loading...

Cara Menghilangkan Dahak Di Tenggorokan Secara Alami (100% Manjur)

loading...

Cara Menghilangkan Dahak – Dahak seringkali ada atau muncul karena terganggunya jalur pernafasan yang hampir setiap orang pernak mengalaminya. Dengan adanya dahak ditenggorokan akan membuat sumbatan sehingga ketika bernafas akan terasa lebih susah.

Dahak diproduksi oleh paru-paru dan sistem pernapasan menuju paru-paru. Biasanya dahak akan keluar ketika Anda mengalami batuk. Seperti yang kita tau, jika batuk bisa saja diderita oleh siapapun baik anak kecil, orang dewasa maupun orang tua. Namun tidak semua batuk berdahak, adapula batuk yang tidak berdahak.

Dahak yang ada di tenggorokan sangat mengganggu pernapasan, karena nafas tersumbat oleh dahak. Dahak adalah cairan kental yang terdiri dari zat-zat seperti glikoprotein, lipid dan lainnya. Pada masing-masing orang yang akan berbeda komposisi dahaknya, karena hal ini sesuai dengan iklim pada suatu negara, sistem kekebalan tubuh dan kondisi seseorang.

Cara Menghilangkan Dahak

Cara Menghilangkan Dahak

Ketika Anda mengalami suatu infeksi atau sedang batuk hal yang sangat mungkin terjadi adalah adalah masalah pada sistem pernafasan atau sedang ada penyakit. Penyakit yang menjadi sebab munculnya dahak biasanaya asma, flu dan batuk berdahak. Jadi ketika didalam tenggorokan ada dahaknya, bisa jadi ada penyakit atau peradangan pada saluran pernafasan.

Selain flu, asma, batuk berdahak penyakit lain yang menyebabkan produksi dahak adalah bronkitis dan pneumonia. Didalam dahak, kandungan yang paling banyak adalah bakteri selain itu juga adanya pengelupasan bagian dari sel-sel yang mengalami peradangan.

Dahak yang berwarna kuning atau hijau dapat menjadi tanda bahwa Anda mengalami infeksi. Lalu bisa juga dahak mengandung darah dan jika ini terjadi ada Anda, maka merupakan suatu pertanda kondisinya berbahaya sehingga lebih baik untuk segera pergi ke dokter atau rumah sakit. Lalu bagaimana cara menghilangkan dahak pada tenggorokan secara alami? Yuk ikuti ulasan lengkapnya dibawah.

Cara Menghilangkan Dahak

Berikut ini beberapa cara menghilangkan dahak pada tenggorokan yang bisa Anda lakukan sendiri. Cara yang diberikan adalah berdasarkan bahan-bahan alami sehingga tanpa menggunakan bahan kimia atau obat-obatan. Silakan baca ulasan lengkapnya

1.Banyak Minum Air

banyak minur air menghilangkan dahak

banyak minur air menghilangkan dahak

Ketika tenggorokan banyak dahaknya maka yang sangat dianjurkan adalah dengan banyak minum air putih. Sebenarnya dengan adanya dahak didalam tenggorokan bisa jadi adalah cara tubuh kita atau sistem kekebalan tubuh untuk menangkal adanya penyakit. Sehingga untuk mengatasi dahak di tenggorokan agar segera hilang salah satunya adalah dengan mengonsumsi air putih.

Air sangat baik untuk memperlancar peredaran darah dan membantu meringankan fungsi sistem kekebalan tubuh manusia. Anda bisa menguonsumsinya secara rutin setiap selesai makan atau ketika beraktivitas. Minumlah air putih sebanyak 8 gelas atau 1 liter per hari atau lebih banyak. Kebutuhan akan air putih setiap orang tidak sama dikarenakan faktor usia, jenis kegiatan, gerak tubuh dan lain sebagainya. Tidak ada patokan resmi harus 1 liter setiap hari, jadi bisa lebih atau kurang. Penuhi kebutuhan air putih Anda sesuai dengan kecukupan atau kegiatan yang Anda lakukan.

2.Makan Makanan Pedas

Mengeluarkan dahak dalam tenggorokan juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan pedas. Makanan yang berbahan cabai, lobak dan lada sangat baik untuk mengeluarkan dahak dari tenggorokan Anda. Apabila Anda sering makan makanan pedas maka dahak dapat terkuras dan menjadikan tenggorokan terasa lega.

Cara mengeluarkan dahak dengan makanan pedas memang baik untuk mengatasi dahak didalam tenggorokan. Namun, Anda juga harus memperhatikan kadar atau porsinya jangan sampai melebihi kapasitas yang berujung pada kondisi tubuh atau menyebabkan masalah dalam metabolisme.

