loading...

Cara Melancarkan Asi Secara Alami Untuk Ibu Menyusui (#Wajib Tahu)

loading...

Cara Melancarkan Asi – Memberikan ASI adalah sesuatu yang ditunggu-tunggu oleh seorang wanita karena sudah menjadi ibu untuk anaknya. Karena sudah tentu kebahagiaan seorang Ibu adalah bisa melahirkan dan merawat bayinya dengan benar.

Bisa memberikan ASI eksklusif merupakan kebahagiaan tersendiri bagi seorang Ibu. Namun kadang ini sering menjadi masalah karena produksi ASI ibu tidak banyak bahkan ada yang tidak keluar asi, walaupun sudah melakukan berbagai cara melancarkan asi yang diberikan dokter, atau orang tua yang lebih berpengalaman.

Cara Melancarkan Asi

Cara Melancarkan Asi

Masalah diatas tidak jarang kita temui di kehidupan sehari-hari. Hal tersebut dikarenakan masing-masing tubuh wanita memiliki hormon yang berbeda-beda. Ada yang dengan mudah memberikan Asi karena memang sudah berlimpah dan ada juga yang sulit mengeluarkan asi atau hanya beberapa hari pertama kelahiran bayinya. Untuk itu tidak ada salahnya Anda melakukan cara melancarkan asi secara alami berikut yang semoga bisa membantu mengatasi masalah ini.

Cara Melancarkan Asi

Cara melancarkan asi yang dijelaskan dibawah ini merupakan beberapa makanan yang dapat membantu melancarkan asi pada ibu yang menyusui. Makanan yang disarankan dibawah adalah cara alami untuk membuat asi bisa lancar kembali.

1.Mengonsumsi Daun Katuk

Mengonsumsi Daun Katuk

Mengonsumsi Daun Katuk

Seperti yang banyak kita tahu, bahwa daun katuk sejak lama sudah menjadi kepercayaana para wanita untuk memperbanyak produksi ASI. Walaupun daun ini saat sekarang sudah jarang dan sulit ditemukan tetapi jika berniat mencarinya disetiap daerah tempat tinggal tentu masih bisa ditemukan.

Daun katuk sangat baik untuk melancarkan dan memperbanyak produksi asi pada ibu menyusui. Karena dalam daun katuk terdapat protein yang dapat mencukupi kebutuhan protein ibu.

Ibu menyusui memerlukan sebanyak 60 gram setiap harinya. Dan protein tersebut bisa diambil dari mengonsumsi daun katuk.

2.Mengonsumsi Bayam

Mengonsumsi Bayam

Mengonsumsi Bayam

Selain daun katuk, mengonsumsi bayam juga bisa membantu melancarkan asi pada ibu menyusui. Daun bayam merupakan makanan yang bisa menamah zat besi. Zat besi tersebut sangat bermanfaat dalam pembentukan sel darah merah dalam tubuh ibu yang sedang menyusui. Dan juga daun bayam sangat banyak mengandung vitamin B6, yang mana vitamin tersebut bisa meningkatkan daya tahan tubuh pada bayi.

Nutrisi lain yang ada pada daun bayam adalah Vitamin A, C, E, K serta protein seperti kalsium, magnesium, thiamin, kalium dan juga fosfor. Selain itu juga bayam mengandung enzim phytoestrogens yang berfungsi untuk memproduksi Asi.  Untuk itu, mengonsumsi bayam bisa membantu melancarkan asi.

3.Mengonsumsi Daun Kemangi

Mengonsumsi Daun Kemangi

Mengonsumsi Daun Kemangi

Daun kemangi juga bisa digunakan untuk melancarkan asi pada ibu menyusui. Didalam daun kemangi juga terkandung enzim phytoestrogens yang bisa membantu produksi Asi yang lebih banyak. Selain itu daun kemangi juga memiliki banyak manfaat seperti membuat lebih tenang, meningkatkan pergerakan usus agar mencegah sembelit dan membuat nafsu makan menjadi meningkat. Daun kemangi juga sangat ampuh untuk mengatasi bau badan.

4.Mengonsumsi Labu

Mengonsumsi Labu

Mengonsumsi Labu

Seperti yang banyak kita ketahui, bahwa labu memiliki banyak jenisnya seperti labu botol, labu siam dan juga labu kuning. Dengan mengonsumsi labu dapat menambah produksi asi ibu menyusui meningkat. Sayuran lagu memiliki kandungan gizi yang tinggi serta mudah dicerna oleh usus. Selain itu didalam labu juga terkandung zat besi meskipun kadarnya tidak banyak dibanding dengan jenis sayuran lain. Untuk ibu menyusui sangat baik mengonsumsi sayuran labu dari jenis apapun untuk melancarkan asinya.

