Gejala Dan Cara Penanganan Penyakit Sembelit (Konstipasi) Pada Anak

loading...

Gejala Dan Cara Penanganan Penyakit Sembelit (Konstipasi) Pada AnakBagi para orang tua penanganan penyakit sembelit (konstipasi) pada anak perlu cepat dilakukan, mengapa demikian?  Sembelit atau konstipasi akan memberikan efek yang dapat menyiksa seseorang apalagi bila terjadi pada seorang anak yang memang setiap organ tubuh mereka masih muda dan belum kokoh.

 

Sembelit atau kontipasi  adalah penyakit yang disebabkan karena adanya gangguan atau kelainan pada sistem pencernaan  seorang atau yang dalam hal ini adalah anak-anak. Karena adanya kelainan tersebut maka fungsi pencernaan sendiri akan terganggu  dan dapat menyebabkan pengerasan pada tinja. Akibat pengerasan inilah maka kemudian tinja akan sulit dikeluarkan bila dipaksakan untuk keluar maka akan dapat menyebabkan luka atau lecet di sekitar anus sehingga mengakibatkan rasa sakit yang luar biasa pada penderitanya.

Konstipasi Pada Anak

Konstipasi Pada Anak

Untuk klasifikasi penyakit konstipasi atau sembelit pada anak dapat dikategorikan menjadi 2 (dua) kategori yaitu; konstipasi akut, yang mana jika hal itu terjadi dalam 1 sampai 4 minggu pada sang anak. Sedangkan bila sembelit atau konstipasi pada seorang anak diderita lebih dari 4 (empat) minggu, maka hal itu dapat dipastikan bahwa anak tersebut menderita konstipasi (sembelit) kronis.

Baca Juga : 

Ada 2 penyebab terjadinya konstipasi atau sembelit pada anak, antara lain faktor kelainan atau penyakit  yang sedang diderita oleh sang anak, untuk itu pada kasus ini maka anak tersebut tergolong menderita penyakit konstipasi (sembelit) kategori kronis non fungsional. Sedangkan untuk anak yang menderita konstipasi disebabkan hal lain diluar factor kelainan atau penyakit tertentu maka anak tersebut tergolong sedang menderita penyakit sembelit kronis fungsional.

 

Gejala Penyakit Sembelit (Konstipasi) Pada Anak

Ada beberapa gejala penyakit konstipasi atau sembelit yang sering terjadi pada anak ketika mereka sedang menderita konstipas, yaitu antara lain :

  1. Rutinitas Buang Air Besar (BAB) kurang dari 3 kali dalam seminggu (biasanya disertai mengedan atau kesulitan dalam mengeluarkan tinja)
  2. Tinja yang dikeluarkan keras, kering, dan sulit untuk
  3. Seringkali ditemukan darah di dalam tinja.
  4. Nyeri perut atau perut terasa penuh.
  5. Nyeri saat BAB.
  6. Bisa ditemukan bekas tinja atau cairan yang berwarna hitam di celana dalam anak, hal ini merupakan tanda bahwa tinja sempat keluar namun kembali lagi ke rectum (keciprit).

Lalu, bagaimana cara penanganan penyakit konstipasi pada anak ini? Berikut adalah beberapa penjelasannya!

Cara Penanganan Penyakit Sembelit (Konstipasi) Pada Anak

 

Untuk menangani penyakit konstipasi (sembelit) pada anak, tentu saja sangat dibutuhkan peranan orang tua  dari sang anak itu sendiri. Beberapa tindakan berikut tentunya dapat menambah pengetahuan para orang tua dalam hal menangani penyakit sembelit pada anak.  Cara penanganan konstipasi, antara lain:

  • Memberikan latihan fisik, bagi anak yang aktivitas fisiknya dianggap kurang.
  • Aktif dalam setiap pendidikan dan Konsultasi berkaitan dengan penanganan penyakit sembelit pada anak.
  • Toilet Training

Melatih anak untuk terbiasa duduk di toilet 5 sampai 10 menit  untuk 2 kali sehari 30 menit setelah makan, agar anak terbiasa BAB secara teratur.

 Susah Buang Airs Besar (BAB)


Susah Buang Airs Besar (BAB)

  • Konsumsi Makanan Cukup Serat dan Cairan

Jenis serat makanan sendiri terbagi menjadi 2 kelompok, yaitu serat larut dan serat tidak larut. Serat tidak larut air adalah serat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh namun dapat menyerap air sehingga volume tinja menjadi besar, yang akhirnya memicu rasa ingin BAB.

  • Pemberian Obat Pencahar

Bila diperlukan, penanganan sembelit dapat juga dilakukan dengan pemberian obat-obatan pencahar. Pemberian obat pencahar bertujuan untuk mengeluarkan tinja yang keras dalam tubuh sang anak agar penyakit tersebut tidak berlarut-larut diderita sang anak.

Demikian artikel penanganan sembelit pada anak semoga dapat membantu dan salam sehat selalu dari www.caramedis.com

loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to Gejala Dan Cara Penanganan Penyakit Sembelit (Konstipasi) Pada Anak