Ibu Hamil Dan Menyusui Wajib Tahu, Inilah Manfaat Luar Biasa ASI Eksklusif Bagi Bayi Anda

loading...
loading...

Ibu Hamil Dan Menyusui Wajib Tahu, Inilah Manfaat Luar Biasa ASI Eksklusif Bagi Bayi AndaMungkin bagi sebagian ibu hamil dan menyusui di era modern seperti saat ini sangatlah mudah menemui susu formula bagi kebutuhan anak bayi mereka. Ditengah padatnya aktivitas serta banyaknya ketersediaan susu formula sebagai pengganti ASI saat ini telah menjadi alternatif pilihan bagi para kaum ibu untuk memberikan asupan kebutuhan susu bagi sang buah hati.

Namun, sebagian ibu lain ternyata juga masih banyak yang menyadari bahwa ASI Eksklusif sangatlah penting manfaatnya untuk tumbuh kembang sang buah hati. Sehingganya walaupun sesibuk apapun aktifitas mereka, ASI Eksklusif tetap menjadi asupan utama sang buah hati terutama sejak bayi lahir hingga berumur 6 bulan pertama pasca kelahiran.

Untuk mengingatkan kembali kepada para ibu hamil dan ibu menyusui, ulasan berikut tentunya akan menambah pengetahuan berkaitan dengan manfaat ASI Eksklusif bagi bayi dan juga petumbuhannya di masa mendatang.

baca juga :

Artikel Kesehatan Anak: Seputar ASI dan Proses Ibu Menyusui Bayi

Pengertian Gizi dan Manfaatnya Untuk Tubuh Manusia

Pengertian Gizi dana6 Faktor Penyebab Gangguan Gizi Buruk Pada Bayi Dan Anak Manfaatnya Untuk Tubuh Manusia

Penyebab Utama dan Gejala Obesitas (Kegemukan) Pada Anak Serta Cara Mencegahnya

Mengenal Air Susu Ibu (ASI) Dan ASI Eksklusif Pada Ibu Menyusui

Air Susu Ibu (ASI) adalah air susu yang diproduksi oleh seorang wanita untuk konsumsi bayi dan merupakan sumber gizi utama bayi yang kala itu belum dapat mencerna makanan padat layaknya anak-anak maupun orang dewasa. Tidak hanya itu secara medispun telah terbukti bahwa ASI merupakan asupan makanan terbaik bagi bayi yang baru lahir hingga usia 6 bulan pertamanya.

Dalam ASI kita mengenal istilah kolostrom, dimana kolostrom itu sendiri mengandung zat-zat penting yang sangat dibutuhkan oleh seorang bayi.  Kolostrum dalam ASI mengandung nutrisi, protein, mineral dan vitamin larut lemak. Walaupun kolostrum  dalam ASI terproduksi dalam jumlah sedikit yaitu sekitar 100 cc dalam 24 jam, namun, jumlah tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan zat makanan seorang bayi setiap harinya.

 Lalu, apa itu ASI Eksklusif? ASI eksklusif merupakan proses pemberian ASI kepada bayi tanpa adanya tambahan makanan dan minuman apapun, seperti vitamin, air putih, buah atau lainnya. Pemberian ASI eksklusif sejak kelahiran hingga 6 bulan pertama secara penelitian kesehatan akan dapat mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak dibandingkan jika pada masa itu sang bayi juga telah diberikan makanan pendamping ASI (MP-ASI).

Badan Organisasi PBB yakni UNICEF dan WHO sendiri telah merekomendasikan bahwa pemberian Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) oleh seorang ibu harus dilakukan setelah bayi berumur 6 bulan, selain itu pemberian ASI juga harus tetap diberikan setidaknya hingga bayi telah berusia 2 tahun. Selain itu, pemberian Makanan Pendamping ASI (MP-ASI)  juga harus dilakukan secara beberapa tahap yaitu usia 6 bulan sebanyak 2 sampai 3 kali/hari  dan  ketika bayi berusia 9-11 bulan maka MP-ASI dapat diberikan sebanyak 3-4 kali setiap hatinya.

Berikut beberapa penjelasan medis mengenai manfaat pemberian ASI Eksklusif bagi bayi yang tentunya harus kita ketahui, terutama bagi para ibu hamil ataupun yang saat ini sedang menjalani proses menyusui bayi dalam lingkungan keluarganya.

Manfaat ASI Eksklusif Bagi Bayi dan Pertumbuhannya

Manfaat ASI Eksklusif Bagi Bayi

Manfaat ASI Eksklusif Bagi Bayi

1. ASI Eksklusif Dapat Meningkatkan Kecerdasan Bayi

Mengapa demikian? Dalam kolostrom pada ASI terkandung zat asam lemak dan asam amino tinggi. Kedua zat ini sangat penting dalam pertumbuhan kecerdasan seorang anak. Secara medis pemberian ASI Eksklusif sampai dengan usia 6 bulan pertama mengokohkan terbentuknya kecerdasaan awal dalam otak sang bayi, baik itu kecerdasan intelektual, emosial maupun cikal bakal kecerdasan spiritual sang bayi itu sendiri.

pertumbuhan kecerdasan seorang anak

pertumbuhan kecerdasan seorang anak

2. Membentuk Ikatan Psikologis Yang Kuat Antara Ibu dan Sang Bayi

Saat seorang ibu menyusui bayi, maka saat itu pula akan terjalin kontak psikologis antara sang ibu dan bayi. Kontak langsung antara ibu dengan bayi ini akan banyak membantu dalam pembentukan ikatan kasih sayang antara ibu dan bayi yang akan membawa pertumbuhan dan perkembangan psikologis bayi antara lain emosianal seperti rasa nyaman, damai dan terlindungi. Semakin seorang ibu sering menyusui bayinya maka semakin tumbuh kuat psikologis dari bayi tersebut.

3. Bayi Akan Terhindar Dari Bermacam Penyakit Berbahaya

Kolostrum pada ASI mengandung berbabagai zat nutrisi sebagai anti bodi antara lain : protein, mineral dan vitamin larut lemak, enzim yang membantu pencernaan, anti bakteri dan imunoglobulin. Semua zat tersebut akan menjadikan sang bayi memiliki antibodi yang kuat sehingga sang bayi tidak mudah sakit ataupun terkena infeksi tertentu yang dapat membahayakan jiwa sang bayi itu sendiri.

4. Memberikan ASI Eksklusif Dapat Menghemat Pengeluaran

Manfaat memberikan  ASI Eksklusif kepada bayi dari sisi ekonomi tentunya akan menghemat pengeluaran dalam rumah tangga. Harga susu formula yang sangat mahal tentunya akan sangat memberatkan bagi kalangan dengan ekonomi rendah dan menengah. Artinya, dengan memberikan ASI Eksklusif pada bayi Anda tentunya pengeluaran untuk membeli susu formula yang mahal tersebut menjadi tidak perlu dilakukan.


ladyfem

Bagaimana para ibu hamil dan menyusui? Masih ragukah dengan manfaat ASI Eksklusif bagi bayi Anda?

 

loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to Ibu Hamil Dan Menyusui Wajib Tahu, Inilah Manfaat Luar Biasa ASI Eksklusif Bagi Bayi Anda