Cara Penularan Dan Gejala Penyakit Infeksi Virus Zika Yang Perlu Diwaspadai!

loading...

Cara Penularan  Dan Gejala Penyakit Infeksi Virus ZikaApa itu virus zika?  Penyakit virus zika adalah satu penyakit yang disebabkan oleh  sejenis virus dari bangsa genus flavivirus  dan flaviviridae serta dibawa dan ditularkan melalui nyamuk Aedes aegypti.

Virus zika mulanya ditemukan di daerah Benua Asia dan juga Afrika  diawal tahun 1950-an. Kala itu setiap pasien yang menderita penyakit virus zika ditandai dengan demam dan tidak bisa dicegah serta diobati secara medis baik melalui obat-obatan dan vaksin tertentu.

Sampai saat ini para pakar kesehatan terus melakukan penelitian untuk menemukan vaksin dan obat yang tepat untuk mengatasi penyakit virus zika ini.  Penelitian semakin gencar dilakukan tatkala virus zika saat ini telah mewabah dan mengancam kesehatan manusia hampir diseluruh belahan dunia termasuk Negara Amerika dan Eropa.

Baca Juga :

20 Gejala Penyakit Diabetes Melitus Yang Mudah Dikenali

6 Faktor Penyebab Gangguan Gizi Buruk Pada Bayi Dan Anak

Penyebab Gejala Penyakit Bronkitis dan Cara Menyembuhkanya

Penyakit HIV AIDS : Cara Penularan, Tanda dan Gejala Yang Mudah Dikenali

 

Cara Penularan Penyakit Infeksi Virus Zika

Infeksi Virus Zika

Infeksi Virus Zika

Penyakit yang disebabkan oleh virus zika dibawa oleh oleh nyamuk nyamuk aedes aegypti yang sebelumnya telah  terinfeksi.  Nyamuk aedes aegypti  itu sendiri  dapat terinfeksi ketika telah menggigit manusia yang sebelumnya telah terinfeksi virus ini. Oleh karena itu secara berantai kemudian nyamuk aedes aegypti  menularkan virus zika pada setiap orang yang digigitnya dan seperti itu seterusnya.

Sama halnya dengan penyakit demam berdarah, nyamuk aedes aegypti biasanya sangat aktif  dengan cara penularan penyakit virus zika ke manusia pada saat siang dan sore hari. Secara habitat, memang nyamuk jenis ini sangat suka tinggal di area genangan air bersih baik di dalam maupun luar ruangan dimana orang-orang berada.

Untuk masa inkubasi, virus zika memerlukan masa 2 (dua) sampai dengan 7 (tujuh) hari semenjak virus ini ditularkan. Jika saat ditularkan kondisi tubuh dalam keadaan prima, infeksi  virus zika akan pulih sendiri dan memerlukan waktu 7 sampai dengan 12 hari saja. Sselama masa pemulihan tersebut, seseorang yang terkena virus zika sebaiknya menambah asupan vitamin yang bertujuan untuk menambah system kekebalan tubuh untuk melawan infeksi virus zika itu sendiri. Adapun jenis dan macam-macam vitamin yang disarankan adalah vitamin A, B, C dan juga vitamin E.

 

Tanda Dan Gejala Penyakit Infeksi Virus Zika

Lalu bagaimana gejala yang dialami oleh penderit infeksi virus zika? Para pakar kesehatan telah mendefinisikan bahwa penyakit infeksi virus zika memiliki tanda dan gejala layaknya penyakit demam berdarah dan infeksi radang. Berikut merupakan tanda dan gejala penyakit infeksi virus zika pada seseorang yang telah terinfeksinya!

gejala infeksi virus zika

gejala infeksi virus zika

  • Mengalami demam dengan suhu berubah-ubah (kadang naik dan turun tetapi tidak terlalu tinggi).
  • Timbulnya rasa tidak nyaman diperut dan disertai rasa mual.
  • Rasa linu, nyeri hebat pada persendian dan tulang.
  • Merasa pusing disertai badan terasa lemah dan lesu berat.
  • Adanya ruam merah atau kecoklatan pada kulit baik berbentuk mendatar atau menonjol keluar.
  • Sebagian pasien infeksi virus zika juga mengalami keluhan infeksi mata ditandai mata yang memerah.
  • Adanya lebam dan pembengkakkan disekitar sendi dan otot layaknya akibat terbentur atau keseleo.

Walaupun saat ini para pakar kesehatan masih terus meneliti penyakit ini khususnya dalam hal obat dan vaksin yang tepat mengatasi penyakit infeksi virus zika, namun secara kejadian penderita virus ini belum pernah sampai pada tingkat kematian dan hanya sebatas pada gangguan kesehatan yang hebat terutama pada pusing, rasa linu dan nyeri pada persendian dan tulang dan rasa mual yang hebat saja.

nyamuk virus zika

nyamuk virus zika

Selain itu, karena infeksi virus zika gejalanya mirip dengan demam berdarah dan penyakit lainnya maka diagnose seorang dokter akan tergantung pada hasil tes (lab) laboratorium. Untuk itu, jika mendapati gejala sebagaimana telah dijelaskan di atas, sebaiknya seseorang tersebut segera memeriksakan diri ke tim medis (dokter) agar dapat cepat dipastikan penyakit apa sebenarnya  yang sedang diderita.

 

loading...

You Might Also Like

Most popular articles related to Cara Penularan Dan Gejala Penyakit Infeksi Virus Zika Yang Perlu Diwaspadai!