8 Cara Memutihkan Bola Mata Yang Kuning dan Kotor

loading...
loading...

Mungkin anda tidak nyaman melihat bola mata anda yang kuning, kotor dan juga tidak cerah. Padahal cara memutihkan mata yang kuning dan kotor tidaklah sulit untuk dilakukan karena anda bisa menerapkannya dirumah menggunakan bahan – bahan yang alami tradisional yang tentunya aman untuk digunakan.

Berikut ini akan kami paparkan beberapa tips dan cara memutihkan mata yang kuning secara alami beserta tatacara penggunaanya.

Cara Memutihkan Mata

  • Gunakan Obat Tetes Mata

obat mata

Obat Tetes Mata

Fungsi obat tetes mata antara lain adalah untuk menghilangkan iritasi di mata agar mata tidak terasa perih. Iritasi dapat dilihat dengan mata yang kurang cerah atau bahkan memerah. Carilah obat tetes yang ringan sesuai lalu teteskan aturan di label tetes matanya. Kemudian pejamkanlah mata anda dan berikan waktu untuk mata anda istirahat.

Jika anda sudah menutup mata anda selama beberapa menit pastikan putih di mata anda lebih cerah. Jangan terlalu sering menggunakan obat tetes mata karena jika anda terlalu sering menggunakan obat tetes mata akan ada efek sampingnya jadi gunakanlah secara bijak dan tidak berlebihan.

  • Kompres dengan Air Dingin

pendingin mata

Kompres Air Dingin

Mungkin anda hanya mengetahui bahwa air dingin digunakan untuk meredakan bengkak atau memar. Ternyata cara ini dapat membuat mata anda lebih cerah dari sebelumnya. Air dingin dapat membuat mata anda menjadi segar dan membuat mata menjadi lebih cerah dan bersih.

Cara Memutihkan Mata dengan Kompres air dingin :

  1. Siapkan mangkuk yang sudah di isi es batu atau air yang dingin juga bisa.
  2. Lalu carilah kain yang bersih dan juga lembut jika anda sudah mendapatkan kain tersebut masukkan kain itu ke dalam air dingin tunggu hingga benar – benar menyerap ke kain.
  3. Peras sampai tersisa sedikit airnya kemudian taruh di mata anda.

Anda juga dapat melakukannya jika anda ingin tidur anda dapat mengompres kain dingin tersebut ke mata anda hal ini menyebabkan mata anda menjadi lebih relax.

  • Pijatan Ringan dengan Menggunakan Handuk Panas dan Dingin

kompres mata

Pijat Mata dengan Air Basah

Jika mata anda terasa lelah dan terlihat memerah cobalah untuk memijat menggunakan handuk yang panas dan juga dingin. Untuk caranya adalah sebagai berikut :

  1. Siapkanlah 2 handuk untuk air panas dan untuk air dingin kemudian Masukkan handuk ke dalam air panas dan air dingin.
  2. Pertama peraslah handuk yang panas sampai tersisa rasa hangat.
  3. Kemudian letakan di atas mata anda pijat pada bagian alis sampai kelopak mata selama kurang lebih 2 – 4 menit kemudian ganti menggunakan handuk yang dingin pijat juga seperti menggunakan handuk hangat tadi.
  4. Lakukan cara ini sampai beberapa kali sampai mata anda benar – benar segar.
  • Konsumsi Wortel Secara Teratur

makan wortel

Konsumsi Wortel

Konsumsilah wortel secara teratur untuk menjaga kesehatan mata anda. pada dasarnya wortel mengandung vitamin A dan juga vitamin C. Kedua vitamin ini dapat menghilangkan zat yang membuat putih mata anda kotor.

Selain itu wortel juga dapat membuat mata anda menjadi sangat cerah dari biasanya. Wortel adalah buah yang mengandung vitamin A super tinggi dan juga wortel dapat mengobati mata minum secara alami tetapi mengobati mata minus dengan menggunakan wortel.

  • Biasakan Melatih Otot Mata

senam mata

Senam Mata

Menjaga agar mata tetap sehat juga sangat penting agar mata anda menjadi bersih dan putih. Olahraga mata dapat membuat lensa mata anda menjadi lebih optimal. Apalagi untuk anda yang menggunakan kaca mata minus. Untuk melakukan olahraga mata tidaklah melelahkan tetapi sangatlah mudah untuk dilakukan.

Cara Senam Mata :

  1. Caranya duduklah di teras atau lantai 2 rumah anda dan lihatlah jarak yang paling jauh cara ini sangatlah berguna untuk olahraga mata dan juga sudah terbuktikan.
  2. Kemudian cobalah menggunakan mata secara bergantian antara kanan dan kiri cobalah untuk memandang jarak yang paling jauh selama 10 detik menggunakan mata yang kanan dan juga lakukan hal yang sama dengan mata yang sebelah kiri.
  • Cukupi Kebutuhan Cairan Tubuh

minum air

Cukupi Kebutuhan Cairan

Ternyata banyak meminum air mineral sangatlah banyak khasiatnya selain untuk memperkuat daya tahan tubuh dan membuang racun di tubuh ternyata meminum air putih atau air mineral dapat membuat mata menjadi sehat.

Kekurangan meminum air mineral atau dehidrasi akan membuat mata anda menjadi layu dan menguning. Karena itu cobalah untuk meminum air putih sebanyak 8 – 10 gelas satu harinya. Cairan anda akan sampai ke mata anda dan dapat membuat mata anda menjadi lebih cerah.

  • Hindarilah Terkena Sinar Matahari Langsung

lihat mata hari

Hindari Mata Dari Sinar Matahari

Ternyata sinar matahari bukan hanya dapat merusak kulit tetapi melihat matahari secara langsung dapat membuat mata anda tersakiti dan sebabnya mata akan memerah dan kotor.

Jika anda ingin keluar rumah tetapi kondisi di luar masih sangat panas usahakanlah menggunakan kacamata yang dapat melindungi mata dari UVA dan UVB.

  • Batasi Minuman Kafein dan Bersoda

minum soda

Batasi Minum Soda & Kafein

Salah satu penyebab mata kotor dan tidak cerah adalah kurannya meminum cairan. Kondisi ini karena orang tersebut jarang meminum air putih dia malah meminum kafain dan minuman bersoda.

Minuman yang mengandung kafein dapat membuat anda tambah haus karena sifat alami kafein adalah menyerap cairan. Jika anda tidak pernah meminum air putih kondisi tubuh anda akan tidak baik hal ini karena kurangnnya kekebalan tubuh di tubuh anda.

Anda boleh boleh saja mengonsumsi kopi dan teh tetapi batasilah penggunaannya seperti satu hari hanya sati kali. Sementara jika soda usahakan untuk tidak meminumnya karena soda dapat membuat mata anda kotor dan juga soda malah lebih parah dari pada kopi.

Itulah 8 tips dan cara memutihkan bola mata yang alami dan ampuh. Imbangilah melakukan perawatan diatas dengan pola hidup yang sehat. Demikian semoga bermanfaat…


ladyfem

Baca Juga :
Cara Menghilangkan Kantung Mata
Tips Menjaga Kesehatan Mata
Cara Memanjangkan Bulu Mata

loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to 8 Cara Memutihkan Bola Mata Yang Kuning dan Kotor