Cara Diet dan Gaya Hidup Bagi Penderita Penyakit Gagal Ginjal

loading...

Bagi para penderita penyakit seperrti gagal ginjal ini bisa mempertahankan kondisinya pada tahap – tahap tertentu agar tidak semakin parah pada penyakit tersebut. Makanan dan minuman ini memang memiliki pengaruh yang sangat lah besar untuk tingkat gagal ginjal itu sendiri.

Nah pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang penyakit ginjal yaitu diet dan gaya hidup bagi penderita gagal ginjal.

Diet Bagi Penderita Gagal Ginjal

Di bawah ini adalah beberapa cara dari diet untuk semua penderita penyakit gagal ginjal, berikut caranya :

diet dan hidup sehat bagi gagal ginjal

  1. Makanlah Makanan Rendah Kalium

Konsumsi lah berbagai jenis makanan yang sudah mengandung kalium dalam jumlah yang cukup rendah atau pun kecil. Makanan dengan kalium yang rendah ini akan membantu dalam pekerjaan ginjal agar tidak lagi menjadi lebih berat.

Beberapa makanan yang sudah bisa dikonsumsi adalah contohnya seperti apel, stroberi, kacang hijau, anggur, dan kubis. Makanan yang harus kalian hindari adalah contohnya seperti jeruk, tomat, kentang, pisang dan bayam.

  1. Konsumsi lah Makanan Rendah Fosfor

Fosfor ini adalah salah satu jenis mineral yang sudah dapat menyebabkan tulang menjadi lebih rapuh dan akan memicu reaksi alergi untuk kulit kalian. Bagi para penderita penyakit seperti gagal ginjal ini memang harus memilih makanan yang telah memiliki kandungan fosfor yang rendah.

Contohnya seperti susu atau keju, dan juga berbagai jenis kacang – kacangan. Fosfor yang sangat tinggi di dalam tubuh juga dapat memicu kerusakan pada ginjal.

  1. Hindari Makanan Tinggi Garam

Dari berbagai jenis makanan yang telah mengandung garam ini akan sangat berbahaya untuk ginjal kalian. Garam ini akan menyebabkan ginjal kalian bekerja lebih keras lagi dan selain itu kristal yang dari garam ini pun dapat menumpuk pada ginjal.

Dari berbagai jenis garam mulai dari garam meja dan garam yang untuk memasak ini memang harus dikonsumsi dalam jumlah yang sangat terbatas. Untuk mengendalikan asupan dari garam sebaiknya para penderita penyakit gagal ginjal ini lebih baik mengkonsumsi makanan yang telah dimasak sendiri.

Gaya Hidup Sehat Bagi Penderita Gagal Ginjal

penyebab darah tinggi karena pola makan

Bagi para penderita penyakit gagal ginjal ini memang pada dasarnya telah tetap bisa menjalani berbagai aktivitas nya dalam sehari – hari. Namun sangat diperlukan beberapa cara gaya hidup sehat agar dapat mengelola peyakit gagal ginjal tersebut.

Nah pada artikel kali ini kami juga membahas tentang gaya hidup sehat untuk para penderita gagal ginjal, berikut ulasannya:

  • Yang pertama, hindari memakai obat-obat luar yang tidak diresepkan oleh dokter yang telah merawat penderita. Konsumsi lah obat – obat yang cukup banyak mengandung zat-zat tertentu contohnya seperti ibuproven dan acetamiopen ini bisa menyebabkan gagal ginjal akan menjadi lebih parah.
  • Kedua, kendalikan jumlah kadar gula yang di dalam darah untuk menjaga ginjal kalian tetap berfungsi dengan baik.
  • Ketiga, hindarilah stress dan tertekan karena hal seperti stress dan tertekan ini bisa menyebabkan kalian hipertensi sehingga bisa memicu kondisi gagal ginjal ini semakin memperburuk.
  • Hindari lah konsumsi minuman keras seperti alkohol karena minuman keras ini akan merusak ginjal kalian dengan sangat cepat.
  • Tetaplah mengkonsumsi dar berbagai jenis makanan yang sehat supaya dapat memelihara kesehatan ginjal kalian.
  • Jalani hidup kalian dengan bahagia dan tetaplah melakukan latihan dalam porsi yang kecil saja.
  • Hindari merokok karena hal ini seperti tembakau bisa menyebabkan efek yang sangat lah serius untuk penyakit gagal ginjal kalian.

Demikianlah menu diet untuk penderita gagal ginjal yang dapat anda terapkan. Semoga Manfaat dan Lekas Sembuh…!

Baca Juga :
Cara Mengobati Batu Ginjal Secara Alami

Penyebab Gagal Ginjal Akut dan Kronik
Ciri Ciri Gagal Ginjal Awal

loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to Cara Diet dan Gaya Hidup Bagi Penderita Penyakit Gagal Ginjal