loading...

(Wajib Tahu) Cara Tidur Yang Baik Untuk Kesehatan

loading...

Cara Tidur Yang Baik – Tidur, adalah hal yang sangat membuat lupa akan lelahnya pekerjaan. Terbebas dari sejenak masalah kehidupan dan segala yang membuat pikiran menjadi pusing. Dalam dunia kesehatan, perkara tidur sangat berpengaruh terhadap kesehatan.

Walaupun sudah diketahui secara umum, bahwa posisi tidur hanya ada tiga telentang, berbaring dan miring. Taukah Anda jika posisi tidur yang sering dilakukan setiap hari akan berakibat pada kesehatan? Inilah beberapa cara tidur yang baik untuk kesehatan yang penting diketahui.

Setiap orang terkadang mempunyai posisi favorit ketika tidur, tetapi hal ini belum tentu baik untuk kesehatannya. Ada beberapa kondisi kesehatan yang ternyata bisa menjadikan lebih buruk jika seseorang tidur pada posisi yang tidak tepat.

cara tidur yang baik untuk kesehatan

cara tidur yang baik untuk kesehatan

Untuk bisa memperoleh posisi tidur yang berkualitas dalam artian tepat dan benar sesuai kesehatan, harus ada perhatian khusus berhubungan dengan itu. Apabila posisi tidur membuat tidak nyaman atau timbul rasa sakit ketika terbangun, maka sangat disarankan mengganti posisi tersebut sehingga kesehatan Anda tidak terganggu. Lalu apa saja cara tidur yang baik untuk kesehatan? Mari baca ulasan dibawah ini.

Cara Tidur Yang Baik

1.Tidur Tengkurap

Dalam tidur hal yang paling utama diperhatikan adalah bagaimana Anda dapat bernafas dengan mudah. Ada posisi mungkin untuk sebagian orang tidak mau karena  berfikir jika posisi tersebut sangat susah dan membuat tubuh menjadi tidak mudah bergerak, yaitu posisi tengkurap.

Posisi tengkurap membuat pernafasan menjadi terbuka, oleh sebab itu posisi ini adalah sangat cocok untuk seseorang yang ketika tidur sering mendengkur. Tetapi posisi ini bisa memicu tambahan tekanan pada sendi dan otot yang dapat menjadikan saraf iritasi. Akibatnya orang yang sering tidur dengan posisi tengkurap akan lebih mudah mengalami nyeri, kesemutan. Dan juga posisi tidur tengkurap bisa membuat leher menjadi kebas karena tidur hanya pada satu arah kebawah.

Selain itu tidur tengkurap juga bisa memperbaiki sistem pencernaan. Tetapi harus diperhatikan, tidur dengan tengkurap dapat membuat tegang pada leher dan sakit pada punggung, karena lekukan pada tulang belakang tidak sempurna.Jadi posisi tidur tengkurap dianggap kurang baik untuk kesehatan. Untuk wanita tidur posisi tengkurap tidak dianjurkan karena bisa membuat payudara tertekan sehingga bisa mempengaruhi bentuknya apabila dilakukan terlalu sering.

2.Tidur Miring Ke Kiri

tidur untuk wanita hamil

tidur untuk wanita hamil

Posisi tidur miring adalah salah satu cara tidur yang baik untuk mengurangi dengkuran atau mengorok ketika tidur. Dengan posisi ini untuk sebagian yang mempunyai sakit leher dan sakit punggung justru bisa membuat tambah sakit. Posisi tidur miring sangat dianjurkan kepada wanita yang sedang hamil.

Tidur dengan posisi miring juga sangat baik untuk penderita nyeri pada ulu hati jika posisinya miring ke kiri. Sedangkan untuk penderita rematik atau nyeri pada sendi, lebih baik jangan tidur dengan posisi miring.

Sebaiknya jika melakukan tidur miring, bantal yang dipakai adalah bantal yang lebih rendah jangan yang bantal tinggi. Jadi hal ini dapat mengurangi kerutan pada wajah atau jerawatan. Cara tidur dengan posisi miring juga menjadikan pernafasan lebih terbuka, sehingga tidur posisi ini dapat menjadi pilihan untuk penderita gangguan tidur sleep apnea.

Tetapi bagi wanita tidur posisi miring dapat membuat payudara kendor dan juga bisa membuat kerutan pada wajah, kecuali untuk wanita hamil. Pada wanita hamil tidur miring kekiri dapat memperbaiki peredaran darah pada janin. Karena posisi tidur ini sangat penting bagi kesehatan ibu dan keselamatan janin.

3.Tidur Miring, Posisi Lengan Keluar

Pilihan lain untuk tidur miring yang baik bagi kesehatan adalah dengan posisi miring tetapi posisi lengan keluar, tidak berada disamping tubuh. Tetapi hal yang harus diperhatikan ketika tidur dengan posisi ini adalah bisa membuat timbulnya nyeri di bahu dan lengan karena aliran darah dan tekanan di saraf terganggu. Untuk wanita seperti yang dijelaskan diatas, tidur miring seperti ini bisa membuat payudara kendor dan timbulnya keriputan pada wajah secara dini.

4.Tidur Miring Ke Kanan

Ada beberapa orang yang sudah sangat favorit dengan posisi tidur miring. Sebagai pilihan tidur miring, cobalah tidur dengan posisi miring ke kanan. Dengan posisi ini untuk yang mempunyai penyakit lambung sangat disarankan karena baik untuk kesehatan.

