loading...

8 Cara Mencegah Kanker Payudara Secara Mandiri (#Wajib Tahu)

loading...

Cara Mencegah Kanker Payudara – Kanker payudara merupakan jenis kanker yang sering dialami oleh wanita. Selain itu juga, penyakit ini juga termasuk penyakit yang berbahaya karena mematikan untuk wanita. Tetapi Anda tidak perlu terlalu khawatir, terdapat banyak cara untuk mencegah kanker payudara dengan usaha sendiri.

Seperti yang sudah banyak kita ketahui bahwa kanker payudara adalah penyebab yang paling utama kematian pada wanita. Tetapi sebenarnya kanker ini juga menyerang pria, tetapi jumlahnya sedikit. Cara untuk mencegah penyakit ini adalah dengan menerapkan gaya hidup atau pola hidup sehat. Gaya hidup yang sehat adalah salah satu cara dalam mencegah kanker payudara.

Cara Mencegah Kanker Payudara

Cara Mencegah Kanker Payudara

Berikut ini merupakan cara mencegah kanker payudara yang bisa Anda lakukan dengan mandiri dengan biaya yang lebih murah dibanding dengan biaya penyembuhan penyakit kanker payudara. Karena dengan mencegah kita lebih baik daripada mengobati.

Cara Mencegah Kanker Payudara

Sebelum mengetahui cara mencegah kanker payudara, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu penyebab penyakit ini. Kanker payudara tidak bisa dihindari karena beberapa faktor, seperti karena genetik, Anda terlahir sebagai wanita, karena usia. Tetapi risiko lain juga bisa menjadi penyebab terserang penyakit kanker. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa pembahasannya.

Faktor Genetik

Tidak bisa dihindari, faktor genetik berpengaruh besar terhadap terjadinya penyakit kanker payudara ini. Faktor genetik memiliki tingkat pengaruh sebesar 5-10 persen. Walaupun demikian, banyak kasus wanita terserang kanker payudara tidak mempunyai riwayat keluarga yang sebelumnya pernah mengalami penyakit ini. Jadi artinya Anda masih memiliki harapan yang tinggi untuk berhasil menjalankan cara mencegah kanker payudara dengan cara menerapkan gaya hidup sehat.

Faktor Usia

Pada masalah penyakit kanker payudara, semakin tua usia seorang wanita maka dianggap semakin berisiko tinggi terkena penyakit ini. Wanita yang mengalami menstruasi pertama kali ketika usianya dibawah 12 tahun dan wanita yang mengalami menopause sesudah usia 51 tahun juga memiliki risiko terkena kanker payudara.

Untuk mencegah penyakit kanker payudara pada wanita ada beberapa cara mudah yaitu:

1.Mengurangi Minum Alkohol

Mengurangi Minum Alkohol

Mengurangi Minum Alkohol

Cara mencegah kanker payudara yang pertama adalah dengan mengurangi minum alkohol. Seperti yang sudah banyak orang tahu bahwa alkohol dapat menjadi sebab munculnya berbagai penyakit, dan salah satunya adalah kanker payudara. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa minuman beralkohol bisa meningkatkan risiko untuk terkena penyakit kanker payudara. Sehingga jika Anda sering mengonsumsinya sebaiknya mulai sekarang mengurangi kadarnya atau jika bisa menghilangkan kebiasaan minum alkohol.

Minum alkohol sebanyak satu gelas setiap harinya bisa meningkatkan risiko kanker payudara sebesar 10-20 persen daribada dengan tidak mengonsumsi alkohol. Untuk Anda yang sering minum lebih dari 1 gelas bahkan secara rutin setiap hari, maka risikonya lebih besar lagi

Alkohol mengandung zat yang bisa meningkatkan kadar hormon estrogen dapat cepat tumbuh. Hormon estrogen merupakan hormon yang bisa membuat sel kanker payudara menjadi lebih cepat tumbuh. Dengan mengurangi atau menghilangkan kebiasan minum alkohol tentu kita sudah bisa mencegah penyakit kanker mematikan ini.

2.Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal

Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal

Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal

Berat badang sangat berhubungan dengan risiko terkena kanker payudara. Wanita yang mengalami obesitas setelah menopause atau mengalami pertambahan berat badan mempunyai risiko terkena kanker payudara dengan presentase 30-60 persen.

Sementara pada wanita yang mengalami obesitas sebelum menopause atau mengalami pertambahan berat badan mempunyai risiko terkena kanker payudara sebesar 20-40 persen lebih tinggi daripada dengan yang memiliki berat badan normal.

