4 Cara Menurunkan Kolesterol Paling Hits (100% Alami)

loading...

Pada dasarnya manusia adalah makhluk yang membutuhkan kolesterol. Kolesterol sendiri adalah lemak essensial yang tugasnya untuk membantu fungsi tubuh seperti meringankan kerja sel dalam mempertahankan struktur tubuh, mempermudah kelenjar getah bening dalam memproduksi hormon dan lainnya.

Pada pelaksanaannya, tubuh manusia kerap mengalami peningkatan kolesterol secara signifikan sehingga memerlukan cara menurunkan kolesterol sebagai penanganan.

Perlu diketahui, peningkatan kolesterol yang signifikan sendiri membuahkan beberapa penyakit serius, seperti:

  1. Obesitas.
  2. Serangan jantung.
  3. Dan gangguan kesehatan lain.

Jika tidak ditangani dengan cara menurunkan kolesterol yang tepat, bukan tidak mungkin penyakit-penyakit di atas akan datang dan menggerogoti Anda.

Cara menurunkan kolesterol sendiri adalah metode yang dilakukan untuk mengurangi kolesterol jahat atau LDL. Di samping mengurangi kolesterol jahat, metode ini juga berguna untuk mengontrol kolesterol agar tetap di batas aman, yaitu 200 – 239 mg/dL.

Dalam penerapannya, cara menurunkan kolesterol sendiri banyak dilakukan dengan olahraga, yang notabene sama dengan cara mengecilkan perut. Padahal, di samping tersebut, ada beberapa cara lain yang bisa Anda lakukan. Soal efektivitas, cara-cara ini terbilang baik karena terbukti menurunkan hingga 20% lemak jahat. Nah, penasaran kan dengan cara-cara yang dimaksud? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Menurunkan Kolesterol Paling Cepat dan Alami

Berikut kami paparkan beberapa cara menurunkan kolesterol, lengkap dengan bahan, kandungan, metodologi dan penerapan yang harus dilakukan:

1. Mengonsumsi kedelai sebagai upaya untuk mencegah penimbunan dan penumpukan kolesterol

Mengkonsumsi Kedelai

Mengkonsumsi Kedelai

Mengonsumsi kedelai adalah tindakan wajib yang harus dilakukan penderita kolesterol tinggi. Sebab, di samping kaya akan protein nabati, kedelai juga memiliki zat aktif yang efektif menurunkan kolesterol. Bukan hanya itu saja, kedelai juga tergolong panganan yang rendah kolesterol, kaya akan serat dan memiliki lemak jenuh yang relatif sedikit.

Menurut peneletian, mengonsumsi kedelai secara rutin adalah cara menurunkan kolesterol terbaik. Sebab, menurut data yang telah tercatat, mereka yang mengonsumsi kedelai setiap hari akan mengalami penurunan kolesterol jenis LDL sebanyak 8 – 10 persen. Jumlah itu pun bisa lebih tinggi kalau penderita mengonsumsi kedelai dengan jumlah yang lebih banyak.

Oh ya, kedelai sendiri adalah panganan yang mudah diolah. Olahan kedelai pun terbilang banyak; mulai dari tempe, tahu, tofu sampai olahan yang lain.

Satu lagi; harga olahan kedelai sendiri terbilang murah, kecuali Tofu. Sebagai contoh, untuk satu potong tempe saja, Anda bisa membelinya dengan harga Rp 3.000,- per potong.

2. Mengonsumsi apel sebagai kudapan di pagi dan sore hari

Mengkonsumsi Apel

Mengkonsumsi Apel

Banyak sekali kalangan yang beranggapan bahwa mengonsumsi apel adalah cara menurunkan kolesterol yang paling baik. Kandungan Pektin yang melimpah dalam apel membuatnya jadi buah yang paling baik untuk dikonsumsi, khususnya untuk mereka yang memiliki kolesterol tinggi.

Dalam penerapannya, apel sendiri bisa dioleh menjadi beragam bentuk. Mulai jus, salad, sampai dimakan langsung pun bisa.

Melimpahnya jumlah apel juga jadi alasan dianjurkannya cara ini. Sebab, cukup dengan Rp 10.000,- sampai Rp 20.000,- per hari seseorang sudah bisa menikmati manfaat apel yang begitu banyak.

Oh ya, beberapa orang juga berpendapat bahwa dengan mengonsumsi apel tiap hari, jumlah kolesterol akan menurun sebanyak 5 – 8 persen.

3. Mengonsumsi Grapefruit merah sebagai upaya menurunkan kolesterol yang terlampau tinggi

Menkonsumsi Grapefruit

Menkonsumsi Grapefruit

Cara menurunkan kolesterol ini memang terbilang unik. Minimnya keberadaan grapefruit di Indonesia membuat cara ini jadi langka dan jarang dilakukan. Tapi terlepas daripada itu, mengonsumsi grapefruit tiap hari mampu menurunkan kadar kolesterol jahat sebanyak 20 persen.

Kandungan Likopen, Pektin dan Liminoids dalam tiap bulir Grapefruit sendiri mampu menurunkan kadar kolesterol jahat hingga 20 persen. Bahkan lebih jika konsumsinya ditingkatkan.

Oleh sebab itu, dibanding cara menurunkan kolesterol yang lain, mengonsumsi grapefruit adalah cara paling baik dan paling dianjurkan.

4. Mengonsumsi jus tomat setiap hari juga mampu menurunkan kolesterol jahat yang mengganggu

Ya, tomat sendiri adalah satu dari sekian banyak buah yang kaya akan likopen. Dengan itu, tomat mampu mengurangi kadar kolesterol jahat secara efektif, bahkan hingga 10 persen atau lebih. Kandungan likopen dalam tomat sendiri bisa dimanfaatkan dengan mengolah tomat menjadi aneka olahan; seperti jus tomat, salad, sampai menjadinya sebagai hidangan sup.

Kalau Anda berminat, Anda bisa mengonsumsi tomat secara langsung sebagai upaya terbaik dalam menerapkan cara menurunkan kolesterol ini.

Nah, itulah beberapa cara menurunkan kolesterol yang paling dianjurkan. Di samping baik, bahan yang alami juga membuat cara ini minim efek samping, sehingga bagus untuk Anda yang ingin menurunkan kolesterol secara cepat, tepat, dan aman.

Tips Lainnya :

loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to 4 Cara Menurunkan Kolesterol Paling Hits (100% Alami)