Selain itu tidur posisi ke kanan membuat perut sedikit mulas karena asam lambung naik. Jadi sebaiknya Anda memilih posisi miring sesuai dengan kondisi kesehatan. Untuk wanita hamil sebaiknya melakukan tidur miring ke kiri, dan penderita asam lambung sebaiknya miring ke kanan.

5.Tidur Terlentang Lengan Di Samping

Tidur terlentang bukan menjadi pilihan yang baik untuk orang yang suka mendengkur. Tetapi dapat juga bisa mengurangi kerutan dini pada wajah dan keluarnya jerawat.

Posisi ini sangat baik untuk kesehatan dikarenakan posisi tidur menghadap ke atas, tidak seperti tidur tengkurap yang menekan kebawah. Tidur posisi ini juga sangat baik untuk kesehatan tulang belakang dan juga leher. Jangan memakai bantal yang banyak ketika melakukan tidur dengan posisi ini. Tujuannya untuk dapat menghindari tekukan di leher dan mengurangi dengkuran.

Hal yang harus diperhatikan ketika tidur posisi terlentang adalah bagi yang memiliki berat badan diatas rata-rata atau gemuk posisi ini tidak disarankan. Karena bisa membuat timbulnya penyakit sleep apnea atau gangguan tidur yang mana pernafasan sering terhenti ketika tidur berlangsung.

Selain itu juga mengakibatkan otak tidak memperoleh oksigen yang baik, menjadikan kualitas tidur menjadi buruk, sehingga ketika bangun pagi kondisi badan seperti kelelahan.

6.Tidur Terlengtang Lengan Ke Atas

Tidur terlentang dengan lengan ke atas sangat disarankan dan baik untuk kesehatan punggung. Selain itu dapat berkurangnya kerutan dan jerawat pada wajah. Namun, sama seperti pada penjelasan pada nomor lima, tidur posisi ini juga membuat orang mendengkur dan permasalahan naiknya asam lambung di tubuh.

Asam lambung adalah penyakit yang mana terjadi nyeri di ulu hati atau seolah terbakar di dada dikarenakan asam lambung naik menuju kerongkongan.

Dan juga dengan mengangkat lengan ke atas dapat terjadinyan tekanan pada saraf di bahu, hal ini bisa menjadi penyebab rasa sakit.

Bagi wanita hamil, tidur posisi ini tidak disarankan sedangkan untuk wanita yang belum hamil ini bagus karena dapat memperindah bentuk payudara dan tidak membuatnya kendor.

7.Tidur Yang Diajarkan Rasullulah SAW

Untuk umat Islam, tidur yang baik adalah tidur yang sudah diajarkan oleh Rasullulah. Ini adalah salah satu ajaran islam yang harus diikuti dan sangat disarankan untuk dilakukan. Lalu apasaja yang harus diperhatikan ketika mengikuti ajaran Rasulluloh SAW ketika tidur? Berikut penjelasnnya

  • Berwudhu sebelum tidur

    berwudhu sebelum tidur

    berwudhu sebelum tidur

    Untuk melakukan tidur ala Rasulluloh SAW yang pertama dilakukan adalah berwudhu terlebih dahulu. Wudhu seperti orang hendak melakukan sholat. Ini berdasarkan Hadits Al-Bukhari No.247 dan Muslim No.2710.

  • Membaca Doa Sebelum Tidur

    Sebaigaimana dalam melakukan semua aktivitas, umat muslim sangat diajarkan ketika hendak memulai sesuatu untuk berdoa terlebih dahulu. Tak terkecuali untuk urusan tidur. Setelah berwudhu, maka membaca doa sebelum tidur. Doa Rasullulah SAW sebelum tidur tentu seharusnya sudah tahu.

  • Membaca Surat Al-Ikhlas, Al-Falaq, An-Naas

    Setelah selesai membaca doa sebelum tidur, lalu membaca surat pendek Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas lalu meniupkannya kedua telapak tangan kemudia disampukan ke seluruh badan dengan kedua tangan tersebut. Dimulai dari kepala, muka, badan lalu ke bawah sampai kaki. Lakukan sebanyak tiga kali.

  • Posisi Miring Ke Kanan dan Letakkan Tangan Di Bawah Pipi Kanan

    Posisi badan ketika tidur dengan ajaran Nabi Muhammad SAW adalah miring ke kanan dan meletakkan tangan tangan dibawah pipi sebelah kanan. Ini sesuai dengan Hadits Abu Dawud No. 5045, At-Tirmidzin No.3395.

  • Tidur Di Awal Malam

    Tidurlah lebih awal supaya bisa bangun malam dan melaksanakan sholat malam atau tahajjud. Selain itu, ada bahaya tidur malam yang bisa menyebabkan terganggunya kesehatan.

  • Berdoa Setelah Bangun Tidur

    Setelah bangun dari tidur maka berdoa dengan doa setelah bangun tidur.

Demikianlah beberapa cara tidur yang baik untuk kesehatan beserta kekurangan dari masing-masing cara. Semoga dapat menjadikan Anda lebih paham bahwa menjaga kesehatan ketika tidur juga sangat penting untuk mencegah timbulnya penyakit seperti asam lambung, jerawat dan keriputan.


ladyfem

Silakan Baca Juga:

Loading...
loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to (Wajib Tahu) Cara Tidur Yang Baik Untuk Kesehatan