loading...

8 Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi Secara Aman Dan Benar (#Bunda Harus Tahu)

loading...

Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi – Mengalami cegukan untuk orang dewasa mungkin bukan hal yang sulit disembuhkan, karena sudah biasa dan dapat segera diatasi. Namun jika terjadi pada bayi yang baru lahir atau masih beberapa bulan tentu membuat panik para orang tua dimanapun.

Jika bayi Anda mengalami cegukan, sebenarnya tidak perlu khawatir yang berlebih ya. Walaupun cegukan pada bayi adalah sesuatu yang sering terjadi, dan biasanya ketika masih berusia dibawah satu tahun tetapi cegukan bukanlah indikasi dari penyakit yang serius.

Seringkali penyebab cegukan pada bayi karena menangis, sedang disusui dan sedang marah. Atau secara medis cegukan disebut juga dengan singultus, penyebabnya antara lain terlalu banyak mengonsumsi makanan, masuknya udara ketika bayi mengunyah makanan.

Dan pada bayi umumnya cegukan dikarenakan mengisap udara yang berlebih ketika menyusu. Dan dengan cegukan ini sebagian orang tua berfikir jika ini mengganggu, tetapi sebenarnya hal tersebut tidak begitu mengganggunya. Karena selama cegukan tidak memengaruhi kegiatan sehari-harinya, maka akan hilang dengan sendirinya.

Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi

Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi

Meskipun cegukan merupakan hal yang sering terjadi pada bayi dan akan hilang dengan sendirinya. Untuk sebagian orang tua tentu memikirkan bagaimana caranya mengatasi cegukan pada bayinya. Karena jika cegukan tersebut dibiarkan saja, ditakutkan juga menjadikan bayi muntah, batuk-batuk atau rewel. Untuk itu ikutilah beberapa cara mengatasi cegukan bayi dengan aman dan benar berikut.

Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi

Ketika bayi Anda mengalami cegukan jangan panik, ada beberapa cara yang dapat dilakukan dengan aman dan benar bagaimana cara mengatasi cegukan pada bayi yang bisa dilakukan sendiri dirumah.

Seringkali bayi yang mengalami cegukan membuatnya menangis terus, maka Anda sebaiknya menenangkan terlebih dahulu. Menenangkan disini bisa dengan Anda bedong dengan kain lembut agar bayi menjadi tenang. Selain dengan bedong Anda juga bisa menenangkan bayi dengan cara mengayunnya dengan gerakan pelan dan konstan, ini membuat bayi tentu merasa nyaman dan menjadi tenang. Lalu setelah tenang, Anda dapat melakukan cara dibawah ini untuk mengatasi cegukan pada bayi.

1.Mengubah Posisi Menyusui

Mengubah Posisi Menyusui

Mengubah Posisi Menyusui

Pada saat Anda menyusui bayi, bisa jadi udara juga ikut masuk ke mulut bayi, hal tersebut bisa menjadi sebab terjadinya cegukan. Untuk mengatasi cegukan pada bayi yang masih dibawah satu tahun, dapat dengan mengubah posisi menyusui.

Kemudian jika sudah mengubah posisi menyusui kemungkinan besar udara tidak masuk lagi bersamaan dengan ASI. Jika setelah mengubah posisi menyusui cegukan pada bayi Anda tidak berhenti, maka berhentilah sebentar kegiatan menyusui. Karena bisa jadi dengan tetap menyusui dan bayi Anda masih cegukan akan membuatnya tersedak ASI.

2.Ubah Posisi Anda Saat Menyusui

Sebaiknya Anda juga mengecek posisi menyusui, apakah sudah benar atau belum. Posisi menyusui bayi yang tepat yaitu puting beserta aerola (bagian kulit puting yang warnanya lebih gelap dan melingkari puting) masuk dengan benar ke mulut bayi, disertai perut bayi berhadapan langsung dengan perut Anda. Dengan mengubah posisi menyusui, diharapkan bayi dapat secara perlahan menerima ASI dengan benar dan bisa mengatasi cegukan yang terjadi.

3.Buat Bayi Menjadi Tenang

Buat Bayi Menjadi Tenang

Buat Bayi Menjadi Tenang

Selain dengan mengubah posisi menyusui dan mengubah posisi Anda dalam menyusui bayi, buatlah bayi menjadi tenang. Karena terkadang bayi terlalu semangat dan tidak tenang. Maka lakukan dengan menenangkan bayi, seperti dengan menggosok punggung bayi dengan lembut dan perlahan-lahan sehingga membuatnya lebih tenang dan diharapkan dapat menghilangkan cegukan. Cek pula, apakah ada bekas gigitan nyamuk, sehingga membuatnya rewel.

