loading...

Gejala Asam Lambung Tinggi Yang Wajib Anda Ketahui

loading...

Gejala Asam Lambung Tinggi Yang Wajib Anda Ketahui – Asam lambung tinggi terjadi akibat asam dari perut yang mengalami kebocoran hingga ke kerongkongan (esophagus). Kondisi seperti ini kerap menyebabkan perut terasa mulas, perih dll.

Pada saat kita makan, makanan akan melewati kerongkongan dimana sel lapisan perut membuat asam dan bahan kimia lainnya membantu mencerna makanan tersebut. Selang beberapa hari setelah asam lambung meningkat, penderita pada umumnya mengalami beberapa hal yang dinilai sebagai gejala awal penyakit asam lambung.

Gejala Asam Lambung Tinggi

Berikut ini adalah salah satu gejala yang biasa ditimbulkan akibat meningkatnya asam lambung.

  1. Dada Terasa Terbakar

Gejala yang satu ini disebut juga reflux atau meningkatnya asam lambung dari daerah lambung menuju kerongkongan hingga mulut. Efek yang dirasakan seperti rasa panas hingga terbakar didaerah yang dilewati naiknya asam lambung tersebut termasuk rongga dada.

  1. Perut Perih dan Nyeri

Berhubungan dengan asam lambung sudah pasti bagian utama yang mendapat respon terbesar yaitu perut. Penderita asam lambung akan merasakan rasa nyeri yang luar biasa pada bagian perut terutama ketika mengkonsumsi makanan yang bersifat asam seperti cuka dan nangka muda.

  1. Perut Mual dan Kembung

Selain perih pada bagian perut juga kerap merasa mual serta kembung. Tubuh seolah-lah begah hingga asam lambung naik dan kejadian ini berlangsung cukup lama.

  1. Muntah-muntah

Setelah mengalami reflux atau munculnya rasa panas pada dada biasanya penderita juga akan mengalami muntah-muntah. Hal ini dikarenakan lambung yang terasa mual dan kembung sehingga menyebabkan penderita kerap muntah dengan sendirinya.

  1. Mulut Terasa Pahit

Salah satu gejala yang paling sering dialami penderita asam lambung yaitu mulut yang terasa pahit sehingga membuat napsu makannya berkurang drastis bahkan kerap membuat penderita kurus kering. Mulut yang pahit berasal dari efek asam lambut yang naik hingga ke mulut sehingga zat asam menimbulkan efek pahit pada mulut.

  1. Sulit Menelan Makanan

Gejala lain yang biasa terjadi akibat meningkatnya asam lambung yaitu penderita akan mengalami kesulitan dalam menelan makanan skarena saluran tenggorokan tersumbat sehingga penderita merasa ada sebuah benjolan pada kenggorokan yang menghalangi makanan yang anda telan.

  1. Nafas Bau

Karena tidak mendapatkan asupan makanan, maka mulut mengeluarkan bau yang tak sedap dan hal ini tentu membuat anda merasa tidak nyaman terutama ketika berbicara dengan orang lain bahkan hingga orang lain menjauhi anda karena bau mulut yang keluar.

  1. Munculnya Air Liur Yang Berlebihan

Peningkatan asam lambung meninggalkan gejala pada produksi air liur yang bertambah banyak. Banyaknya air liur yang keluar dikarenakan terjadi proses pembersihan pada iritan yang berada di lambung.

Agar anda terhindar dari penyakit asam lambung sebaiknya atur pola makan anda dengan baik dan teratur. Jangan lupa olahraga rutin, perbanyak minum air putih dan hindari makanan yang mengandung pepsin atau makanan pedas.


ladyfem

Baca Juga Gejala Penyakit Lainnya :

loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to Gejala Asam Lambung Tinggi Yang Wajib Anda Ketahui