Cara Mengobati Batu Ginjal Secara Alami

Oct 30 2016 - 9:20pm
loading...

Secara umum batu ginjal bisa menyerang siapa saja, baik itu anak usia dini, remaja maupun dewasa itu semua biasanya di sebab oleh pola minum yang tidak setabil, terutama kekurangan cairan dalam tubuh itu salah satu pemicu utama terjadinya Batu ginjal, tidak sedikit orang yang merogoh koceknya untuk datang ke rumah sakit agar dapat membantu mengatasi dan mengobati batu ginjal.

Padahal ada beberapa cara yang alami untuk mengobati batu ginjal ini, tidak harus menggunakan obat kimia dan tidak perlu operasi. Dan tidak sedikit juga cara atau teknik agar bisa menghancurkan batu ginjal dan bisa keluar dari penyakit batu ginjal.

Yang paling sering terjangkit batu ginjal adalah orang dewasa dengan alasan yang berbeda beda, ada yang karena urien kerkonsentrasi karena kurangnya mengkonsumsi air putih, sehingga dapat membuat garam asam dan mineral dalam tubuh menjadi beku dan menjadi batu akibat kurangnya cairan atau kurang minum air putih.

Sebelum kita membahas lebih dalam lagi masalah batu ginjal sebaiknya kita lebih pahami dulu tentang gejala-gejala yang sering muncul di akibatkan oleh penyumbatan saluran kantung kemih atau gejala batu ginjal, beberapa faktor gejala batu ginjal:

Gejala Batu Ginjal :

  • Sakit pinggang yang terasa di bagian bawah terasa terus menerus sampai susah tidur
  • Penyumbatan saluran kemih bahkan sampai mengeluarkan darah dari saluran kemih
  • Sakit perut bagian bawah yang sangat sakit, bahkan sakit tidak bisa di tanggungkan lagi, dan sering di barengi dengan demam dan menggigil.

Cara Mengobati Batu Ginjal Secara Alami :

Setelah kita mengetahui gelaja dari batu ginjal marilah kita kenali juga bagaimana cara mengatasi, menghidari dan mengobati batu ginjal yang sedang di derita secara alami tanpa operasi.

1. Perbanyak Minum Air Putih

Minum Ari Putih

Minum Ari Putih

Banyak minum air putih sangat akan membantu untuk meluluhkan batu ginjal, tubuh orang dewasa membutuhkan minimal 2,8 liter perhari untuk melihat hasil kerja cairan tersebut. Untuk melihat apakah anda sudah cukup minum air putih atau tidak maka bisa di lihat dari warna air seni anda, jika air seni anda sudah berwarna putih dan jernih berarti sudah cukup, tetapi jika warna seni anda masih  berwarna kekuningan berarti asupan air putih anda masih kurang.

Minum dengan cukup juga adalah pola hidup sehat ala rasululloh saw yang diterapkan didalam masa hidupnya, Jadi bagi anda yang muslim selain dapat point kesehatan anda juga mendapatkan pahala sunnah.

2. Buah Lemon

Buah lemon dapat membantu memecahkan batu ginjal karena buah lemon mengandung asam sitrat yang membantu menghancurkan batu ginjal yang berbasis kaslium dan dapat mencair dan keluarkan bersama air urin. Jadi usakan anda dapat mengkonsumsi buah melon 125 ml perhari dengan cara dibuat menjadi jus murni.

3. Mengkonsumsi Serat Makanan

Perbanyaklah makan sayuran segar pada menu makanan perhari pada saat anda berusaha mengobati batu ginjal, karena pada makanan yang kaya serat banyak mengandung “fitat” yang dapat mengurangi kristal garam kalisium dan untuk mencegah pembekuan pada batu ginjal. Lalu sertakan gandum, aple, buah berri serta buah buahan dan sayuran yang lain dalam makanan sehari-hari. Ketika anda sedang menjalani pengobatan batu ginjal sebaiknya hindari “soft Drinks”.

Baca : Cemilan yang Baik Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

4. Berolahraga

Olahraga adalah cara yang sederhana untuk mendapatkan kesehatan jasmani, Salah satunya jika kita rajin berolahraga maka dapat mempercepat meleburkan batu ginjal.

Baca : Olahraga Atletik Yang Aman Untuk Penderita Asma

loading...

Kesimpulannya adalah ketika kita sedang menderita penyakit ginjal kita harus sangat menjaga pola makan dan minum serta harus rajin berolahraga (jangan malas) serta imbangi dengan istirahat yang cukup agar batu ginjal segera teratasi tampa harus berobat kerumah sakit.

Baca Juga