberapa nutrisi lainnya sayang untuk dilewatkan. Bukan hanya itu, dengan kandungan seperti itu, kurma sendiri sangat bagus untuk dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat mengatasi kram perut dan menguatkan kandungan.

  • Buah Manggis

Buah manggis adalah salah satu dari beberapa buah yang paling berguna di dunia. Hal tersebut terlihat dari adanya ekstraksi kulit manggis untuk obat beberapa penyakit. Akan tetapi, disamping diekstrak untuk obat, daging manggis sendiri memiliki kandungan vitamin C  dan asam folat yang kuat. Pada kehamilan, kandungan vitamin C dan asam folat pada buah untuk ibu hamil ini umumnya digunakan untuk menambah elastisitas kulit dan daya tahan tubuh.

Baca : 9 Fungsi dan Akibat Kekurangan Vitamin A, B1,B2,B3, B6, B12 C, D, E, K

  • Buah Naga

Buah yang satu ini belakangantahun terakhir sedang populer. Karena selain enak, buah naga sendiri mengandung vitamin C yang tinggi dan sangat bagus untuk ibu hamil. Pasalnya, dengan kandungan vitamin C dari buah naga, kondisi kehamilan Anda akan tetap terjaga dan bebas dari segala macam penyakit.

Baca : 6 Macam Vitamin Dan Fungsinya Bagi Tubuh Manusia

loading...

Oya, perlu Anda ingat, buah-buahan untuk ibu hamil ini adalah buah yang umumnya dianjurkan oleh dokter. Sedangkan, untuk beberapa buah lain memang baik dan bermanfaat. Akan tetapi, jika dibandingkan dengan bauh-buah diatas, buah lain umumnya tidak memiliki kandungan gizi yang cukup untuk mencukupi kebutuhan ibu saat hamil.

Baca Juga