Inilah Dampak Negatif Dari Zat Yang Ada Di Dalam Asap Rokok

loading...

Rokok adalah sesuatu yang menjadi momok bagi para pecintanya, pasalnya disatu sisi telah menjadi kebiasaan dilain sisi menjadi sebuah penyakit. Bagi anda yang menggapnya sebagai penyakit berikut ini kami akan bahas dampak negatif yang ditimbulkan dari zat yang ada pada rokok.

Dampak Negatif Zat yang Ada Pada Asap Rokok

dampak negatif zat rokok

  1. Tar dan Resin

Zat Tar dan Resin ini yang berubah menjadi asap bisa mengiritasi sistem pernapasan manusia, sehingga menjadi sangat sulit bernapas.

Keduanya juga dapat menumpuk dan bisa mengganggu sistem kerja pada paru – paru. Sekitar kurang lebih ada 43  jenis dari senyawa  yang sudah terdapat di dalam tar dalam menyebabkan penyakit kanker  ( karsinogen ), bahan ini seperti benzopyrene adalah bahan yang sudah disahkan sebagai agen yang akan memulakan prosesnya kejadian kanker.

  1. Karbon Monoksida (CO)

Gas yang sangat beracun ini, cukup mudah terikat  pada hemoglobin, sehingga akan mengurangi kemampuan darah mengikat oksigen. Hal ini akan mengakibatkan si jantung bekerja lebih keras lagi.

Keracunan karbon monoksida ini juga dapat menyebabkan kematian. Karbon Monoksida ini biasanya adalah gas yang sudah dikeluarkan dari eksoz kendaraan.

  1. Nikotin

Adalah suatu zat yang  bersifat seperti racun dan menyebabkan perokok ini merasa rileks dan ketergantungan. Nikotin juga merupakan kandungan stimulan susunan dari saraf pusat.

Dosis fatal nikotin pada manusia ini adalah 60 mg. Sedangkan kandungan nikotinnya di dalam rokok sebesar  1% sampai 4% . Jadi dalam satu batang rokok in sudah terdapat 1,1 mg nikotin.

Ketika rokok akan dibakar sebagian besar nikotin pun ikut terbakar yang berubah menjadi asap, dan ada sekitar 0,25 mg nikotin ini akan masuk kedalam paru – paru.

  1. PAH

Imunosupresi akibat toksisitas PAH ini bagi kesehatan manusia juga dapat memperbesar kerentanan tubuh manusia terhadap hal seperti bakteri, parasit dan juga virus penyakit yang sangat mematikan, seperti kanker.

  1. Amonia

Adalah suatu gas yang tak berwarna, berbau tajam, sangat mudah larut di dalam air yang sudah terdiri dari hidrogen dan juga nitrogen, bahaya bagi kesehatan manusia karena hal ini bisa berakibat kematian.

Amonia ini juga biasanya digunakan untuk suatu bahan campuran dalam pembuatan nilon, dan juga barang sintetis lainnya. Amonia yang cair adalah pelarut yang telah mengandung amonium hidroksida, dan bisa digunakan sebagai cairan pembersih di rumah tangga.

Bayangkan jika bahaya dari asap rokok dengan kandungan pembersih alat rumah tangga ini, akan masuk ke dalam tubuh kalian?

  1. Dinitrogen Oksida (N2O)

Senyawa kimia yang berupa gas, berwarna merah atau kecoklatan, baunya pun sangat menyengat dan merupakan gas yang beracun, selain itu  juga salah satu gas polutan paling utama.

Dinitrogen Oksida biasanya ini digunakan sebagai suatu bahan sintetis asam nitrit. Asam nitrit sendiri adalah sebuah bahan yang akan digunakan untuk melarutkan emas ataupun metal.

Dampak Keracunan Dari Zat Rokok

Bagi perokok pemula maka mereka akan mengalami suatu keracunan nikotin, yang akan ditandai dengan :

  • Muntah-muntah
  • Terasa seperti mual
  • Terasa nyeri di kepala
  • Kesadaran pun berkurang
  • Tak mampu lagi memusatkan pikiran
  • Mengalami keringat dingin
  • Denyut nadi akan bertambah cepat

Untuk perokok yang telah lama hal ini akan mengalami ketergantungan pada fisik, yang akan ditandai dengan sebagi berikut :

  • Suhu tubuh akan naik
  • Gemetar (tremor) di bagian tangan
  • Denyut jantung yang bertambah cepat
  • Dorongan yang sangat kuat untuk merokok lagi
  • Sangat mudah marah
  • Nyeri di kepala
  • Terasa ada kedutan di bagian otot
  • Tekanan darah akan sedikit menurun
  • Kehilangan selera akan makan (anoreksida)

Rokok ini bukanlah hanya berbahaya bagi para perokok aktif tetapi juga sangat berbahaya bagi orang yang menghisap asap rokok, terlebih lagi jika bagi ibu hamil.

Rokok ini dapat mengakibatkan dari  berbagai penyakit yang berbahaya, WHO telah menyampaikan bahwa dalam setahun ada sekitar 6 juta orang yang meninggal akibat rokok atau asap rokok.

Baca Juga :
6 Bahaya Asap Rokok

–  Zat Kimia Yang Sangat Berbahaya Bagi Tubuh Manusia
– Cara Mengatasi Darah Tinggi Dengan Cara Yang Alami

loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to Inilah Dampak Negatif Dari Zat Yang Ada Di Dalam Asap Rokok