loading...

Cara Merawat Gigi dan Mulut Dengan Benar

loading...

Setiap hari kita melakukan komunikasi dengan orang banyak, hal yang paling menonjol ketika kita berkomunikasi ialah gigi dan mulut, gigi dan mulut merupakan hal penting untuk jaga kebersihannya, coba saja anda bayangkan jika anda berkomunikasi dengan orang lain tetapi anda bau mulut dan gigi anda kotor, itu tentu saja hal yang jorok bahkan orang yang sedang anda ajak bicara pun merasa tidak nyaman pastinya.

Nah bayangkan jika itu terjadi pada anda, pasti anda merasa dikucilkan dan orang pun malas untuk mendekati anda, jadi sangat penting untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut anda, untuk menjaga gigi dan mulut merupakan hal yang paling mudah tetapi kerap kali ditinggalkan oleh banyak orang.

Membersihkan gigi dan mulut dapat dimulai dari kebiasaan baik anda sejak dini, jika anda tidak merawat gigi anda sejak dini maka akan menimbulkan gigi berlubang dan membuat gigi anda sakit, lantas bagiamana cara merawat gigi dan mulut dengan benar?

Cara Merawat Gigi dan Mulut Dengan Benar :

Berikut ini kami akan berbagi tips dan cara untuk merawat gigi dan mulut anda secara benar, nah kali ini kami akan memberikan beberapa tips merawat gigi dan mulut dengan cara yang mudah dan simple :

menjaga kebersihan gigi dan mulut

menjaga kebersihan gigi dan mulut

1. Memilih dental floss dan menghindari tusuk gigi

Setelah kita makan biasanya bebarapa sisa makanan masih menempel di sela-sela gigi apalagi ketika mengkonsumsi makanan yang sifatnya daging seperti daging sapi dan ayam.

Nah untuk menghilangkannya biasanya anda menggunakan tusuk gigi kan? Ini merupakan kebiasaan yang kurang benar, gunakanlah dental floss untuk mengeluarkan sisa makanan itu, dental floss dapat mengurangi terjadinya gesekan, benturan pada gigi dan gusi, jika anda menggunakan tusuk gigi akan mengakibatkan hal yang demikian dan akan membuat gusi berdarah.

2. Menyikat gigi dengan benar

Kebiasaan menyikat dua kali sehari memang sudah diterapkan banyak orang, teteapi yang perlu diperhatikan ialah cara menyikat giginya, berikut untuk menyikat gigi dengan benar :

  • Menyikatlah dengan tekanan yang ringan
  • Arah yang benar ketika menyikat gigi ialah vertikal dengan satu arah yang dimualai dari pangkal hingga keujung gigi, sedangkan untuk bagian geraham sikatlah permukaan untuk mengunyah dari kanan kekiri.
  • Sikatlah gigi anda selama 2 hingga 3 menit.
  • Gunakan sikat gigi yang berbulu lembut.
  • Pilihlah kepala sikat gigi yang kecil.

3. Waktu yang tepat untuk menggosok gigi

Waktu yang tepat untuk menggosok gigi ialah pagi sesudah sarapan dan malam sebelum tidur, kenapa kok malam hari karena ketika tidur malam hari mulut tidak akan memproduksi ludah.

4. Berkumur menggunakan mouthwash

Setelah menyikat gigi sebaiknya anda berkumur dengan mouthwash yang mengandung  antiseptik, berkumur dengan mouthwash membuat gigi terhindar dari plak, jika anda mengalami gigi berlubang atau luka pada gusi sebaiknya anda menggunakan mouthwash dengan antibiotik.

Cara dan Tips Sehat Lainnya :

5. Korek lidah

Lidah kita memiliki permukaan yang nampak seperti lembah dan bercelah, sisa makanan yang ada pada lidah tidak akan hilang dengan cara berkumur saja, maka anda harus menggunakan sikat gigi atau alas khusus untuk menghilangkan kotoran yang ada pada lidah anda.

Selain kelima cara diatas masih banyak lagi cara untuk merawat gigi dan mulut anda agar tetap sehat seperti mengunyah permet karet, membatasi konsumsi asam dan gula, membatasi mengkonsumsi kopi dan teh, jangan merokok, menggunakan pemutih gigi, seta periksakan gigi anda secara rutin.


ladyfem

Demikianlah ulasan mengenai cara merawat gigi dan mulut sehat dengan benar yang dapat kami bagikan semoga dapat bermanfaat bagi anda.

loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to Cara Merawat Gigi dan Mulut Dengan Benar