loading...

3 Cara Menghitamkan Rambut Secara Alami (99% Ampuh)

loading...

Memiliki rambut yang hitam dan lebat adalah dambaan sebagian orang terutama bagi kaum wanita. Apalagi bagi seseorang yang memiliki rambut yang telah memerah dan berubah, anda bisa mencoba dengan cara yang alami untuk menjaganya mulai dari dini karena kalau sudah terlambat maka akan sedikit sulit mendapatkan hasil yang memuaskan jika menggunakan cara – cara yang alami.

Namun sebelum mencoba cara – cara alami berikut ini untuk menghitamkan rambut anda ketahui terlebih dahulu apa saja penyebab sehingga rambut anda tidak hitam (merah dan beruban), Berikut penjelasnya.

Penyebab Rambut Memerah dan Cepat Tumbuh Ubah :

  • Faktor Keturunan (Genetik)

Apabila sejak lahir anda telah memiliki rambut yang sudah merah atau beruban dari segi keturunan, Bisa dari ayah ibu ataupun kakek nenek maka cara alami berikut ini akan sedikit sulit untuk mendapatkan hasil maksimal namun tidak ada salahnya jika anda mencoba. Karena dengan mencoba dan berusaha bisa saja berubah asal tidak terlambat.

  • Terkena Sinar Matahari

Bagi anda yang berkerja banyak diluar rumah maka bisa jadi inilah penyebab salah satunya rambut anda tidak hitam kalau memang bukan dari faktor keturunan, Karena pada sinar matahari memiliki UVA dan UVB yang dapat mengurangi pegmen pada rambut anda sehingga rambut akan cepat memerah.

Baca Juga : Junk Food Meningkatkan Resiko Rambut Rontok

  • Penggunaan Sampo dan Gel Rambut yang Tidak cocok

Beberapa sampo tidak semua mengandung bahan yang alami ada sedikit tambahan bahan – bahan kimia bisa jadi karena rambut anda yang tidak cocok akan cepat memiliki rambut yang beruban, begitu pula dengan gel rambut jadi carilah sampo dan gel rambut yang cocok dengan rambut anda.

  • Sering Mewarnai Rambut

Bagi anda yang telah memiliki rambut yang hitam kemudian anda mewarnai dengan warna yang lain maka akan sangat berpengaruh untuk pertumbuhan rambut selanjutnya, Saran caramedis.com janganlah sering mewarnai rambut karena tidak baik untuk kesehatan rambut.

Diartikel sebelumnya sudah dibahas oleh caramedis.com apa saja penyebab rambut rontok berlebihan dan bagaimana cara mengatasi rambut rontok secara alami yang bisa juga dapat anda jadikan acuan untuk menghindari penyebab dan menjalankan cara mengobatinya.

Cara Menghitamkan Rambut Secara Alami

Setelah anda mengetahui penyebab – penyebab rambut memerah dan beruban yang telah dijelaskan diatas maka cepat dihindari dan cobalah cara alami dengan bahan – bahan yang mudah didapatkan di dalam dapur anda. Berikut ini bahan alami untuk menghitamkan rambut beserta tata cara penggunaanya :

1. Kemiri

Mengoleskan Minyak Kemiri

Mengoleskan Minyak Kemiri

Kemiri merupakan tumbuhan yang memiliki khasiat bagi kesehatan, salah satunya adalah kesehatan rambut. Berbagai produk minyak kemiri memang sudah banyak beredar di pasaran, namun harga dan kualitasnya belum tentu terjamin.

Sebenarnya anda pun bisa membuat minyak kemiri untuk rambut anda di rumah. Anda bisa melakukan perawatan rambut dengan minyak kemiri menggunakan minyak hasil buatan anda sendiri untuk membuat rambut anda hitam dan berkilau. Berikut ini ulasan mengenai cara membuat minyak kemiri untuk rambut hitam dan berkilau.

Mengapa minyak kemiri bagus untuk rambut ?

Kemiri memiliki berbagai jenis kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut. Minyak atsiri yang terdapat pada kemiri dapat mendorong percepatan regenerasi pada akar rambut.

Selain minyak atsiri, kemiri juga mengandung protein dan asam amino yang mampu menjaga kadar kelembaban pada kulit kepala sehingga menjamin siklus tumbuh dan matinya rambut secara teratur.

Asam amino juga mampu membuat rambut berkilau sesuai warna aslinya. Kemiri juga mengandung zinc dan fosfor, kedua zat inilah yang mampu membuat rambut tumbuh menjadi kuat dan tidak mudah rontok.

Setelah memahami beberapa kandungan yang ada pada kemiri, berikut ini adalah pembahasan mengenai cara membuat minyak kemiri untuk rambut hitam dan berkilau.

