loading...

Penyebab, Gejala, dan Cara Ampuh Mengatasi Hemoglobin Rendah Saat Hamil

loading...

Hemoglobin rendah saat hamil adalah satu dari beberapa gangguan kehamilan yang kerap mendera ibu hamil muda. Dimana saat kondisi ini terjadi, mereka akan cepat lelah, lesu, dan kurang bergairah. Dengan gajala seperti itu, maka banyak orang pun mengaitkan gangguan ini dengan penyakit anemia. Dimana keduanya memiliki gejala yang sama satu dengan yang lainnya.

Oya, fungsi dari hemoglobin sendiri adalah untuk memberikan oksigen pada darah. Dimana oksigen dan darah tersebut akan mengalir sampai ke organ pernapasan dan berbagai organ-organ dalam tubuh lainnya.

Untuk itulah, sangat dianjurkan untuk menjaga kadar hemoglobin dalam tubuh, baik itu dalam keadaan hamil atau pun normal sekali pun.

Penyebab Berkurangnya Hemoglobin Dalam Tubuh

Pada dasarnya, penyebab dari hemoglobin rendah saat hamil itu sangatlah banyak. Nah, adapun penyebab dari berkurangnya hemoglobin sendiri adalah:

  • Kelelahan yang berlebihan

Saat ibu hamil melakukan aktivitas yang berlebih, mereka akan mengalami kelelahan. Dan jika sudah mengalami kelelahan, umumnya mereka akan mengalami penurunan kadar hemoglobin dalam tubuh.

  • Kekurangan nutrisi

Kekurangan asupan nutrisi adalah salah satu dari beberapa penyebab hemoglobin yang rendah. Pada kondisi seperti ini, penderita umumnya kekurangan nutrisi berupa vitamin B12, asam folat, zat besi, dan berbagai nutrisi lainnya.

  • Pendarahan saat hamil

Saat terjadi pendarahan, umumnya volume darah yang keluar akan dibarengi dengan hemoglobin di dalamnya. Dengan kata lain, saat pendarahan ini terjadi, maka hemoglobin rendah pasca pendarahan akan saat mungkin terjadi.

  • Dehidrasi saat hamil

Saat kondisi seperti ini, maka hemoglobin dalam sel darah merah akan berkurang. Dan jika dibiarkan, maka kadar hemoglobin dalam sel darah merah tersebut akan menurun dan berkurang. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi air putih saat kondisi hamil.

Gejala Kekurangan Hemoglobin Saat Hamil

Berikut adalah beberapa gejala yang bisa dikenal dari ibu hamil yang mengalami kekurangan hemoglobin :

  1. Ibu hamil akan kehilangan kesadaran dan pingsan.
  2. Timbulnya rasa pusing dalam intensitas yang cukup tinggi.
  3. Sering lelah.
  4. Penderita hemoglobin rendah saat hamil umumnya akan memiliki tingkat konsentrasi yang rendah.
  5. Dalam kondisi terparah, penderita umumnya akan mengeluarkan kotoran yang bercampur darah saat BAB.
  6. Sesak nafas dan detak jantung meningkat.

Cara Mengatasi Hemoglobin Rendah Saat Hamil

Pada dasarnya, untuk mengatasi kurangnya hemoglobin itu haruslah disesuaikan dengan penyebab itu sendiri. Maka dari itu, sebelum melakukan penanganan, ada  baiknya untuk melakukan diagonosa dan mencari tahu apa penyebab dari penurunan kadar hemoglobin dalam darah. Setelah menemukan penyebabnya, barulah mulai untuk melakukan penangnan.

Nah, adapun penanganan yang paling sering dilakukan untuk masalah ini adalah:

  1. Melakukan konsultasi ke dokter.
  2. Menambah asupan makanan yang mengandung asam folat, vitamin B12, vitamin C, dan beberapa nutrisi lain yang membantu meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah.
  3. Kurangi aktivitas yang berat.
  4. Istirahat yang cukup.
  5. Melakukan olah raga ringan secara rutin.

Oya, cara mencegah hemoglobin rendah saat hamil diatas haruslah selalu dalam pengawasan dokter. Hal ini dilakukan untuk mencegah timbulnya masalah baru pasca melakukan cara-cara diatas.

Disamping itu, dengan melakukan konsultasi pada dokter kandungan, ada kemungkinan Anda akan diberikan obat yang berguna untuk mencegah kekurangan hemoglobin itu sendiri.


ladyfem

Baca Juga Tips Lainnya :

Loading...
loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to Penyebab, Gejala, dan Cara Ampuh Mengatasi Hemoglobin Rendah Saat Hamil