Cara Ampuh Menambah Berat Badan Anak

Oct 25 2016 - 12:24pm
loading...

Pada umumnya, setiap orang  tua sangat menambakan anaknya hidup sehat, pintar dan tumbuh dengan sehat.  Tetapi apa yang akan terjadi jika anak anda mengalami kurang gizi, Kurang nutrisi, atau badan kurus seperti kurang vitamin?

Sebagai orang tua kita harus sadari betapa pentingnya menjaga pola hidup sehat agar dapat menjaga keseimbangan daya tahan tubuh si anak agar dapat menjadi anak yang tumbuh dengan normal serta sehat.

Untuk menjaga  kestabilan anak agar tetap stabil maka anda harus memperhatikan pola makan yang lebih utama lagi anda harus memperhatikan penyebab menurunnya berat badan.

Beberapa hal yang harus di perhatikan untuk menjaga kesetabilan berat badan pada anak

  1. Makan yang terbaik bagi anak usia 0-24 bulan adalah Asi karena dengan menggunakan asi walaupun tanpa asupan lain anak tersebut sudah mencukupi, tentunya sang ibu juga harus memperhatikan pola makan ketika sedang menyusui karena ini akan sangat berpengaruh terhadap gizi anak
  2. Jika bayi anda mulai aktif bergerak biasanya sekitar usia 9 bulan keatas maka sang anak juga mulai di kenalkan dengan makanan pendaping seperti nasi beras merah, vitamin dan protein karena usia anak se umur itu sedang membutuhkan gizi yang lebih.
  3. Pada usia anak umur 10 -20 bulan sangat anak akan sangat rentan terhadap penyakit,  seperti flu, filek, demam dan penyakit lain-lainnya, itu semua di karena beberapa faktor :
    • Pertumbuhan yang tidak sesuai dengan asupan gizi, sehingga ketika sang anak mulai belajar berdiri misalnya anak akan merasakan demam, dan ini suatu hal yang wajar, karena jaringan sarap yang di bangun oleh tubuh si anak belum seiimbangan dengan daya tahan tubuh dan asupan gizi.
    • Faktor lingkungan yang kurang bersih, sebagai orang tua kita harus selalu meperhatikan lingkungan agar tetap terjaga bersih, karena anak seusia itu sering sekali memasukkan tangannya kedalam mulut, sehingga dengan mudah virus masuk kedalam mulut sang anak.
    • Faktor makanan, makan yang kurang sehat juga dapat mempengaruhi kadar keseimbangan gizi dan protein sang anak, jadi pola makan harus di jaga dan imbangi dengan vitamin.
  4. Mengjaga Kualitas ASI, Pada umum nya seorang ibu sangat jarang memperhatikan masalah kualitas ASI padahal masalah ASI ini adalah peranan penting untuk perkembangan sistem Kekebalan tubuh si anak, Sang ibu seharusnya sangat menjaga pola makan dan kadar Gizi untuk kesetabilan ASI yang sedang di produksi oleh sang ibu.

Pelajari jenis makanan untuk meningkatkan Berat badan anak

Sebaiknya orang tua harus harus memperhatikan kandungan asupan gizi makan atau minuman yang hendak di berikan kepada sang anak  hal ini wajib untuk di perhatikan jika ingin sang anak tumbuh sehat dan berat badan setabil bahkan meningkat.

Tetapi jangan lupa orang tua juga harus memeperhatikan kandungan karbohidrat dan lauk pauk, sayur-sayuran serta di imbangi dengan ASI yang berkualitas.  Untuk itu kita harus melihat juga cara alami meningkatkan berat badan anak seperti:

  • Mentega dan margarin karena makan ini banyak mengandung lemak yang merupakan unsur utama dari vitamin, B2,A,D serta makan ini mengandung protein yang sangat baik untuk pertumbuhan si kecil.
  • Membuat pola variasi makan, hal ini juga sangatlah penting agar sang bayi tidak merasa bosan, karena terkadang pada anak usia 1 tahun keatas asupan ASI sudah tidak mencukupi lagi karena mengingat aktivitas sang anak sudah mulai padat
  • Sang bayi harus di perhatikan pola tidurnya karena dengan tidur yang cukup sang anak akan memiliki stamina yang cukup.

Dari uraian diatas maka dapat disimpulkan bahwa unsur utama dalam meningkatkan berat badan anak adalah tergantungan dengan pola hidup dan makanan yang cukup, dan sangat disarankan fokuslah pada kesehatan sang anak karena dengan sehat, sang anak akan tumbuh cepat meningkat. Semoga bermanfaat …

loading...

Baca Juga :

Baca Juga