loading...

Ini 6 Cara Merawat Telinga Tetap Sehat (#Wajib Tahu)

loading...

Cara Merawat Telinga – Telinga adalah salah satu indera yang sangat penting untuk kehidupan manusia, apabila indera ini tidak ada maka dengan otomatis membuat seseorang menjadi bisu. Karena jika tidak ada suara yang bisa ditangkap atau didengar, seperti yang telah kita ketahui bahwa telinga mempunyai berbagai susunan yang berfungsi berbeda-beda

Maksudnya adalah seperti daun telingan yang fungsinya mengarahkan suara ke lubang telingan yang kemudian diteruskan pada bagian dalam telinga yang akan dikirimkan menuju otak, menjadikan ota bisa menerjemahkan berbagai suara yang datang. Sehingga sangat penting sekali menjaga dan merawat telinga tetap sehat

Cara Merawat Telinga

Cara Merawat Telinga

Terkadang kita tidak sadar dalam melakukan aktivitas sehari-hari seperti memakai peralatan atau benda yang digunakan untuk membersihkan kotoran pada telinga, hal tersebut sebenarnya sangat berbahaya dan bisa mengganggu kesehatan telinga kita. Bahaya seperti pemakaian anting magnet, tindik dan lain sebaigainya

Menjaga kesehatan telinga untuk tetap terawat sangat penting karena indera ini tidak pernah terpisahkan dalam aktivitas setiap orang. Tetapi, beberapa aktivitas justru dapat membuat kurangnya kemampuan telinga dalam menangkap suara yang datang masuk dalam indera pendengaran. Lalu apa saja cara merawat telingan tetap sehat yang harus dilakukan seseorang? Untuk itulah pada kali ini kami akan memberikan beberapa tisp merawat telinga agar tetap sehat. Yuk baca selengkapnya dibawah ini.

Cara Merawat Telinga

Merawat telinga sangat penting untuk kesehatan dan juga karena indera ini adalah salah satu yang sering digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam menjaga kesehatannya

1.Membersihkan Telinga Dengan Cara Yang Benar

Membersihkan telinga dalam hal ini bukan dengan cara memakai cottong bud. Itu adalah persepsi kebanyakan orang yang justru tidak dianjurkan untuk dilakukan. Memasukkan sesuatu kedalam telinga seperti cotton bud yang tujuannya untuk membersihkan telinga justru sangat berisiko untuk mendorong kotoran dalam telinga lebih masuk kedalam.

Dan juga memasukkan sesuatu dalam rongga telinga dapat berisiko merusak organ sensitif dalam telinga, yaitu yang paling dekat adalah gendang telinga.

Untuk membersihkan telinga sebenarnya tidak perlu memakai alat. Karena sebenarnya telinga adalah organ yang bisa membersihkan dirinya sendiri. Dalam telinga terdapat cairan mirip lilin yang fungsinya adalah dapat mencegah debu dan partikel berbahaya lainnya agar tidak masuk ke dalam telinga.

Fungsi cairan yang mirip lilin ini sangat penting dalam menjaga kesehatan telinga dan terdapatnya kotoran pada telinga adalah sesuatu yang normal. Apabila Anda memiliki kelebihan cairan lilin ini, maka bisa Anda bersihkan sekitar rongga telingan dengan sebuah handuk lembut.

2.Melindungi Telinga Dari Suara Keras

Melindungi Telinga Dari Suara Keras

Melindungi Telinga Dari Suara Keras

Seperti kita tahu, telinga berfungsi untuk mendengar. Tetapi, telinga memiliki kapasitas atau kemampuan dalam mendengarkan suara. Tidak semua suara bisa masuk ke dalam kategori aman untuk didengar telinga.

Jika terlau sering mendengarkan suara keras, bisa membuat kemampuan mendengar Anda menjadi berkurang. Sumber suara keras dapat bermacam-macam seperti pada lingkungan kerja, musik yang diputar atau didengarkan oleh Anda, dan lain sebagainya. Untuk merawat telinga tetap sehat, Anda sangat penting melakukan hal dibawah ini:

  • Apabila lingkugan kerja Anda seringkali menciptakan suara keras, misalnya ketika memotong rumput, memakai alat-alat listrik yang mengeluarkan suara dan lain sebagainya, maka sebaiknya Anda memakai pelindung telinga.
  • Apabila Anda senang mendengarkan musik, lebih baik tidak mengatur volume pemutar musiknya terlalu keras.  Apabila ketika mendengarkan musiknya dengan memakai headphone maka volumenya tidak boleh dilakukan terlalu keras dan sebaiknya menurunkannya.

