Cara Mudah Mencegah Penyakit Asam Urat

Nov 13 2016 - 4:26pm
loading...

Anda tentu sudah sangat familiar tentang penyakit asam urat, dimana penyakit ini merupakan salah satu jenis penyakit yang kerap dialami oleh mereka yang sudah dalam tahapan lanjut usia.

Memang untuk asam urat ini sendiri ada dalam diri setiap orang, namun jika batasnya sudah melebihi kadar normal, maka ini bisa menjadi masalah kesehatan yang sangat serius. Dalam batasan normal, kadar asam urat pada tubuh seseorang itu adalah kisaran 3,5 hingga 7 mg/dl untuk laki – laki.

Sedangkan untuk perempuan sendiri, kadar asam urat yang normal sekitar 2,6 hingga 6 mg/dl. Nah, untuk kasus kadar asam urat dalam tubuh namun berada diatas batas normal biasanya disebut sebagai hiperurisemia.

Tentu saja penyakit klasik ini kerap menyerang mereka yang memiliki usia diatas 20 tahunan, dimana untuk mencegah terjadinya penyakit yang menyerang saraf otak ini bisa dilakukan dengan cara yang relatif mudah seperti yang ada dibawah ini.

Asam Urat

Asam Urat

Cara Mudah Mencegah Penyakit Asam Urat

1. Membatasi makanan dengan kadar purin tinggi

Salah satu hal yang bisa menjadi penyebab penyakit asam urat ini sendiri adalah terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan kadar puri tinggi seperti melinjo, dll. selain itu, makanan dengan kadar purin tinggi itu biasanya akan memiliki akndungan purin diatas 150 gram setiap 100 gram nya.

Banyak contoh makanan yang memiliki kadar purin rendah hingga sedang, yaitu aneka sumber karbohidrat, ikan, bayam, tahu, tempe, dan aneka jenis sayuran.

Baca : Cemilan yang Baik Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

2. Menghindari minuman beralkohol

Nah, untuk cara yang kedua adalah dengan menghindari minuman beralkhohol yang mana minuman ini memang selamanya bukanlah minuman yang bersahabat untuk tubuh anda.

hal ini juga karena minuman beralkhohol merupakan salah satu jenis minuman dengan kadar purin yang tinggi. dan anda tentu sudah tahu bahwa salah satu penyebab penyakit asam urat adalah mengkonsumsi terlalu banyak asupan makanan dan minuman yang memiliki kadar purin tinggi. seperti alkhohol ini salah satunya.

3. Banyak mengkonsumsi air putih

Kebalikan dari minuman beralkhohol, air putih merupakan minuman yang paling bersahabat dan sangat berperan menunjang kesehatan tubuh anda. maka sebaiknya konsumsilah air putih secara cukup, dimana minimum untuk mengkonsumsi air putih adalah dengan takaran 1 hingga 2 liter setiap harinya. Hindari minuman yang banyak mengandung soda, air alkalin, hingga minuman dengan kadar garam yang tinggi.

4. Minum kopi

Masih seputar minuman, ternyata kopi merupakan salah satu jenis minuman yang mana juga baik untuk mencegah terjadinya penyakit asam urat. Kopi ini sendiri memang terkenal akan kadar kafeinnya yang tinggi.

Baca : Kandungan Kafein pada Teh Hijau

Namun walaupun demikian, tidak selamanya kadar kafein dalam kopi ini merupakan hal yang negatif untuk tubuh. konsumsilah kopi dalam takaran yang aman, minumum 1 cangkir kopi untuk menurunkan kadar asamurat dalam tubuh anda.

5. Olahraga teratur

Untuk cara yang selanjutnya adalah dengan melakukan aktivitas olahraga secara teratur. Tentu saja anda mesti berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuh anda. mulai dari saraf, tulang, hingga aliran darah. Sebaiknya anda yang menderita asam urat untuk mengagendakan setiap harinya dengan memberikan alokasi waktu untuk berolahraga.

Baca : Olahraga Atletik Yang Aman Untuk Penderita Asma

6. Konsumsi Madu

Madu merupakan obat alami segala penyakit yang memang sudah di beritahukan melalui Al-Qur’an. Karena madu mengandung resin kumpulan lebah yang dapat menetralkan asam urat.

loading...

Demikian beberapa hal yang bisa menjadi salah satu cara anda dalam mencegah terjadinya asam urat yang bisa menjadi rekomendasi menarik untuk anda. Semoga bermanfaat …

Baca Juga