5 Cara Menghilangkan Panu dengan Cepat (100% Alami)

loading...

Cara menghilangkan panu – sejatinya mudah untuk dilakukan. Terlebih dengan banyak obat yang terbukti ampuh untuk menghilangkan bakteri penyebab panu, rasa-rasanya panu sudah bukan lagi perkara serius, karena sudah banyak obat yang bisa digunakan untuk menghilangkan masalah ini.

Ya, obat panu sendiri sudah banyak dijual di berbagai toko, apotek dan swalayan. Jika Anda punya panu, Anda tinggal beli obat tersebut, lalu pakai. Dengan hitungan hari, panu pun akan memudah dan hilang sepenuhnya.

Tapi perlu Anda tahu, di samping menggunakan obat panu, ada beberapa metode lain yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan panu, dan metode alami adalah satu diantaranya.

Metode alami sendiri adalah metode yang mengedepankan bahan-bahan alami sebagai obat dalam metode ini. Di samping lebih aman, bahan alami juga dinilai efektif karena mampu menghilangkan panu dalam hitungan hari. Tidak percaya dengan metode ini? Yuk simak bahasannya di bawah ini.

Cara Menghilangkan Panu Secara Alami

Perlu dicatat, cara menghilangkan panu dengan metode alami sendiri punya banyak tahapan cara, ada yang kasar, ada pula yang lembut. Untuk yang kasar, Anda akan mendapati metode yang menutut Anda untuk menahan rasa perih dalam penerapannya. Umumnya cara kasar ini dilakukan di tahap awal.

Pada tahap ini jamur akan disingkirkan dengan antibiotik yang terdapat pada bahan-bahan alami yang digunakan. Sedang untuk yang lembut sendiri adalah metode lanjutan. Tahap ini dikhususkan untuk mencegah pertumbuhan jamur setelah dihilangkan.

Bagaimana? Penasaran dengan penerapan keduanya? Yuk simak pembahannya di materi berikut:

1. Penggunaan bawang putih adalah salah satu cara menghilangkan panu yang cukup kasar, tapi efektif

bawang putih

Gunakan Bawang Putih

Ya, bawang putih sendiri mengandung antibiotik yang efektif untuk membunuh jamur penyebab panu. Sebab itu, dibanding bahan alami lain, bawang putih lebih banyak dipilih karena dinilai paling efektif dan cepat.

Cara menghilangkan panu dengan bawang putih juga dinilai mudah dan banyak digemari. Hal itu tergambar dari banyaknya masyarakat yang tertarik dan berkeinginan menerapkan metode ini. Lantas, bagaimana dengan Anda? Tidakkah tertarik dengan metode ini?

Nah, jika Anda tertarik dan ingin mencoba, Anda bisa terapkan tahapan cara menghilangkan panu berikut:

  • Siapkan beberapa siung bawang putih yang masih segar dan tidak busuk.
  • Jika sudah didapat, Anda bisa lanjutkan dengan memotong bagian tengah bawang putih (Pastikan daging dan cairan bawang putih keluar).
  • Setelah dipotong, Anda bisa lanjutkan cara ini dengan menggosokkan bawang putih ke area panu. Lakukan cara tersebut hingga beberapa menit sampai kondisi bawang kering.

Perlu diingat, cara menghilangkan panu ini akan menimbulkan rasa perih yang teramat sangat. Namun tak usah khawatir, rasa perih tersebut bersumber dari reaksi kulit akibat antibiotik yang bersinggungan dengan jamur.

Jika Anda tak kuat dengan rasa perih tersebut, Anda bisa menghentikan cara ini untuk sementara waktu. Jika rasa perih tersebut sudah hilang, Anda bisa lanjutkan cara ini sampai kulit memerah dan bawang mengering.

2. Di samping menggunakan bawang putih, Anda juga bisa menggunakan lengkuas dan garam sebagai obat pembasmi panu

cara menghilangkan panu

Gunakan Lengkuas & Garam

Sama halnya dengan cara di atas, cara menghilangkan panu dengan lengkuas juga dinilai kasar karena menimbulkan rasa perih yang tak kalah luar biasa. Sebab itu, untuk yang ingin menerapkan cara ini, baiknya siap-siap, karena Anda akan merasakan rasa perih yang teramat sangat.

Dalam lengkuas sendiri terdapat flavonoid, amilum dan kuersetin yang terbukti ampuh untuk mengatasi jamur dan bakteri.

Tapi sama halnya dengan antibakteri yang terdapat pada bawang putih, kedua zat ini pun akan menimbulkan rasa perih jika bersinggungan dengan jamur. Jadi bersiaplah untuk Anda yang ingin mencoba.

Nah, untuk Anda yang tertarik dengan metode ini, berikut kami paparkan cara menghilangkan panu dengan lengkuas dan garam selengkapnya:

  • Pertama, siapkan beberapa lengkuas dan 1 sendok garam (sendok teh).
  • Jika sudah, gunakan bagian belahan lengkuas untuk digosokkan ke panu. Penggunaan belahan sendiri bukan tanpa alasan. Di samping memudahkan metode, bagian ini juga mengandung flavonoid, amilum dan kuersetin yang relatif tinggi.
  • Sembari digosok dengan belahan lengkuas, Anda juga bisa menaburkan garam di sekitar panu untuk memaksimalkan proses.