3.Minum Teh Hangat

minum teh menghilangkan dahak

minum teh menghilangkan dahak

Teh hangat yang diminum ketika masih dalam kondisi panas atau hangat sangat berpengaruh terhadap tenggorokan yang terdapat dahak didalamnya. Manfaat teh juga bisa mengobati kanker, Anda bisa minum teh hangat setiap hari agar dahak dapat dikeluarkan secara alami. Walaupun teh hangat hanya sebuah minuman, tetapi sangat baik untuk membantu mengeluarkan dahak. Minum teh hangat secara rutin setiap hari 3 kali sehari agar dahak di tenggorokan dapat segera teratasi.

4.Minum Teh, Lemon dan Madu

Campuran teh, lemon danmadu sangat efektif untuk mengeluarkan dahak dari saluran tenggorokan. Karena lemon sangat banyak mengandung vitamin C dan karena asam sedankan madu dapat membantu melegakan tenggorokan Anda. Untuk mengonsumsi campurah tiga bahan tersebut berikut cara membuatnya:

  • Sediakan teh, buah lemon segar dan sedikit madu
  • Belahlah buah lemon menjadi bagian kecil jangan diperas airnya
  • Kemudian buatlah teh hangat dalam cangkir, selanjutnya masukkan irisan lemon dan tambahkan madu murni tanpa perlu menambahkan gula
  • Lalu aduk hingga ketiga bahan tadi dapat tercampur dengan benar
  • Minum ketika dalam kondisi hangat agar dahak di dalam tenggorokan Anda bisa cepat keluar
  • Lakukan cara ini minimal 2 kali dalam sehari dan berturut-turut selama3 -6 hari

5.Ramuan Madu dan Jahe

Jahe adalah jenis rempah yang sangat berkhasiat untuk meningkatkan kesegaran, menghangatkan tubuh dan juga bisa dijadikan untuk diet secara alami dengan jahe. Kandungan jahe bisa meminimalkan gejala flu dan batuk berdahak dan juga melegakan sistem pernafasan. Untuk membuat ramuan jahe dan madu berikut ini cara yang bisa Anda lakukan.

  • Sediakan jahe 100gram yang sudah bersih dari kulitnya, lalu tumbuk atau parut dengan menambahkan 2 sendok madu
  • Kemudian masukkan bahan campuran jahe dan madu tersebut kedalam microwave selama 1 menit
  • Lalu keluarkan dari microwave dan seduhlah dengan air hangat ramuan tadi dalam cangkir
  • Minum ramuan jahe dan madu ini sebanyak dua kali dalam sehari selama 4 hari dan.
  • Anda bisa mengonsumsinya juga ketika dahak sudah hilang untuk menyehatkan badan

6.Berkumur Dengan Air Garam

Berkumur Dengan Air Garam

Berkumur Dengan Air Garam

Air garam juga bisa jadi pilihan untuk mengeluarkan dahak di dalam tenggorokan dan juga dapat mengobati sakit gigi secara alami. Anda bisa dengan mudah melakukan cara ini setiap hari dan tidak perlu mengonsumsi obat-obatan untuk menghilangkan dahak di tenggorokan. Cara membuatnya juga sangat mudah, yaitu:

  • Sediakan air hangat 1 gelas dan tambahkan setengah sendok teh garam
  • Kemudian aduk hingga garam larut kedalam air
  • Gunakan campuran bahan tadi untuk berkumur-kumur selama beberapa menit sambil menengadahkan kepala
  • Lakukan cara ini sebanyak 3 kali sehari agar hasilnya maksimal dan dahak di tenggorokan Anda dapat segera hilang

7.Ramuan Lada Dan Madu

Cara menghilangkan dahak di tenggorokan secara alami lainnya adalah dengan membuat ramuan lada dan madu. Lada adalah rempah yang dapat menghangatkan tubuh dan menghilangkan dahak secara alami. Cara membuatnya adalah:

  • Sediakan 1/2 sendok teh lada putih dan 1 sendok madu
  • Tumbuklah lada tadi sampai lembut dan tambahkan madu
  • Kemudian masukkan campuran bahan tadi kedalam microwave selama 20 detik-40 detik
  • Lalu seduhlah ramuan tersebut kedalam air hangat dalam cankir dan minumlah
  • Konsumsi ramuan ini selama 2-3 kali sehari, agar hasilnya maksimal maka Anda bisa mengonsumsinya selama beberapa hari berturut-turut.

Demikianlah diatas beberapa cara menghilangkan dahak di tenggorokan secara alami yang bisa Anda lakukan sendii dengan mudah dan tentu saja tanpa bahan kimia ata obat-obatan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel kami lainnya.


ladyfem

Silakan Baca Juga:

Loading...
loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to Cara Menghilangkan Dahak Di Tenggorokan Secara Alami (100% Manjur)