Cara Mengobati Sakit Kepala Berdasarkan Jenis-Jenisnya

Oct 25 2016 - 8:40am
loading...

Banyak hal yang terjadi yang menyebabkan anda terkena sakit kepala salah satunya adalah pada awalnya kekurangan tidur sehingga menyebabkan anda mudah masuk angin dan berdampak sakit kepala.

Tetapi tidak serta merta kurang tidur menyebabkan sakit kepala, sakit kepala juga di sebabkan oleh tekanan yang terjadi terhadap diri anda itu juga bisa menyebabkan sakit kepala.

Tempat sakitnyapun bermacam-macam tempatnya, mulai dari Migren ( Sakit kepala sebelah) sampai dengan clusster (sakit kepala yang lebih serius lagi). Pada dasarnya sakit kepala adalah sebuah penyakit yang menyiksa bagi penderitanya.

Baiklah kita akan coba bahas bagaimana cara mengobati sakit kepala berdasarkan jenis-jenis sakit kepala itu sendiri.

Mengobati Sakit Kepala Berdasarkan Jenis-jenisnya :

1. Tension headache

tension-headache

Tension Headache

Sakit kepala karena tegang yang dalam bahasa medis di sebut Tension headache. Tension headache merupakan sakit kepala belakang mata, Sakit kepala model ini bisanya di akibatkan karena terlalu stress, kelelahan otot leher.

Cara mengatasi adalah dengan obat analgesik, pijat atau dengan minum prastamol, untuk pertolongan pertama bisa juga di kompres menggunakan air hangat.

2. Migrain (Migren)

migrain

Migrain

Migrain merupakan sekit kepala sebelah yang sering kali terjadi pada para pengidap penyakit gejala darah tinggi, biasanya ketika orang yang mempunyai gejala darah tinggi jika ia terlalu banyak berpikir atau berfikir terlalu serius maka akan mudah terkena sakit kepala sebelah.

Baca : Alasan Mengapa Tubuh Wanita Lebih Rentan Akan Masalah Migrain

Cara mengatasinya pun sangat mudah, cukup dengan istirahat yang cukup, bisa juga dengan minum obat analgesik seperti obat tekanan darah tinggi, anti depresan, botok atau ibuprofen.

3. Sinusitis

sinusitis

Sinusitis

Apakah anda tau bahwa dalam diri manusia adal sejumlah Sinusitis yang berada pada tulang wajah dan kepala yang sarafnya berpusat di sekitar mata, sinustis ini yang dapat menjadi salah satu penyebab sakit kepala.

Cara mengatasi sakit kepala ini dengan cara menggunakan antibiotik untuk membasmi bakteri yang menginfeksi serta gunakan anti alergi jika alergi adalah penyebabnya.

Baca : 6 Macam Tes Pemeriksaan Alergi Pada Anak

4. Cluster

sakit-kepala-cluster

Sakit Kepala Cluster

Sakit kepala Cluster adalah jenis sakit kepala yang sangat menyiksa penderitanya karena sakit kepala jenis ini sangat sakit di kepala bagian belakang, jenis sakit kepala ini sangat sering terjadi pada kaum laki-laki di bandingkan perempuan.

Ciri-ciri dari sakit kepala ini adalah selain rasa sakit yang sangat hebat dan berlangsung agak lama bisa sampai berhari-hari dan dapat mucul secara periodik.

Cara mengatasi sakit kepala jenis ini adalah dengan istihat yang cukup dan mengkonsumsi obat antinyeri yang dengan mudah dapat Anda dapatkan di apotik atau depot obat terdekat.

5. Sakit Kepala Karena Demam Berdarah

Penyakit demam berdarah juga dapat mengakitbatkan sakit kepada, khususnya kepala bagian belakang, karena sebenarnya demam berdarah ini disebabkan oleh serang virus yang menyebabkan orang susah untuk bergerak karena badanya akan tera pegal-pegal dan lemah.

Cara mengatasinya adalah datang kelangsung dokter untuk meminta resep, dan untuk pertolongan pertama adalah perbanyaklah meminum air mineral yang hangat yang tentunya dengan batas yang wajar.

6. Sakit Kepala Karena Gangguan Hormon

Gangguan hormon yang tidak stabil juga dapat menyebabkan sakit kepala, hal sering sekali terjadi pada perempuan pada umumnya biasanya hormon yang berlebihan terjadi pada saat sekitar sirkulasi mentstruasi, hormon ini juga perubahan kimia dalam tubuh yang beredar pada pembuluh darah dalam otak manusia.

Untuk menghindari dari semua jenis sakit kepada diatas adalah dengan cara menghindari makanan atau minuman yang memicu pada gejala sakit kepala.

Baca : Manfaat Mengkonsumsi Mentimun untuk Meringankan Sakit Kepala

Misalnya jika Anda mempunyai gejala darah tinggi maka hindarilah mengkonsumsi daging kambing, petai, dan kurangi berfikir keras dan hindarilah minuman beralkohol, kurangi merokok, dan juga indari menkonsumsi susu kedelai dan makanan atau minuman khusus lainnya.

Baca : Pola Hidup Sehat

loading...

Demikianlah beberapa jenis-jenis sakit kepala dan tips bagaimana cara mengatasinya untuk tahap pertolongan pertama. Semoga bermanfaat …

Baca Juga