Sama halnya dengan cara menghilangkan panu dengan bawang putih, jika Anda tak kuat dengan rasa perihnya, Anda bisa berhenti untuk sementara waktu dan  melanjutkannya jika sudah kembali siap.

3. Di samping kedua cara kasar di atas, Anda juga bisa menggunakan cara lembut dengan belimbing wuluh dan kapur sirih

Belimbing Wulu

Belimbing Wulu & Kapur Sirih

Konon banyak orang yang menggunakan belimbing wuluh dan kapur sirih untuk menghilangkan panu. Terlepas dari efektif atau tidaknya cara ini, namun penggunaannya yang dimana-mana bisa Anda jadikan rujukan kalau cara ini dinilai aman dan baik untuk penanganan panu.

Bagaimana, penasaran dengan cara ini, yuk simak tahapan cara menghilangkan panu yang lengkap berikut ini:

  • Pertama, siapkan belimbung wuluh yang masih segar dan beberapa kapur sirih yang sudah dilumatkan.
  • Setelah itu campurkan keduanya hingga jadi krim yang bisa dioleskan ke kulit.
  • Sesudah itu, oleskan krim tadi ke bagian kulit yang terkena panu, lalu diamkan hingga mengering.
  • Jika sudah, bersihkan bekas krim tadi dengan air bersih.

4. Jika cara menghilangkan panu di atas kurang efektif, Anda bisa gunakan jeruk nipis dan belerang untuk menghilangkan panu

cara menghilangkan panu

Jeruk Nipis & Belerang

Ya, kandungan vitamin C tinggi yang terdapat di jeruk nipis terbukti baik untuk menghilangkan panu. Di samping itu, kandungan mineral yang tinggi pada belerang juga berperan aktif dalam menyehatkan kulit dan membunuh jamur. Dengan perpaduan seperti itu, wajar kalau cara ini terkesan efektif dan baik untuk menghilangkan jamur penyebab panu.

Bukan Cuma itu, walau tergolong efektif, cara ini juga tidak menimbulkan rasa perih sebagai metode nomor 1 dan 2 sehingga banyak digemari dan diterapkan masyarakat.

Tapi, walau cara menghilangkan panu ini dinilai baik, pengadaan belerang sulit di beberapa daerah membuat cara ini ditinggalkan. Tapi terlepas daripada itu, cara ini sendiri tergolong mudah karena hanya menerapkan perawatan ringan untuk menghilangkan belerang.

Nah, adapun tahapan cara menghilangkan panu dengan belerang selengkapnya bisa Anda simak di bahasan berikut:

  • Pertama, siapkan beberapa belerang yang sudah ditumbuk dan jeruk nipis.
  • Sesudah itu campurkan keduanya hingga jadi krim untuk kulit.
  • Jika sudah, oleskan krim tersebut ke area kulit yang terdapat panu, lalu tunggu hingga mengering.

5. Jika Anda ingin cara yang lebih efektif dari nomor 3 dan 4, Anda bisa menggunakan jahe sebagai media pengusir panu

Jahe Merah

Jahe Merah

Ya, jahe sendiri banyak digunakan dalam cara menghilangkan panu zaman dulu. Konon, jahe adalah bahan yang efektif dan bagus untuk mengusir jamur penyebab panu. Walau demikian, rasa perih dan sakit akibat penggunaan jahe sendiri dinilai sangat buruk. Hal itu menempatkan metode ini sebagai salah satu metode kasar yang bisa digunakan dalam mengusir panu.

Terlepas dari semua hal di atas, jahe sendiri mengandung banyak zat aktif yang terbukti ampuh untuk mengusir panu.

Di samping kaya akan zat aktif, penggunaan jahe dalam cara menghilangkan panu juga dinilai mudah. Anda tak perlu melakukan upaya untuk metode ini. Cukup memotong jahe dan membalurkannya ke kulit, panu yang Anda miliki pasti hilang dan takkan kembali.

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba? Jika demikian, silahkan terapkan cara berikut ini:

  • Siapkan beberapa buah jahe yang masih segar.
  • Setelah itu belah secara vertikal (Pastikan cairan jahe keluar dan bisa digunakan).
  • Jika sudah, gosokkan jahe tersebut ke bagian kulit yang terdapat panu. Lakukan hingga jahe mengering.

Perlu dicatat, cara menghilangkan panu dengan jahe sendiri berakibat pada merahnya kulit dan munculnya kesan perih. Jika hal itu terjadi, Anda bisa hentikan perawatan sampai sekiranya siap untuk melanjutkannya kembali.

Nah, itulah ragam cara menghilangkan panu yang dinilai efektif. Pada penerapannya, cara-cara di atas ada yang menimbulkan kesan perih, dan ada pula yang tidak. Terlepas daripada itu, jika diterapkan dengan baik, cara ini akan memberikan hasil dalam 1 minggu. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba?

Baca juga:

loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to 5 Cara Menghilangkan Panu dengan Cepat (100% Alami)