Cara Mengobati Kutu Air di Telapak Kaki dan Tangan (90% Ampuh)

loading...

Kutu air terjadi ketika kondisi kulit sering berada di dalam kelembaban, sehingga terinfeksi oleh jamur pada kulit. Penyakit kutu air ini merupakan infeksi yang menular yang menyebabkan gatal pada sela – sela kulit. Kutu air biasanya terjadi pada sela jari-jari kaki, kuku tangan serta kuku jari kaki atau bahkan bisa menyerang kulit kepala.

Rasa gatal yang ditimbulkan membuat penderitanya tak ingin berhenti menggaruk, dan alhasil kulit dapat teritasi hingga mengakibatkan kulit menjadi perih. Jamur pada kulit ini akan mudah menyebar, karena apabila anda terus menggaruknya, maka akan menempel pada kuku.

Penyebab Kutu Air

  • Sering memakai kaos kaki yang basah dan lembab, Oleh karenanya ketika sepatu anda basah hingga terkena kaos kaki maka segeralah menggantinya.
  • Kondisi udara yang lembab, Jika anda memiliki tempat tinggal yang lembab maka haruslah lebih berhati – hati karena jamur jenis ini sangat cepat menyebar disaat cuaca lembab
  • Sangat sering terkena air, Bagi anda yang berkerja di kolam renang ataupun tempat yang berhubungan dengan air atau bagi para kaum wanita jangan suka mencuci dengan waktu yang lama namun dijedalah beberapa menit.
kutu-air

Kutu Air

Cara Mengobati Kutu Air Secara Alami

Jika jamur yang menginfeksi kutu air ini terus didiamkan maka dapat menempel pada kulit lain dan kutu air bertambah parah. Sebenarnya ada banyak cara mengatasi kutu air secara alami yang bisa ada lakuka. Berikut beberapa diantaranya :

1. Singkong

Salah satu jenis umbi-umbian ini tidak hanya lezat untuk dijadikan berbagai olahan makanan, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan kutu air.

Cara Mengobati Kutu Air dengan Singkong :

  • Kupas singkong dan cuci hingga bersih.
  • Parut singkong kemudian tempelkan parutan singkong pada area kulit yang terkena kutu air.
  • Diamkan beberapa menit hingga singkong mengering.
  • Lakukan cara mengatasi kutu air secara alami ini secara rutin.
  • Dalam waktu yang cukup singkat, kutu air anda akan berangsur sembuh.

2. Air Garam

Bukan hanya sebagai bahan oralit, garam yang dicampurkan air hangat juga bisa mengatasi kutu air. Karena pada air garam terdapat zat senyawa yang baik untuk menghilangkan kutu air.

Cara Menggunakan Air Garam untuk Menghilangkan Kutu Air :

  • Rendam bagian kulit yang terkena kutu air selama 15 hingga 20 menit pada air garam tersebut.
  • Campuran dari garam dengan air hangat berfungsi untuk membunuh jamur juga bakteri, sehingga kutu air akan mudah disembuhkan.
  • Lakukan cara mengatasi kutu air secara alami ini secara rutin selama 3 hari.
  • Selain kutu air dapat segera sembuh, cara ini dapat menghilangkan pegal, otot-otot menjadi rileks, dan sebagai obat sakit gigi yang alami.

3. Bawang Putih

Kandungan anti biotik yang tinggi pada bawang putih mampu menyembuhkan kutu air. Cukup dengan mengirisnya lalu gosokkan pada bagian kulit yang terkena kutu air. Atau dengan menghaluskannya lalu balurkan pada area yang terkena kutu air.

4. Daun Sirih

Selain dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan keputihan, daun sirih juga mampu menyembuhkan kutu air. Siapkan daun sirih sebanyak 10 lembar, remas dengan tangan anda atau diiris. Rebus hingga keluar aroma daun sirih, kemudian tambahkan garam secukupnya.

Cara Mengatasi Kutu Air dengan Daun Sirih :

  • Tuang air rebusan ke dalam wadah dan tambahkan air dingin hingga mencapai tingkat kehangatan yang nyaman bagi kulit anda.
  • Rendam bagian kulit yang terkena kutu air selama 15 menit.
  • Lakukan cara mengatasi kutu air secara alami ini sebelum beranjak tidur, karena anda akan mendapatkan dua manfaat sekaligus, yakni meredakan kutu air dan membuat tidur lebih nyenyak karena rasa pegal juga ikut hilang.

5. Teh

Rasa gatal yang menjengkelkan akibat adanya kutu air bisa diatasi menggunakan teh. Teh memiliki kandungan asam tannic yang mampu membasmi jamur penyebab kutu air.

Cara Mengobati Kutu Air dengan Teh :

  • Celupkan teh pada air yang mendidih dan diamkan hingga dingin.
  • Air teh tersebut bukan untuk anda minum, melainkan untuk merendam kaki ataupun yang tangan yang terkena kutu air.
  • Pastikan gunakan ember atau baskom untuk menampung air teh tersebut.
  • Berendamlah selama kurang lebih setengah jam.

6. Minyak Kelapa

Oleskan minyak kelapa pada bagian yang terkena kutu air, diamkan beberapa saat lalu bilas menggunakan air hangat. Demi mendapat hasil yang maksimal, lakukan cara mengatasi kutu air secara alami ini sebanyak 3 kali dalam sehari. Pada minyak kelapa terdapat asam laurat yang mampu melawan jamur pada kutu air.

Itulah beberapa cara mengatasi kutu air secara alami yang bisa anda lakukan. Selamat mencoba dan semoga kutu air anda bisa segera teratasi.

Baca Juga :

loading...

You Might Also Like

Most popular articles related to Cara Mengobati Kutu Air di Telapak Kaki dan Tangan (90% Ampuh)