Inilah Penyebab Rambut Rontok Berlebihan!

loading...

Rambut adalah mahkota yang berharga untuk wanita, tak hanya wanita saja zaman sekarang para pria juga sangat memperhatikan penampilan mereka terutama rambut dengan trend model rambut yang kekinian, bahkan pada saat ini banyak pria yang masuk ke salon untuk melakukan perawatan rambut.

Akan tetapi banyak yang tidak menyadari bahwa kebiasaan dapat mempercepat rambut rontok, ada sebuah penilitian yang mengatakan bahwa penyebab kebotakan adalah karena adanya gen yang membuat kegagalan dalam produksi dan juga perkembangan sel-sel rambut.

Apabila rambut yang rontok sebanyak 50 sampai 100 helai setiap hari masih dianggap hal yang wajar, hal ini masih belum dapat menimbulkan masalah atau dapat membuat kepala menjadi cepat botak, hal ini dikarenakan rambut baru akan tumbuh menggantikan rambut yang rontok.

Namun jika rambut rontok yang berlebihan bisa terjadi bahkan pertumbuhan rambut dapat terganggu serta dapat terhenti, sehingga mengakibatkan kepala akan kehilangan rambut secara sementara atau bahkan permanen.

Jika rambut yang rontok lebih dari 100 helai per hari hal ini bisa disebut dengan telogen effluvium, hal ini dikarenakan kerontokan yang terjadi secara menyeluruh pada bagian kepala sehingga hal ini dapat menyebabkan kebotakan yang terjadi hanya pada satu area saja.

Penyebab Rambut Rontok :

Maka rambut akan terlihat tipis secara keseluruhan, menurut seorang dokter penyakit kulit kondisi seperti ini bisa terjadi setelah tubuh anda mengalami stress atau sedang tertekan, tak hanya itu rambut rontok yang berlebihan sehingga membuat pertumbuhan rambut melambat ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti halnya berikut :

 penyebab rambut rontok

penyebab rambut rontok

1. Disebabkan Oleh Makanan

Salah satu penyebab rambut rontok juga dapat berasal dari makanan yang dikonsumsi, apabila mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dan juga makanan yang dikonsumsi tidak memiliki gizi serta vitamin yang tinggi sehingga nutrisi yang diperlukan tubuh juga tidak terpenuhi maka dapat menyebabkan masalah yang terjadi pada rambut, oleh sebab itu makanan yang kurang sehat dapat menjadi salah satu sebab kerontokan rambut.

2. Tidak Menjaga Kebersihan Rambut

Tak hanya makanan saja penyebab rambut rontok juga disebabkan karena tidak menjaga kebersihan rambut dengan baik, karena rambut yang terkena debu, polusi dan juga kotoran akan menjadi masalah pada rambut anda.

Maka dari itu jika anda malas mencuci rambut maka akan banyak kotoran yang menumpuk dikulit kepala dan rambut anda sehingga dapat menyebabkan masalah kerontokan rambut. Tak hanya itu terlalu sering mencuci rambut juga tidak baik maka dari itu sebaiknya mencuci rambut dilakukan setiap dua hari sekali.

3. Penggunaan Ikat Rambut

Salah satu cara sebagai penyebab kerontokan rambut bagi orang yang memiliki rambut panjang adalah pada ikat rambut, ikat rambut dapat menyebabkan rambut rontok yang digunakan terlalu sering.

Hal ini dikarenkan rambut yang ditarik terlalu kuat saat mengikat rambut serta menyebabkan kurangnya udara pada rambut sehingga akan membuat rambut menjadi rontok parah jika hal ini dilakukan terlalu sering.

4. Penggunkan Bahan Kimia

Dalam penggunakan bahan kimia dapat membuat rambut anda rontok jika penggunaannya terlalu sering dan juga digunakan dalam jumlah yang banyak, hal ini disebabkan saat bahan kimia masuk kedalam tubuh dengan cara diminum atau di aplikasikan pada kulit kepala secara langsung dapat membuat rambut anda menjadi rontok.

Jika salah satu dari kebiasaan diatas anda alami maka cobalah baca tautan berikut cara mengatasi rambut rontok yang alami untuk mulai mengobatinya. Maka selalu jaga kebersihan dan milikilah pola hidup sehat, demikian ulasan penyebab rambut rontok berlebihan. Semoga bermanfaat.

loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to Inilah Penyebab Rambut Rontok Berlebihan!