loading...

Cara Menghilangkan Komedo Membandel

caramediscom

Selain jerawat, komedo adalah masalah yang cukup menyebalkan. Gunakan cara-cara menghilangkan komedo ini, yuk!

Kemunculan komedo, terutama pada bagian hidung dan dagu bisa membuatmu terganggu karena kulitmu terlihat kasar atau tidak mulus. Komedo muncul karena minyak berlebih, tumpukan sel kulit mati, dan kotoran yang menumpuk pada pori-pori wajah. Ada dua macam komedo, yaitu komedo putih yang lebih mudah dihilangkan ketimbang komedo hitam. Walaupun sudah merasa rajin membersihkan komedo di wajahmu, apakah kamu merasa komedo terlalu rajin muncul lagi dan lagi? Kalau iya, sepertinya kamu perlu mecoba beberapa cara berikut ini untuk membasmi komedo yang membandel.

4 Cara Untuk Menghilangkan Komedo Secara Tuntas

Memakai Bubuk Kayu Manis

cara-menghilangkan-komedo

Source: glucoberryasli.com

Campurkan bubuk kayu manis dengan madu alami sebagai ramuan pembasmi komedo. Kayu manis membantu proses regenerasi kulit, sementara madu merupakan antibiotik alami untuk membunuh bakteri yang ada pada kulitmu. Komposisinya adalah 1 sendok makan bubuk kayu manis dicampur dengan 3 sednok makan madu alami, kemudian aduk rata. Setelahnya, langsung oleskan ramuan tadi ke seluruh wajah atau kamu bisa hanya berfokus pada spot-spot yang berkomedo. Biarkan ramuan tersebut bekerja efektif selama 15 – 20 menit, kemudian bilaslah wajahmu menggunakan air hangat.

Masker Putih Telur Legendaris

Penggunaan masker putih telur untuk menghilangkan komedo sudah digunakan secara turun-temurun sejak lama. Selain untuk menghilangkan komedo, masker putih telur bisa juga mengencangkan kulit wajahmu sehingga terlihat lebih awet muda. Cara penggunaan masker putih telur ini sangat mudah karena kamu hanya perlu menyiapkan sebutir telur, kemudian memisahkan bagian putih dan kuningnya. Gunakan putih telurnya saja dan kocok putih telur tersebut hingga mengembang. Selanjutnya, oleskan kocokan putih telur tadi pada wajahmu dan diamkan hingga kamu merasa masker tersebut sudah mengering sebelum dibilas menggunakan air hangat dan sabun supaya bau amisnya hilang.

Memanfaatkan Lidah Buaya

cara-menghilangkan-komedo

Source: familinia.com

Lidah buaya bisa digunakan untuk merawat rambut, wajah, dan kulit tubuh. Untuk wajah, salah satu manfaat baik dari lidah buaya adalah sebagai penghilang komedo. Pilihlah 1 batang lidah buaya, kemudian cuci bersih dan potong lidah buaya tersebut hingga keluar gel-nya. Aplikasikan gel lidah buaya pada bagian wajah yang berkomedo dan biarkan sekitar 15 menit. Setelahnya, kamu bisa membasuh wajahmu hingga gel lidah buaya tadi benar-benar terangkat bersih.

Menguapi Wajah dengan Air Panas

Komedo adalah penyumbat pori-pori pada wajah. Karenanya, untuk membersihkan komedo dari wajahmu bisa dilakukan dengan membuka pori-pori wajah. Bukalah pori-pori wajahmu menggunakan uap air panas. Siapkan sebuah baskom berisi air panas yang dicampur dengan 1 sendok makan garam. Tundukkan kepalamu di atas baskom tersebut dengan memberi jarak dari permukaan air ke wajah kira-kira 1 jengkal. Untuk lebih maksimalnya, kamu bisa menutup kepalamu dengan handuk supaya uap air panas tersebut benar-benar bekerja efektif pada wajahmu. Lakukan ini selama kurang lebih 10 menit, kemudian bersihkan wajahmu dari komedo-komedo yang keluar dari pori-pori yang terbuka.

Kamu bisa melakukan perawatan untuk menghilangkan komedo di atas seminggu sekali, tergantung dari seberapa parahnya kondisi komedo pada wajahmu.

cara-menghilangkan-komedo

Image source: anekatop10.com

Most popular articles related to Cara Menghilangkan Komedo Membandel