3 Tips Untuk Cara Merawat Kulit Yang Kering Dan Sensitif

loading...

Memiliki jenis kulit yang kering memang terkadang merepotkan. Terlebih jika kulit kering Anda juga termasuk kulit sensitif yang mudah terserang berbagai gangguan seperti gatal dan iritasi. Kulit yang kering dan sensitif biasanya akan mengalami gangguan pada saat berada pada suhu dan udara yang dingin dan kering.

Salah satu cara paling mudah untuk mengetahui apakah kita memiliki kulit kering sensitif adalah dengan melihat perubahan yang terjadi pada saat berada di ruangan yang ber AC dalam waktu yang cukup lama. Orang yang memiliki kulit kering dan sensitif biasanya akan mengalami kulit yang menjadi mengeriput bahkan mengelupas di beberapa tempat. Biasanya terjadi pada kulit bibir. Hal ini akan menyebabkan rasa perih di kemudian hari.

Beberapa gangguan akibat kulit sensitif lainnya adalah jerawat. Orang yang memiliki kulit sensitif akan mudah terkena jerawat. Sedikit saja terpapar pemicu seperti debu dan polusi maka jerawat akan dengan segera bermunculan.

Karena itulah kulit yang kering dan sensitif memang harus mendapatkan perawatan khusus untuk menghindari berbagai gangguan yang akan membuat Anda menjadi tidak nyaman. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk melakukan perawatan pada kulit Anda yang kering dan sensitif.

Cara Merawat Kulit Yang Kering Dan Sensitif

  • Kebiasaan Mandi

Jika Anda termasuk salah satu orang yang memiliki jenis kulit kering dan sensitif maka Anda bisa melakukan perawatan di mulai dari memperbaiki kebiasaan saat mandi. Jika Anda terbiasa mandi dengan shower air hangat, usahakan jangan menggunakan air yang memiliki suhu terlalu tinggi. Gunakanlah air yang hangat-hangat kukuh agar setelah mandi kulit Anda tidak mengalami kekeringan.

Selain itu gunakanlah sabun yang di formulasikan khusus untuk jenis kulit yang kering dan sensitif. Salah memilih sabun juga bisa berakibat kurang baik bagi kulit, pilihlah sabun yang mengandung bahan yang mampu menjaga kelembaban kulit. Selain itu pada saat mengeringkan badan dengan handuk, Anda tidak boleh menggosoknya terlalu kuat untuk menghindari terjadinya iritasi.

kulit kering

  • Memilih Produk Perawatan Kulit Yang Tepat

Sebelum meutuskan untuk memakai suatu produk perawatan kulit tertentu, Anda juga harus memastikan bahwa produk tersebut memiliki kandungan yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Kulit kering dan sensitif memerlukan perawatan dengan produk yang mengandung bahan pelembab dan vitamin E. Pilihlah lotion pelembab yang berbahan lembut dan tidak memiliki efek samping. Salah dalam memilih pelembab dapat menyebabkan terjadinya iritasi pada kulit Anda.

Untuk penggunaan harian dalam jangka waktu panjang, sebaiknya Anda harus mencoba untuk menggunakan produk perawatan kulit yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti minyak zaitun. Bahan alami seperti ini tidak memiliki efek samping sehingga dapat di gunakan dalam jangka panjang.

  • Perbanyak Konsumsi Buah Dan Air Putih

Selain melakukan perawatan kulit secara rutin dari luar, Anda juga perlu memperhatikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh sebagai upaya perawatan kulit dari dalam. Kulit yang kering dan sensitif mengharuskan Anda untuk lebih memperhatikan pola makan Anda sehari-hari.

Perbanyaklah konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin serta minum air putih minimal 8 gelas per hari. Dengan demikian tubuh Anda akan mendapatkan asupan ari yang cukup untuk mencegah terjadinya kekeringan pada kulit. Selain itu hindarilah terpapar debu dan polusi agar terhindar dari berbagai gangguan kulit.

Nah itulah 3 tips untuk merawat kulit kering dan sensitif yang dapat kami berikan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Baca Juga :
– Cara Merawat Wajah Pada Malam Hari
– Penyebab Kulit Menjadi Belang
Makanan Yang Dapat Membuat Anda Cepat Keriput

loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to 3 Tips Untuk Cara Merawat Kulit Yang Kering Dan Sensitif