Cara membuat minyak kemiri untuk rambut hitam dan berkilau :

  • Cara membuat minyak kemiri untuk rambut hitam dan berkliau yang pertama adalah siapkan beberapa biji kemiri dan pilihlah yang berkualitas. Anda bisa menanyakannya kepada para penjual kemiri di pasar. Setelah itu tumbuk biji kemiri hingga halus sehingga menghasilkan bubuk kemiri.
  • Cara membuat minyak kemiri untuk rambut hitam dan berkilau berikutnya adalah masukkan tumbukkan kemiri ke dalam sebuah panci dan berikan sedikit air lalu rebuslah tumbukkan kemiri tersebut.
  • Langkah selanjutnya, diamkan rebusan bubuk kemiri hingga air menguap dan meninggalkan bubuk hingga mengeluarkan minyak. Cara membuat minyak kemiri untuk rambut hitam dan berkilau pada tahap ini memerlukan kesabaran, jangan tergesa-gesa mengangkat rebusan sebelum minyak keluar dari bubuk kemiri.
  • Langkah berikutnya, dinginkan hingga bubuk kemiri yang sudah mengeluarkan minyak menghangat.
  • Gunakan saringan untuk memisahkan bubuk kemiri dengan minyaknya. Pastikan tidak ada bubuk yang masih bercampur dengan minyak.
  • Langkah terakhir yaitu mempersiapkan botol khusus. Masukkan minyak kemiri pada sebuah botol khusus tersebut, minyak sudah siap digunakan dan simpan pada tempat yang bersuhu sedang.

Kemiri bisa anda dapatkan di pasaran. Jika anda ingin mencoba, biasanya cara membuat minyak kemiri untuk rambut tersebut perlu anda coba beberapa kali sebelum anda mendapatkan hasil yang maksimal.

Berikut ini langkah singkat menggunakan minyak kemiri :

  • Basahi rambut dengan air secara merata
  • Usapkan minyak kemiri ke seluruh bagian rambut hingga kulit kepala
  • Lakukan pijatan pada kulit kepala selama 10 hingga 15 menit
  • Diamkan minyak kemiri menempel di rambut selama 30 menit setelah selesai memijat.
  • Bilas dengan air bersih dan keramasi rambut
  • Diamkan rambu kering secara alami tanpa alat bantu
  • Lakukan cara ini dua hari sekali untuk hasil yang maksimal

2. Lidah Buaya

lidah buaya

Lidah buaya tidak hanya terkenal untuk melebatkan rambut namun dapat juga memiliki fungsi menghitamkan rambut karena pada gel lidah buaya terdapat enzim yang baik untuk kesehatan rambut yaitu enzim proteolitik. Enzim proteolitik inilah yang mampu merangsang pertumbuhan rambut agar lebih cepat dan hitam. Dan enzim ini mampu mengobati sel – sel kulit yang mati pada kulit kepala anda.

Cara Menghitamkan Rambut dengan Lidah Buaya :

  • Ambil lidah buaya yang segar (baru dipetik dari pohonnya)
  • Pisahkan antara kulit dan gel (daging) lidah buaya
  • Oleskan gel lidah buaya secara merat kerambut anda
  • Diamkan kira – kira 10 menit lalu bilas menggunakan air bersih

3. Minyak Kelapa

minyak kelapa

Para orangtua terdahulu sebelum adanya sampo dan vitamin rambut lainnya banyak yang menggunakan minyak kelapa untuk gel rambut sehari-hari karena mudah didapatkan dan hasil pada rambut hitam dan berkilau.

Ternyata dengan minyak kelapa ini juga jika terus menerus digunakan untuk perawatan dapat menghitamkan rambut asalkan pemakaiannya tidak berlebihan karena pada minyak kelapa terdapat kandungan protein untuk memulihkan rambut yang rusak baik itu rontok ataupun memerah.

Cara Menghitamkan Rambut dengan Minyak Kelapa :

  • Anda siapkan minyak kelapa yang sudah diproses bisa membelinya langsung dipasar atau mengolah sendiri sampai menjadi minyak
  • Ambil minyak kelapa secukupnya kemudian oleskan ditangan anda secara merata
  • Setelah itu usapkan pada rambut anda hingga terkena pori – pori kulit kepala
  • Diamkan selama 1 jam sambil anda beraktifitas atau bisa gunakan lebih lama lebih baik
  • Setelah itu bilas dengan air bersih dan sampo yang cocok dengan rambut anda.

ladyfem

Demikian tips dan cara menghitamkan rambut hitam dan berkilau dengan bahan – bahan yang alami.  Lakukan dan coba segera cara ini untuk rambut yang anda sayangi. Jadikan langkah-langkah di atas sebagai rutinitas perawatan rambut anda, selamat mencoba.

Loading...
loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to 3 Cara Menghitamkan Rambut Secara Alami (99% Ampuh)