Cara Mudah Mengatasi Hidung Mampet

Nov 10 2016 - 7:30am
loading...

Tips Mudah Mengatasi Hidung Mampet – Ketika terjadi perubahan cuaca misalnya dari musim panas kemusim penghujan, kerap membuat daya tahan tubuh belum siap menerima perubahan tersebut terutama ketika musim penghujan kita kerap mengalami masalah yang pada umumnya terjadi yaitu hidung tersumbat atau mampet.

Hidung mampet ini disebabkan karena lendir yang berlebih didalam rongga hidung sehingga membuat kita sulit untuk bernapas. Hal ini berdampak buruk pada kondisi yang lain karena memiliki efek samping seperti pusing, kepala pening, hingga batuk.

Baca : Obat herbal untuk mengatasi batuk berdahak

Untuk mengatasi hidung mampet dan sebelum anda memutuskan untuk mengkonsumsi obat-obatan, ada baiknya anda menggunakan beberapa cara alami dibawah ini yang cukup efektif dan ampuh untuk mengatasi hidung mampet diantaranya sebagai berikut.

Tips dan Cara Mudah Mengatasi Hidung Mampet

  1. Menghirup Uap Air Panas

Uap panas yang keluar dari air mendidih dipercaya dapat meringankan hidung mampet yang anda alami. Meskipun tergolong aneh tetapi cara ini cukup ampuh dan efektif.

  1. Kompres Hangat Diatas Hidung

Selain menghirup uap panas, anda juga bisa menggunakan kain basah yang dimasukkan dekalam air panas kemudian tempelkan pada batang hidung secara menyeluruh dengan posisi berbaring. Rasakan hangat yang keluar dari handuk tersebut maka akan membuat anda bisa bernapas lebih lega.

  1. Menghirup Inhaler, Balsem atau Minyak Angin

Gunakan bau-bauan yang dapat menghangatkan seperti balsem, minyak angin atau inhaler. Ketiga benda ini mengandung mentol dan kamper yang dipercaya dapat mengobati hidung tersumbat. Anda bisa membeli ketiga benda tersebut di apotek ataupun warung-warung dekat rumah.

  1. Makan Makanan Panas

Ketika anda pilek, sebisa mungkin hindari berbagai jenis makanan dingin dan beralihlah konsumsi makanan yang panas. Hidung tersumbat dikarenakan ingus yang mengental da menggumpal sehingga sulit untuk dikeluarkan. Untuk mengencerkannya kembali, anda bisa menggunakan makanan yang panas dan pedas. Dengan begitu maka akan sedikit mernagsang perlendiran yang akan membuat ingus menjadi encer dan keluar.

  1. Tidur Setengah Duduk

Bagi yang mengalami hidung mampet, posisi yang tepat untuk tidur yaitu tidur setengah duduk karena jika dengan posisi berbaring? Maka akan memperparah pilek anda. Untuk itu, buat posisi kepala lebih tinggi dari badan dengan cara meletakkan bantal dibawah leher hingga posisi terlihat setengah duduk. Posisi ini akan mengurangi penumpukan aliran darah pada hidung sehingga dapat mengatasi hidung tersumbat.

  1. Jangan Membuang ingus Kuat-kuat

Penyebab hidung tersumbat yaitu karena flu yang disertai keluarnya ingus. Untuk membuang ingus didalam hidung, lakukan secara lembut mulai dari sisi kiri hingga sisi kanan secara bergantian. Jangan buang ingus terlalu kuat karena akan membuat lapisan dalam hidung mengalami peradangan yang justru akan membuat hidung mampet anda semakin parah.

loading...

Baca Juga Tips Lainnya :

Baca Juga