    Serta dianjurkan tidak terlalu sering memakai headphone untuk mendengarkan musik. Anda harus memberi waktu istirahat telinga, yaitu mengikuti aturan 60/60 ketika mendengarkan musik dengan headphone. Maksud dari 60/60 adalah batas volume musik Anda adalah tidak lebih dari 60% dan Anda tidak lebih dari 60 menit sehari mendengarkan musik dengan headphone.

  • Tidak mendengarkan suara keras dalam dua sumber dalam satu waktu. Hal ini akan bisa merusak pendengaran Anda. Seperti ketika ada orang yang sedang membersihkan rumah memakai vacuum cleaner yang suaranya berisik, Anda sebaiknya tidak membesarkan volume suara televisi atau sound sisyem dengan suara keras.
  • Apabila Anda sering menonton sebuah konser musik atau pergi ke suatu tempat yang memutar musik dengan suara keras, lebih baik memakai penyumbat telinga.

3.Menjaga Telinga Agar Tetap Kering

memakai penyumbat telinga

memakai penyumbat telinga

Apabila telinga dalam kondisi selalu basah atau kelembapan telinga berlebih bisa menyebabkan adanya bakteri yang dapat masuk ke dalam saluran telinga. Hal ini bisa membuat telinga infeksi yang disebut dengan telinga perenang (Swimming’s ear). Telinga perenang yaitu infeksi di telinga luar yang disebabkan oleh air yang terjebak di saluran telinga menjadikan bakteri terperangkap

Pada lingkungan yang hangat dan lembab, bakteri sejenis ini akan bertambah banyak volumenya sehingga menyebabkan iritasi dan infeksi di saluran telinga.

Oleh sebab itu, sebaiknya Anda memastikan telinga untuk selalu dalam keadaan kering. Apabila Anda memiliki hobi berenang, lebih baik Anda memakai penyumbat telinga untuk renang agar air yang akan masuk ke telinga bisa dicegah. Dan setelah berenang untuk selalu mengeringkan rongga telinga dengan memakai handuk kering dan selesai mandi, hal ini sangat penting agar telinga tetap terjaga dan terawat.

4.Membersihkan Telinga Jangan Terlalu Sering

Ketika membersihkan telinga dengan alat khusus pembersih telinga, tidak harus terlalu sering. Karena telinga mempunyai lapisan minyak yang fungsinya untuk mengikat kotoran atau debu yang masuk kedalam telinga Anda. Serumen yang mengering ini kemudian disebut dengan kotoran telinga. Apabila dibersihkan terlalu sering, maka telinga akan kering dan kotoran lebih bebas masuk ke rongga telinga Anda. Sehingga, cara paling aman dalam membersihkan telinga adalah cukup memakai handuk kering ketika selesai mandi.

5.Tidak Menggaruk Telinga

Ketika telinga terasa gatal yang disebabkan oleh iritasi atau eksim. Maka apabila telinga rasanya gatal dan mengganggu, lebih baik segera membawanya ke dokter. Hal ini lebih baik daripada dengan menggaruknya yang bisa menimbulkan infeksi pada telinga.

6.Melakukan Perawatan Teling Secara Rutin

Apabila Anda merasa ada sesuatu pada telinga, seperti adanya bunyi-bunyi atau benda yang bergerak di dalam telinga ketika menggerakkan kepala. Maka sebaiknya segera mengunjungi dokter spesialis THT (Telinga Hidung Tenggorokan). Begitu juga, ketika Anda hendak membersihkan bagian dalam telinga. Lakukanlah pemeriksaan secara rutin minimal satu kali dalam setahun. Selain menjaga kebersihannya, hal ini juga bisa mempunyi manfaat yaitu agar tahu kondisi kesehatan telinga Anda.

Itulah beberapa cara merawat telinga tetap sehat yang bisa Anda lakukan. Dengan merawat dan menjaga telinga tentu bisa menghindarkan kita dari kesalahan dalam membersihkannya dari kotoran atau terhindar dari infeksi atau penyakit. Karena telinga merupakan indera yang sering kita gunakan sehari-hari dalam berinteraksi atau mendengar suara dari sekitar kita. Terimakasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.


ladyfem

Silakan Baca Juga:

Loading...
loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to Ini 6 Cara Merawat Telinga Tetap Sehat (#Wajib Tahu)