Cara Mencegah Terserangnya Penyakit Demam Berdarah

Nov 13 2016 - 11:35am
loading...

Demam berdarah tentu sudah sangat anda kenal sebagai salah satu penyakit yang bahkan bisa mewabah hingga satu daerah terjangkiti semuanya. Penyakit Demam berdarah ini memang tergolong penyakit yang menular dan cara penularannya ini melalui gigitan nyamuk Aides Aiygepty yang bisa menyebabkan daya tahan tubuh hingga trombosit siapapun yang terkena nya akan menurun drastis. Demam berdarah ini bisa menjangkiti semua orang, mulai dari balita hingga dewasa.

Adapun untuk gejala dari penyakit demam berdarah ini adalah demam yang tidak kunjung reda, hingga demam tersebut menyebabkan menggigil dan kulit si penderita akan nampak bintik – bintik merah dipermukaannya.

Selain itu banyak hal yang bisa menjadi penyebab dari penyakit demam berdarah ini. Mulai dari faktor kebersihan, hingga lingkungan sangat memiliki andil besar. Berikut ini adalah beberapa cara mencegah diri dan keluarga dari terserangnya penyakit demam berdarah yang bisa anda ketahui.

Cara Mencegah Terserangnya Penyakit Demam Berdarah

1. Cegah genangan air disekitar anda

Yang pertama adalah dengan menutup atau menghilangkan tempat – tempat yang berpotensi menimbulkan genangan air. Hal ini dikarenakan demam berdarah ini sendiri disebabkan karena adanya gigitan nyamuk Aides Agypti.

Untuk bisa mencegah nyamuk ini berkembang biak, maka genangan – genangan air ini sebaiknya anda kubur atau musnahkan. Menutup genangan air dirumah seperti bak mandi, jambangan, dll juga merupakan salah satu cara yang disarankan.

2. Balikan wadah – wadah kosong penampung air

Selain itu, membalikan wadah – wadah kosong yang bisa berpotensi menampung air ini sendiri juga merupakan salah satu hal yang mudah untuk membantu mencegah terjadinya penyakit demam berdarah, karena hal ini akan meminimalisir nyamuk penyebab DB ini tumbuh dan berkembang biak.

3. Gunakan obat nyamuk oles atau bakar

Selain itu, obat nyamuk oles dan bakar juga merupakan salah satu cara yang bisa menjadi hal yang mampu mencegah diri dari terserangnya penyakit demam berdarah yang disebabkan karena adanya gigitan nyamuk ini. Anda bisa menggunakan obat nyamuk ini pada waktu siang atau bahkan malam hari.

4. Meletakan tanaman tulsi di dekat jendela

Tanaman Tulsi

Contoh Tanaman Tulsi

Ini merupakan salah satu cara alami lainnya yang bisa anda pergunakan untuk membantu mengatasi demam berdarah ini. Tanaman tulsi ini merupakan salah satu jenis tanaman yang memiliki kemampuan untuk mencegah nyamuk berkembang biak. Sebaiknya letakan tanaman tulsi ini di rumah anda di bagian dekat jendela yang merupakan salah satu akses utama nyamuk untuk masuk.

5. Meletakan kamper atau kapur barus

Tentu saja cara lainnya selain menjaga kebersihan lingkungan, cara yang satu ini juga merupakan salah satu hal yang  bermanfaat untuk menjauhkan nyamuk. Bakar kapur barus ini disebuah ruangan dan tutuplah jendela serta pintunya rapa – rapat. Dan setelah 15 menit, ruangan anda akan terbebas dari nyamuk. Termasuk nyamuk penyebab demam berdarah.

Itulah beberapa hal yang bisa anda coba untuk mencegah terjadinya penyakit demam berdarah. Semoga bermanfaat …

loading...

Baca Juga :

Baca Juga