Selain dengan menggosok punggung bayi, dalam menenangkan bayi dapat pula dengan cara bernyanyi. Coba Anda nyanyikan lagu yang temponya lambat dengan suara yang lembut. Karena tubuh manusia merespons suara dengan menyamakan denyut jantung dan juga indera perasa sesuai dengan tempo musik atau lagu yang didengar.

Bayi dapat merasakan suara yang lembut sehingga membuatnya menjadi lebih tenang. Sehingga bisa membantu untuk menghilangkan cegukan yang dia alami.

4.Beri Sesuatu Yang Dapat Diisap Bayi

Beri Sesuatu Yang Dapat Diisap Bayi

Beri Sesuatu Yang Dapat Diisap Bayi

Untuk mengatasi cegukan pada bayi, Anda juga bisa memberikan bayi sesuatu yang bisa diisap seperti dot atau jari. Dengan mengisap jari ataupun dot maka Anda telah melakukan relaksasi yang baik pada bayi. Memberikan dot dapat dilakukan selama tetap dalam pengawasan orang tua. Hal ini selain bertujuan membuat bayi tenang juga bisa mengatasi cegukan pada bayi yang aman dan mudah.

5.Tunda Memberi Makan Sebentar

Ketika bayi mengalami cegukan, maka sebaiknya menunda terlebih dahulu untuk memberi makan. Hal ini bertujuan agar bayi untuk tenang dan rileks terlebih dulu. Tetapi jangan terlalu lama menunda memberikan makan, karena apabila lama dapat membuat bayi Anda menjadi rewel atau menangis.

6.Jangan Lakukan Hal Berikut

Pada saat bayi Anda cegukan, maka jangan lakukan cara tradisional berikut untuk mengatasi cegukannya. Yaitu jangan mengejutkan bayi, jangan menekan pelan di kelopak matanya, jangan menarik lidah sampai bahkan menekan bagian ubun-ubun bayi. Karena cara-cara tersebut bukanlah cara yang direkomendasikan oleh dokter dan belum ada bukti yang efektif.

7.Peluk Bayi

Peluk Bayi

Peluk Bayi

Untuk cara mengatasi cegukan pada bayi berikutnya adalah dengan memeluknya. Memeluk bagi yang baru lahir atau masih berumur dibawah satu tahun dapat memberikan ketenangan tubuh si bayi. Peluklah dengan pelan dan lembut dalam beberapa menit, sehingga besar kemungkinan cegukannya akan hilang dengan sendirinya.

8.Berilah Makan Sedikit Demi Sedikit

Berilah Makan Sedikit Demi Sedikit

Berilah Makan Sedikit Demi Sedikit

Jika bayi Anda sudah bisa mengonsumsi makanan pendamping ASI. Untuk menghindari terjadinya cegukan, maka berilah makanan dengan sedikit demi sedikit dan secara perlahan. Karena dengan cara ini, bayi Anda tidak terburu-buru ketika harus menelannya. Apabila cegukan yang dia alami menyebabkan muntah-muntah maka segeralah untuk membawanya ke dokter. Hal ini mengidikasikan jika bayi sedang ada masalah dengan perutnya. Selain itu berilah lebih sering ASI, karena manfaat ASI sangat penting untuk bayi.

Itulah beberapa cara mengatasi cegukan pada bayi secara aman dan benar yang bisa Anda lakukan sendiri dirumah. Sebenarnya cegukan pada bayi dapat sembuh dengan sendirinya biasanya ketika bayi tertidur dan ketika bayi Anda nanti semakin bertambah usia cegukan tersebut tidak akan muncul lagi. Hal tersebut karena sistem dalam tubuhnya sudah seimbang dan semakin meningkat.

Bayi yang cegukan adalah hal biasa. Tetapi pada beberapa bayi, cegukan tersebut bisa mengganggu sistem pernapasan normalnya. Dan jika cegukannya disertai dengan batuk, rewel atau meludah maka segeralah berkonsultasi dengan dokter anak.

Dan juga untuk waspada terhadap cegukan yang tidak terkendali atau terjadi secara terus-terusan ketika sudah berumur lebih dari satu tahun keatas ini bisa jadi tanda adanya penyakit yang lebih serius.

Cegukan adalah reaksi yang secara fisik dan munculnya tiba-tiba. Di bayi beberapa penyebabnya adalah ketika sedanga menyusu. Walaupun begitu, Anda harus memperhatikan cegukan yang terjadi apakah berlangsung lama, terlalu sering atau diluar kewajaran. Karena jika sudah begitu sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter mengenai kondisi bayi Anda. Semoga bermanfaat


ladyfem

Silakan Baca Juga:

Loading...
loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to 8 Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi Secara Aman Dan Benar (#Bunda Harus Tahu)