loading...

10 Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Orang Dewasa (100% Alami)

loading...

Cara Mengatasi Perut Kembung – Perut kembung merupakan suatu gangguan pada pencernaan yang mana orang yang menderita merasakan perutnya tidak nyaman karena rasanya seperti penuh, kencang. Selain itu perut yang kembung dapat terlihat membesar.

Kondisi perut kembung seperti ini pada umumnya terjadi pada setiap orang baik pada anak-anak atau orang dewasa. Dan jika Anda mengalaminya tentu sangat mengganggu pekerjaan atau aktivitas lainnya.

Ada beberapa penyebab munculnya keluhan perut kembung, antara lain adalah:

  • Makan terlalu cepat
  • Menelan udara, ketika makan ataupun ketika minum air
  • Sembelit
  • Dan lain sebagainya

Perut kembung seringkali muncul karena mengunsumsi makanan yang berlebih. Yang menyebabkan perut menjadi tidak nyaman, sering sendawa, nyeri di perut. Makanan yang sering menyebabkan kembung pada perut adalah seperti gorengan, makanan berlemak, dan juga minuman bersoda, berkarbonasi, bir, anggur merah dan lainnya.

Selain itu makanan yang menyebabkan perut kembung antara lain mengonsumsi makanan kemasan yang banyak didalamnya terkandung laktosa seperti pada roti, sereal dan salad. Untuk minuman adalah ketika mengonsumsi produk susu yang mengandung laktosa berlebih.

Cara Mengatasi Perut Kembung

Cara Mengatasi Perut Kembung

Penyebab perut kembung salah satunya karena menelan udara, maksudnya adalah pada saat udara yang tertelan karena seperti memakai kipas angin dalam waktu lama, kemudian udara akan masuk pada pencernaan, lalu dilepaskan melalui pembuangan angin atau kentut. Apabila jumlahnya berlebihan, maka risikonya adalah membuat perut kembung.

Perut kembung tentu bisa mengganggu aktivitas sehari-hari Anda, sehingga dibutuhkan segera penanganan masalah ini. Untuk itu ikutilah ulasan dibawah ini dengan seksama agar Anda bisa mengatasi masalah perut kembung ini.

Cara Mengatasi Perut Kembung

Untuk mengatasi perut kembung ada beberapa cara atau tips yang dapat Anda lakukan. Cara yang kami berikan ini merupakan cara alami sehingga dapat menguarngi bahaya bahan kimia seperti pada obat-obatan.

1.Mengonsumsi Jahe

Mengonsumsi Jahe

Mengonsumsi Jahe

Jahe adalah jenis rempah-rempah yang telah dikenal lama oleh masyarakat Indonesia, yang mana pada jahe memiliki kandungan bahan aktif, gingerol dan shogaols yang manfaatnya dapat membantu mengatasi atau mengurangi peradangan pada usus.

Dengan mengonsumsinya maka manfaat jahe dapat mengurangi jumlah tumpukan gas di usus, yang tentu saja dapat meredakan perut kembung yang Anda derita. Selain itu jahe bisa buat minuman dalam menghangatkan tubuh, dengan tubuh yang hangat, sehingga akan mengeluarkan banyak keringat. Efeknya adalah perut menjadi tenang dan nyaman serta bisa melancarkan pencernaan. Untuk mengunakan jahe sebagai obat perut kembung, ikut cara berikut.

  • Sediakan jahe 1 buah, kemudian bakarlah dalam api sebenar sampai terlihat gosong
  • Kemudian tumbuk agar menjadi lempengan
  • Lalu buatlah minuman jahe dengan menambahkan gula jawa, aduk hingga gula terlarut sempurna
  • Minum wedang jahe dengan kondisi masih panas secara perlahan-lahan agar keringat di tubuh mulai keluar dan perut kembung dapat terobati

2.Mengonsumsi Jeruk Nipis

Jeruk nipis juga dapat digunakan untuk mengobati perut kembung. Kandungan vitamin C yang banyak pada jeruk nipis bisa membuat perut yang kembung menjadi sembuh. Untuk memanfaatkan jeruk nipis sebagai obat, berikut caranya.

  • Sediakan jeruk nipis 1 buah kemudian belah menjadi dua bagian
  • Kemudian peras jeruk nipis dan ambil airnya taruh dalam gelas
  • Lalu buatlah minuman jeruk nipis dengan menambahkan air hangat
  • Minumlah sampai habis agar perut kembung Anda dapat segera sembuh

3.Minum Teh Manis Hangat

Minum Teh Manis Hangat

Minum Teh Manis Hangat

Untuh teh yang digunakan dalam mengobati perut kembung sebaiknya adalah teh hijau atau teh hitam. Anda dapat dengan mudah membuatya, yaitu

  • Siapkan teh hijau atau teh hitam dan buatlah minuman teh dengan campurkan satu sendok makan madu dan sedikit perasan jeruk nipis
  • Kemudian minum secara perlahan agar kondisi perut menjadi nyaman dan tidak kembung lagi.