Perubahan berat badan serta waktu pada saat terjadinya kenaikan berat badan tadi dianggap berhubungan dengan kondisi hormon dalam tubuh. Dengan mengetahui risiko ini, alangkah baiknya menjaga berat badan agar tetap ideal merupan salah satu cara mencegah kanker payudara yang bisa Anda lakukan.

3.Mengonsumsi Buah Dan Sayuran

Mengonsumsi Buah Dan Sayuran

Mengonsumsi Buah Dan Sayuran

Mengonsumsi buah dan sayur dengan porsi yang ditentukan adalah sangat baik untuk pencegahan kanker payudara. Sayuran yang bisa dikonsumsi sebagai pencegahan kanker payudara adalah jenis brokoli, kubis, kecambah brussels dan kembang kol.

Sayuran hijau juga bisa membantu untuk mencegah kanker payudara, yaitu jenis sawi, bayam, kangkung dan juga wortel dan tomat. Untuk buah yang bisa membantu mencegah kanker payudara antara lain jeruk, berry dan ceri.

Untuk mengonsumsi sayuran sangat baik jika dalam kondisi mentah atau dimasaka dalam waktu yang sebentar. Dengan mengonsumsi buah dan sayuran yang sudah ditentukan diharapkan dapat membantu mencegah terhindar dari kanker payudara.

4.Mengutamakan Makan Makanan Sehat

Mengutamakan Makan Makanan Sehat

Mengutamakan Makan Makanan Sehat

Mengonsumsi buah-buahan serta sayur-sayuran segar adalah sangat baik, tetapi belum tentu memberikan perlindungan yang efektif dari terserang kanker payudara. Wanita yang telah terserang kanker payudara juga, hidupnya bisa lebih berkualitas apabila mengonsumsi makanan sehat termasuk dengan menghindari lemak.

Daging yang berlemak, sosis, margarin, minyak, krim, mentega merupakan sumber makanan yang harus dihindari untuk upaya pencegahan kanker payudara.

5.Berolahraga Teratur

Berolahraga Teratur

Berolahraga Teratur

Dengan melakukan aktivitas secara fisik, seperti olahraga, berjalan-jalan disekitar rumah, berlari-lari kecil dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker payudara. Berbanding terbalik dengan wanita yang tidak pernah melakukan olahraga dalam waktu sangat lama, seperti bertahun-tahun tidak berolahraga. Lakukanlah olahraga seperti aerobik dengan waktu teratur selama 2 jam setengah setiap minggunya atau cara lain seperti bersepeda dan jalan cepat juga bisa jadi pilihan untuk mengolah fisik Anda.

6.Berhenti Merokok

Berhenti Merokok

Berhenti Merokok

Wanita yang pernah merokok memiliki risiko terserang kanker payudara sebesar 13% lebih tinggi dibanding dengan mereka yang tidak pernah merokok. Kondisi tersebut lebih buruk lagi jika Anda masih aktif merokok, risikonya bertambah tinggi lagi yaitu ditambah 24% berisiko lebih tinggi.

Sedangkan wanita yang sudah merkok dari usia dini risikonya bertambah lebih tinggi, yakni ditambah 12 persen. Dan juga, wanita yang merokok sebelum mengalami kehamilan yang pertama, risikonya juga bertambah sebesar 21 persen. Dengan sudah mengetahui risiko tadi, berhenti merokok sejak dari sekarang merupakan pilihan yang sangat tepat agar Anda bisa mencegah kanker payudara.

7.Menyusui Bayi Secara Teratur

Menyusui bayi secara teratur memang tidak besar dalam menurunkan risiko terkena kanker payudara. Tetapi setidaknya hal ini dapat membantu pencegahan terserang penyakit kanker payudara. Karena setiap wanita menyusui bayinya selama 12 bulan atau satu tahun, bisa menunurunkan risiko kanker payudaranya sekitar 4,3 persen. Sehingga meskipun sedikit, aktivitas ini bisa mencegah terjadinya penyakit kanker.

8.Menghindari Terpapar Radiasi

Terdapat beberapa hal yang bisa saja membuat Anda terpappar radiasi dengan tingkat tinggi, seperti pemakaian alat kesehatan CT scan, pekerjaan yang mengharuskan memakai radiasi dan terpapar asap kendaraan, atau dapat pula terkena radiasi bahan-bahan kimia. Maka dari itu, lindungilah diri Anda dari paparan radiasi dan berusahalah untuk menghindarinya.

Itulah telah kami berikan cara mencegah kanker payudara yang bisa Anda lakukan dengan mudah dan secara mandiri. Semoga bermanfaat


ladyfem

Silakan Baca Juga:

Loading...
loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to 8 Cara Mencegah Kanker Payudara Secara Mandiri (#Wajib Tahu)