4 Gejala Kanker Mulut Rahim Yang Umum Terjadi

Nov 4 2016 - 8:28am
loading...

Kanker mulut rahim atau kanker serviks memang bukan penyakit asing yang sering kita dengar. Penyakit ini lebih sering menyerang wanita dan menjadi momok berbahaya bagi para wanita masa kini.

Penyakit ini pada umumnya terjadi karena gaya hidup yang kurang bagus seperti seks bebas dengan pasangan yang berganti-ganti. Tindakan tersebut akan meningkatkan resiko terhadap virus HPV (Human Papilloma Virus) yang menjadi penyebab kanker mulut rahim.

Lalu seberapa bahaya penyakit ini bagi kehidupan kita? Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan bahwa kanker serviks merupakan penyakit yang menduduki peringkat pertama sebagai jenis kanker yang menyebabkan kematian wanita tersebesar didunia.

Dari 15ribu kasus kanker serviks setidaknya 8ribu orang mengalami kematian. Untuk mendeteksi sejak dini apakah kita terkena penyakit tersebut atau tidak, anda perlu mengenali beberapa gejala yang pada umumnya terjadi.

Gejala Kanker Mulut Rahim atau Kanker Serviks

1. Pendarahan Abnormal Pada Vagina

Ketika anda mengalami pendarahan diluar siklus menstruasi mereka, bisa jadi ini merupakan gejala kanker mulut rahim. Pendarahan juga dapat terjadi setelah berhubungan seksual atau sebuah pendarahan yang terjadi secara tiba-tiba dan kondisi ini harus dilakukan penanganan yang serius agar tidak semakin parah.

2. Nyeri Panggul

Nyeri panggul yang terjadi tanpa sebab dan alasan bisa menjadi gejala kanker serviks yang perlu diwaspadai.

3. Keputihan

Jika pada organ intim anda mengalami keputihan yang tidak biasa terjadi, mungkin ini merupakan gejala kanker. Coba periksakan kedokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

4. Peningkatan Frekuensi Kencing

Penderita Kanker Mulut Rahim biasanya akan lebih sering buang air kecil diluar masa kehamilan. Jika hal ini terjadi pada anda, bisa jadi anda terkena kanker serviks.

5. Nyeri Selama Berhubungan Seksual

Kerap merasa nyeri ketika berhubungan seksual menjadi salah satu gejala awal kanker serviks.

Jika anda mengalami beberapa gejala seperti yang kami sebutkan diatas, maka sebaiknya anda melakukan tindakan yang lebih serius untuk mencegah kanker serviks menyerang anda.

Menghindari kanker serviks dapat dilakukan dengan berbagai cara olahraga rutin, perbanyak konsumsi buah dan sayur, periksa organ intim secara rutin dan jangan berhubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan.

Untuk pencegahan secara medis, anda juga bisa memberikan vaksin kanker serviks untuk mencegah infeksi virus papiloma. Wanita yang biasa merokok juga meningkatkan resiko kanker serviks sebanyak 30% karena rokok mengandung zat kimia yang berbahaya dan dapat memicu kanker serviks.

Ketika kanker serviks masih berada pada stadium awal, mungkin penyakit ini masih bisa diobati dengan mudah. Namun jika kondisinya sudah lebih parah misalnya stadium 4, maka kanker serviks dapat menjadi pembunuh yang sangat berbahaya.

loading...

Baca juga tips mengobati kanker :

Baca Juga