4.Menggunakan Daun Pepaya

Menggunakan Daun Pepaya

Menggunakan Daun Pepaya

Untuk mengatasi perut kembung dapat pula menggunakan bahan alami dari daun pepaya. Pada daun pepaya terdapat rasa pahit yang bisa membantu Anda mengobati perut kembung karena masuk angin atau hal lain. Untuk memanfaatkan daun pepaya sebagai obat perut kembung, lakukan cara berikut.

  • Sediakan daun pepaya muda kemudian rebuslah dan ambil airnya
  • Taruh air daun pepaya dalam gelas dan tambahkan sedikit madu agar mengurangi rasa pahit
  • Kemudian Anda dapat meminumnya dalam kondisi hangat agar perut kembung segera ter atasi.

5.Minum Jus Jeruk

Minum Jus Jeruk

Minum Jus Jeruk

Jeruk juga dapat membantu mengatasi masalah perut kembung karena masuk angin. Karena dalam jeruk memiliki kandungan vitamin C yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan juga mengatasi masuk angin pada perut. Untuk menggunakan jeruk dalam mengatasi perut kembung, berikut caranya.

  • Sediakan jeruk segar kemudian kupas dan peras dan ambil airnya dalam gelas
  • Kemudian buatlah jus jeruk dengan menambahkan sedikit gula putih
  • Setelah itu minumlah jus jeruk dalam kondisi belum makan dan tidak mengonsumsi makanan terlebih dahulu
  • Dengan minum jus jeruk maka dapat membantuk meningkatkan keasaman dalam lambung dan juga untuk pencernaan yang lebih baik.

6.Minum Air Putih

Minum Air Putih

Minum Air Putih

Cara lain untuk mengatasi perut kembung secara alami adalah dengan minum air putih yang banyak. Ada anggapan bahwa dengan banyak minum air menjadikan perut kembung, sebenarnya tidak demikian.

Untuk meringankan perut kembung, Anda dapat minum air putih lebih banyak dari biasanya. Tetapi jangan sekaligus dalam meminumnya, baiknya bagilah menjadi 1 gelas secara rutin setiap 1 jam atau 2 jam sekali.

7.Mengurangi Konsumsi Lemak

Mengonsumsi lemak yang terlalu banyak maka membuat beban kerja usus lebih berat dalam mencernanya. Karena pada dasarnya lemak lebih lama dicerna oleh tubuh kita. Untuk itu, ketika Anda mengalami perut kembung, sebaiknya jangan mengonsumsi makanan berlemak terlebih dahulu, yang secara khusus adalah lemak yang digoreng dengan minyak.

8.Mengurangi Minum Susu

Untuk Anda yang mengalami perut kembung karena minum susu. Maka sebaiknya mulai sekarang mengurangi mengonsumsinya. Karena didalam susu mengandung laktosa yang dapat menyebabkan perut kembung. Gantilah dengan produk olahan susu, seperti yoghurt.

9.Berolahraga

Berolahraga

Berolahraga

Dengan melakukan olahraga secara rutin maka dapat mencegah atau menghilangkan gas yang banyak dalam tubuh. Lakukanlah olahraga seperti jogging setiap harinya minimal 30 menit agar tubuh tetap kondisi fit dan semangat. Sehingga dapat terhindar dari berbagai penyakit yang termasuknya adalah perut kembung.

10.Mengurangi Merokok

Seperti yang kita ketahui bahwa merokok sering dihubungkan dengan gangguan pada perut, nyeri pada ulu hati dan masalah pencernaan lainnya. Dengan merokok, maka jumlah udara yang Anda telan tentu lebih tinggi. Untuk itu mulailah mengurangi merokok agar terhindar dari penyakit. Dengan mengurangi atau berhenti merokok, Anda telah menerapkan pola hidup sehat yang dapat menghindarkan dari beberapa jenis penyakit akibat rokok seperti jantung, ginjal dan lain sebagianya.

Itulah beberapa cara mengatasi perut kembung yang bisa Anda terapkan secara mandiri tanpa membutuhkan obat-obatan kimia. Semoga dapat membantu dan bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.


ladyfem

Silakan Baca Juga:

Loading...
loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to 10 Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Orang Dewasa (100% Alami)