loading...

Cara Memutihkan Gigi Dengan Jeruk Nipis Dengan Mudah (#Ampuh)

loading...

Cara Memutihkan Gigi Dengan Jeruk Nipis – Gigi merupakan sesuatu yang sering dilihat orang, baik ketika makan atau mengobrol. Merawat gigi agar tetap putih tentu sangat penting untuk menjaga penampilan dan membuat percaya diri. Apabila gigi sakit, warna gigi kuning sangat tidak membuat kita percaya diri. Termasuk Anda yang sedang membaca artikel ini.

Sebenarnya ada cara yang mudah untuk memutihkan gigi yakni menyikat secara teratur, selain membuat gigi lebih putih dan dapat menjaga gigi agar tidak minimbulkan sakit gigi. Dengan gigi terawat dan putih akan membuat kepercayaan diri meningkat dan tidak malu ketika berinteraksi dengan orang lain.

Cara Memutihkan Gigi Dengan Jeruk Nipis

Cara Memutihkan Gigi Dengan Jeruk Nipis

Memiliki gigi bersih dan terawat setidaknya menghidarkan Anda dari sakit gigi, atau mencegah munculnya karang gigi yang sangat sulit dihilangkan.

Untuk memutihkan gigi bisa dengan bleaching (pemutihan gigi), menggunakan baking soda ataupun jeruk nipis. Bahan alami ini bisa membantu Anda untuk mengatasi gigi yang berwarna kuning atau kurang putih. Namun pemakaian bahan ini tidak boleh dilakukan terlalu sering, karena dapat merusak gusi dan permukaan gigi Anda.

Ada beberapa penyebab gigi berubah warna antara lain:

  • Permen
    Mengonsumsi permen terlalu sering dapat membuat gigi berubah warna. Hal tersebut terjadi karena pada permen terdapat zat gula yang jika dikonsumsi bisa membuat gigi Anda menjadi kuning.
  • Air Teh
    Minum teh terutama teh hitam dan teh merah dapat membuat gigi menjadi gelap. Apalagi jika Anda minum teh sambil makan makanan berkarbohidrat, akan menambah keruh warna gigi. Sehingga sebaiknya mengganti teh hitam atau teh merah menjadi teh hijau. Selain teh ini lebih menyehatkan, juga dapat digunakan untuk program diet.
  • Merokok
    Seperti yang kita ketahui, merokok selain tidak baik untuk kesehatan juga dapat membuat warna gigi menjadi kuning.
  • Jarang Merawat Gigi
    Merawat gigi seharusnya dilakukan secara teratur seperti menggosok gigi 3 kali sehari dan menggosok gigi dengan benar. Kareng gigi yang tidak dirawat maka jika dalam waktu yang lama dapat menyebabkan warnanya berubah.
  • Usia
    Bertambahnya usia juga dapat menyebabkan perubahan pada warna gigi.

Seteleh mengetahui penyebab perubahan warna gigi, maka kali ini kami akan membahas bagaimana cara memutihkan gigi dengan jeruk nipis. Cara ini merupakan cara alami dan tentu saja cara yang mudah dilakukan. Ikuti selengkapnya dibawah ini.

Cara Memutihkan Gigi Dengan Jeruk Nipis

Memutihkan gigi dengan bahan alami jeruk nipis bisa Anda lakukan sendiri. Bahan jeruk nipis mengandung asam nitrat yang fungsinya mirip dengan bleaching (pemutih gigi).

1.Memutihkan Gigi Dengan Jeruk Nipis Dengan Garam Dan Kunyit

Memutihkan Gigi Dengan Jeruk Nipis Dengan Garam Dan Kunyit

Memutihkan Gigi Dengan Jeruk Nipis Dengan Garam Dan Kunyit

Cara memutihkan gigi dengan jeruk nipis yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan bahan kunyit dan garam. Pemakaian kunyit meskipun akan meninggalkan noda kuning, tetapi rempah-rempah ini memiliki kandungan agen antiradang yang bisa membantu masalah pada gusi, seperti gusi bengkak.

Kunyit memiliki sifat antimikroba yang bisa membunuh kuman serta mikroorganisme penyebab gigi berlubang. Untuk melakukan cara ini, ikuti langkah-langkah berikut.

  • Sediakan kunyit 1 biji kemudian kupas
  • Lalu bakar atau panggang kunyit selama 3-5 menit.
  • Kemudian hancurkan sampai menjadi bubuk halus, kemudian tambahkan perasan jeruk nipis dan sedikit garam.
  • Aduklah secara merata sampai terbentuk pasta yang lembut
  • Aplikasikan pasta campuran bahan-bahan tadi pada gigi anda secara merata
  • Tunggulah beberapa menit lalu bilas dengan air hingga bersih.
  • Ulangi cara ini setiap hari 1 kali secara rutin sampai beberapa hari agar hasilnya maksimal.

