Cara Mencegah Penyakit Jantung Sejak Dini

Oct 21 2016 - 7:55pm
loading...

Serangan jantung menjadi salah satu penyakit yang paling berbahaya di dunia. Selain itu penyakit ini merupakan penyakit yang dapat menyerang siapa saja, kapan saja dan dimana saja.

Dan yang lebih parahnya lagi adalah penyakit jantung menjadi salah satu penyakit dengan gejala yang tidak mudah untuk ditebak atau pun dirasakan dengan mudah begitu saja.

Mengingat bahwa penyakit jantung menjadi penyakit yang sangat berbahaya, disarankan agar kita selalu melakukan pencegahan agar tidak terkena akan resiko penyakit jantung.

Baca : Idikasi Gejala Penyakit Jantung

Sebenarnya ada beberapa hal yang dapat dilakuan untuk mencegah jantung. Dan pencegahan ini bahkan dapat dilakukan dengan mudah dan murah oleh setiap orang. berikut ini beberapa informasi pencegahannya

Cara Mencegah Penyakit Jantung :

1. Menyikat Gigi Secara Teratur

sikat gigi

Sikat Gigi Teraturimages : sookhongdds(dot)com

Hal pertama yang mudah dan paling murah untuk dilakukan adalah menyikat gigi atau membersihkan gigi secara teratur. Menurut para ahli mengungkapkan bahwa gigi yang bersih akan menjamin seseorang untuk memiliki tubuh yang sehat dan terhindar dari berbagai macam resiko penyakit mematikan lainnya termasuk penyakit jantung, diabetes dan kanker.

Baca : Cara Merawat Gigi agar Putih dan Sehat

2. Mengkonsumsi Gandum

gandum

Konsumsi Gandumimages : TradingBanks(dot)com

Untuk langkah kedua adalah dengan mengkonsumsi gandum. Menurut Dr Sarah Schenker, seorang ahli kesehatan jantung mengatakan bahwa gandum merupakan salah satu makanan dengan kandungan nutrisi yang tinggi dan vitamin yang mampu menurunkan kadar kolesterol dan makanan yang dapat membantu seseorang dalam menurunkan resiko serangan jantung.

3. Hindari Menunda Buang Air Kecil

Hindari Menahan BAK

Hindari Menahan BAKimages : 1health(dot)id

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh beberapa ahli kesehatan jantung mengatakan bahwa salah satu cara untuk mencegah akan resiko penyakit jantung adalah dengan segera melakukan buang air kecil jika kita ingin buang air kecil.

4. Jangan Terlalu Lama Duduk

duduk

Jangan Lama Duduk images : coalcreekpt(dot)com

Cara pencegahan selanjutnya adalah dengan menghindari duduk yang terlalu lama. Pasalnya menurut para peneliti mengungkapkan bahwa duduk sekitar 8 jam per harinya akan dapat meningkatkan resiko jantung, kanker dan diabetes mencapai 40 persen. Selain itu peneliti juga menyarankan agar seseorang tidak duduk lebih dari 4 jam per harinya.

5. Jalan Kaki Sekitar 30 Menit

jalan-kaki

Jalan Kaki 30 Menitimages : runnerunleashed(dot)com

Untuk memiliki tubuh yang sehat  dan terhindar dari resiko jantung, usahakanlah untuk dapat melakukan olahraga secara rutin. Olahraga yang dapat kamu lakukan tidak perlu dengan olahraga berat.

Kamu hanya perlu melakukan jalan kaki pada setiap harinya kurang lebih 30 menit. Dengan jalan kaki ini merupakan olahraga termurah dan termudah yang akan dapat membuat tubuh menjadi sehat.

Baca : Manfaat Jalan Kaki dengan Cepat

6. Konsumsi Yoghurt

yogurt

Konsumsi Yogurtimages : guardian(dot)ng

Pada yogurt memiliki manfaat yang baik salah satunya untuk membantu dan melancarkan tekanan darah, khusus untuk penderita tekanan darah tinggi dan penyakit jantung

7. Makan-makanan yang berjenis Kacang-kacangan

kacang-kacangan

Konsumsi Kacang-kacanganimages : wisatakuliner(dot)com

Dengan mengkonsumsi makanan jenis kacang-kacangan dapat meningkatkan kadar kolestrol baik yang ada pada tubuh. Anda dapat menikmatinya sambil bersantai dengan keluarga ataupun teman. Dalam kacang kacangan terdapat protein dan omega 3 yang cukup tinggi yang baik untuk tubuh terutama menyehatkan jantung.

8. Jangan Konsumsi Alkohol

stop-alkohol

Jangan Konsumsi Alkoholimages : curejoy(dot)com

Alkohol adalah penyebab bahaya bukan hanya pada jantung namun dapat menyebabkan penyakit-penyakit lainnya diantaranya anemia, kanker,depresi,asam urat dan penyakit – penyakit lainnya.

loading...

Nah itulah beberapa cara mudah dan murah yang bisa kamu coba untuk mencegah resiko serangan jantung. Selain cara diatas jangan lupa untuk Anda selalu mengecek tekanan darah dan menghindari untuk mengkonsumsi minyak jenuh serta menghindari minuman berkafein. Semoga bermanfaat …

Baca Juga