5.Mengonsumsi Pare

Mengonsumsi Pare

Mengonsumsi Pare

Pare meskipun rasanya pahit, tetapi jika mengolahnya benar maka rasanya tidak begitu kental. Tetapi walaupun rasanya pahit, pare memiliki vitamin dan nutrisi yang sangat banyak. Selain itu, pare juga dapat digunakan untuk melancarkan dan memperbanyak produksi Asi untuk ibu menyusui.

Dalam pare mempunyai kandungan vitamin K, likopen serta anti oksidan yang sangat baik untuk ibu menyusui. Pare juga bisa menjadi penghasil insulin yang banyak yang baik untuk penderita penyakit diabetes. Sehingga untuk penderita diabetes dapat mengonsumsi pare agar bisa menghasilkan insulin kembali.

6.Mengonsumsi Jagung

Mengonsumsi Jagung

Mengonsumsi Jagung

Mengonsumsi jagung terutama jagung manis dapat digunakan untuk memperbanyak produksi Asi. Kandungan karbohidrat dan juga protein dalam jagung dapat membantu produksi asi pada ibu menyusui menjadi banyak. Memakan jagung untuk dikonsumsi ibu menyusui dapat dibuat menjadi sup, digoreng atau disangan. Bahkan apabila seorang ibu yang baru melahirkan tetapi asinya belum keluar dapat dirangsang dengan mengonsumsi jagung.

7.Makan Kacang Tanah Mentah

Makan Kacang Tanah Mentah

Makan Kacang Tanah Mentah

Kacang tanah memiliki kandungan protein yang lebih tinggi daripada kacang tanah yang sudah diolah. Sehingga mengonsumsi kacang tanah yang masih dalam keadaan mentah bisa dilakukan oleh ibu yang menyusui untuk melancarkan Asi.

8.Minum Air Putih

Minum Air Putih

Minum Air Putih

Tubuh ibu yang menyusui sangat membutuhkan cairan, sehingga jika kekurangan cairan dapat mengakibatkan Asi yang dihasilkan menjadi sedikit. Untuk itu ibu yang sudah mengonsumsi makanan untuk memperbanyak asi jangan lupa agar selalu memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuhnya dengan minum air putih yang banyak.

9.Minum Jus Wortel

Minum Jus Wortel

Minum Jus Wortel

Pada wortel mempunyai kandungan enzim phytoestrogens yang sangat bermanfaat untuk memproduksi Asi dalam jumlah yang banyak. Namun tidak hanya itu, wortel juga memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Untuk ibu menyusui sebaiknya meminum jus wortel satu gelas sebelum makan sian agar dapat menambah produksi Asi yang lebih banyak di sore harinya.

10.Makan Sup

Makan Sup Daging

Makan Sup Daging

Sup merupakan makanan penambah Asi yang baik, namun harus diperhatikan ketika hendak membuatnya. Karena tidak sembarang sup dapat menjadi bahan untuk melancarkan Asi menjadi banyak. Sup yang bisa dibuat untuk memperbanyak Asi adalah sup daging, ayam dan juga sup ikan. Kuah yang ada didalam sup bisa digunakan untuk penambah cairan pada tubuh ibu yang sedang menyusui. Dan selain itu daging ayam dan daging ikan dapat menambah protein pada ibu menyusui.

11.Makan Pepaya

Makan Pepaya

Makan Pepaya

Pepaya merupakan buah yang sangat baik untuk memperbanyak produksi Asi, selain itu mulai dari buahnya, bunganya dan juga daunnya juga bisa dimanfaatkan untuk menambah produksi Asi ibu menyusui menjadi banyak. Buah dan bunga pepaya banyak mengandung vitamin A, vitamin C, mineral seperti kalsium, asam folat, dan juga enzim papain.

Ketika ibu menyusui, membutuhkan banyak protein dalam menghasilkan Asi, dalam semua itu bisa didapatkan dengan makan buah pepaya. Selain manfaat tersebut, buah pepaya juga mengandung banyak cairan untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam menghasilkan Asi.

Untuk ibu menyusui, sebaiknya memilih buah pepaya yang masih ranum atau masih mengkal. Pepaya yang masih ranum sangat baik jika dimakan secara langsung, sedangkan pepaya yang masih mengkal dapat dijadikan sebagai sup.

Itulah beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi untuk melancarkan Asi ketika sedang menyusui. Semoga bisa bermanfaat dan dapat membantu Anda para ibu yang sedang sulit memproduksi asi dalam jumlah banyak. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa membaca artikel kesehatan lainnya.


ladyfem

Silakan Baca Juga:

Loading...
loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to Cara Melancarkan Asi Secara Alami Untuk Ibu Menyusui (#Wajib Tahu)