2.Memutihkan Gigi Dengan Jeruk Nipis Dan Baking Soda

Memutihkan Gigi Dengan Jeruk Nipis Dan Baking Soda

Memutihkan Gigi Dengan Jeruk Nipis Dan Baking Soda

Seperti yang kita tahu, baking soda dapat menghilangkan karang gigi, menyebuhkan sakit gigi dan masih banyak manfaat lainnya. Selain itu baking soda dan campuran jeruk nipis dapat Anda gunakan sebagai pemutih gigi alami.

Dalam baking soda mempunyai sifat abrasif alami atau basa sehingga bisa membersihkan email gigi dari noda atau karang. Mencampurkan dengan jeruk nipis maka bisa memberikan hasil yang maksimal untuk memutihkan gigi. Untuk memanfaatkan baking soda dan jeruk nipis sebagai pemutih gigi, berikut caranya.

  • Sediakan baking soda dan perasan jeruk nipis masing-masing 1/2 sendok teh.
  • Kemudian campurkan kedua bahan tersebut dan aduk hingga terbentuk adonan
  • Selanjutnya gunakan sikat gigi dan ambillah adonan tadi untuk menggosok gigi Anda secara merata
  • Diamkan selama 1-3 menit dan bilas atau berkumur sampai bersih
  • Ulangi cara ini setiap hari secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3.Memutihkan Gigi Dengan Jeruk Nipis Dan Garam

Memutihkan Gigi Dengan Jeruk Nipis Dan Garam

Memutihkan Gigi Dengan Jeruk Nipis Dan Garam

Apabila cara pertama menggunakan garam dan kunyit, maka cara berikut hanya memakai garam saja. Cara yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut.

  • Siapkan jeruk nipis segar dan 1 sendok makan garam dapur
  • Selanjutnya irislah jeruk nipis menjadi 2 bagian dan peras untuk diambil airnya dalam wadah
  • Campurkan garam dan jeruk nipis lalu aduklah hingga rata
  • Aplikasikan campuran jeruk nipis dan garam tadi pada gigi Anda dengan cara menggosokkan dengan sikat gigi.
  • Lakukan cara ini dua kali sehari agar mendapatkan hasil yang diinginkan
  • Selain dapat memutihkan gigi, cara ini juga dapat menghilangkan karang atau plak gigi.

4.Memutihkan Gigi Dengan Jeruk Nipis Dengan Menggigitnya

Memutihkan Gigi Dengan Jeruk Nipis Dengan Menggigitnya

Memutihkan Gigi Dengan Jeruk Nipis Dengan Menggigitnya

Apabila Anda tahan terhadap rasa asam, maka bisa melakukan cara ini untuk memutihkan gigi. Yaitu setelah memeras jeruk nipis, kemudian gosokkan bagian dalam kulitnya pada gigi Anda. Atau bisa juga langsung dengan memotong jeruk nipis dan menggigitnya pada ujung buah sehingga buahnya terhisap sedikit demi sedikit.

Kemudian diamkan selama beberapa menit, lalu berkumurlah sampai bersih memakai air yang dicampur dengan bakin soda. Sifat basa pada baking soda dapat membantu menetralkan rasa asam pada jeruk nipis tadi. Untuk hasil yang diinginkan ulangi cara ini minimal 3 kali dalam seminggu.

Selain dari cara diatas, maka untuk memutihkan gigi secara terus menerus harus dilakukan perawatan atau pencegahan agar gigi tidak kembali kotor atau berubah warna. Untuk tindakan pencegahan lakukanlah cara berikut.

  • Menjaga Kebersihan Gigi
    Menjaga kebersihan gigi dapat dilakukan dengan cara melakukan sikat gigi dengan teratur dan menggosok gigi dengan cara yang benar. Selain itu sikat gigi juga perlu diperhatikan karena sikat gigi yang tidak bersih bisa menjadi tempat menempelnya kotoran-kotoran di gigi.
  • Membatasi Konsumsi Makanan Perusak Warna Gigi
    Makanan dan minuman seperti anggur, teh, kopi, minuman bersoda, alkohol dan lainnya mempunyai efek yang bisa membuat kesehatan gigi terganggu. Selain dari makanan dan minuman, rokok juga sangat berbahaya karena bisa merusak gigi dan membuat warnanya berubah. Untuk itu batasilah mengonsumsi makanan dan minuman agar gigi tetap bersih dan terjaga.

Itulah cara memutihkan gigi dengan jeruk nipis yang bisa Anda lakukan sendiri tanpa biaya mahal. Semoga bisa bermanfaat. Apabila setelah menerapkan cara-cara diatas tetapi hasilnya tidak ada atau kurang maksimal sebaiknya Anda melakukan konsultasi pada dokter gigi. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel kesehatan lainnya.


ladyfem

Silakan Baca Juga:

Loading...
loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to Cara Memutihkan Gigi Dengan Jeruk Nipis Dengan Mudah (#Ampuh)