loading...

Jenis dan Tipe Penyakit Diabetes Melitus, Kenali dan Cegah Sedini Mungkin!

loading...

Jenis dan Tipe Penyakit Diabetes Melitus, Kenali dan Cegah Sedini Mungkin!Penyakit diabetes melitus (DM) adalah penyakit yang disebabkan oleh keadaan ketika kadar gula darah tinggi (hiper glikemia) dalamtubuh melebihi kadar gula normal pada tubuh seseorang. Penyakit ini biasanya disertai berbagai kelainan metabolism akibat gangguan hormonal dalam tubuh.

Diabetes melitus yang juga popular dengan nama penyakit kencing manis ini merupakan suatu kondisi yang diderita oleh seseorang karena kekurangan hormon insulin, yang mana akibat kondisi kekurangan hormon insulin tersebuti maka kemudian beberapa fungsi organ tubuh lainya menjadi tidak dapat bekerja secara normal.

 

Hormon insulin dibuat oleh kelenjar pankreas. Hor­mon ini dapat menurunkan gula darah dengan cara me­ningkatkan jumlah gula yang disimpan di dalam hati. Gula itu harus masuk ke sel hati, sel lemak dan sel otot, untuk itulah maka kemudian dibutuhkan hormon insulin yang akan memasukkan zat gula ke sel-sel tersebut sekaligus untuk merangsang sel-sel tubuh agar menyerap gula, dan juga mencegah hati agar jangan terlalu banyak mengeluarkan gula itu sendiri. Oleh karena itu, akibat adanya gangguan hormonal tersebut maka kemudian dapat mengakibatkan komplikasi pada mata, seperti katarak, ginjal, saraf, dan penyempitan pembuluh darah.

 tipe penyakit diabetes melitus

tipe penyakit diabetes melitus

Baca Juga :

Cara Diet Mayo dan Resep Menu Makanannya Selama 13 Hari

Penyakit HIV AIDS : Cara Penularan, Tanda dan Gejala Yang Mudah Dikenali

20 Gejala Penyakit Diabetes Melitus Yang Mudah Dikenali

Gejala dan Pengobatan Medis Penyakit Kanker Servik (Kanker Leher Rahim)

 

Macam-macam dan Jenis Penyakit Diabetes melitus (DM)

Dalam dunia medis, secara umum   ada 4 macam dan jenis penyakit diabetes melitus (DM) yang sering diderita seseorang, antara lain :

  1. Diabetes Melitus Tipe 1

Untuk penyakit diabetes melitus tipe 1, terjadi pada saat tubuh seseorang telah memerlukan  pasokan hormon insulin dari luar sebagai akibat sel-sel beta  telah mengalami kerusakan sehingga pankreas berhenti dalam memproduksi hormon  insulin. Kerusakan sel beta tersebut dapat terjadi sejak kecil ataupun setelah dewasa.

Diabetes Tipe 1 ini biasanya ditemukan pada penderita yang mulai mengalami diabetes sejak anak-anak atau remaja, sehingganya pada zaman dahulu para praktisi kesehatan menyebutnya sebagai diabetes remaja atau anak muda.

penyakit diabetes tipe 1

penyakit diabetes tipe 1

  1. Diabetes Tipe 2

Pada diabetes melitus tipe 2 terjadi pada seseorang jika insulin hasil produksi pankreas dalam tubuhnya tidak cukup atau sel lemak dan otot tubuh menjadi kebal terhadap insulin, sehingga terjadilah gangguan pengiriman gula ke sel tubuh. Diabetes melitus Tipe 2 ini merupakan tipe diabetes yang paling sering umum dijumpai,

 

Diabetes Tipe 2 ini dapat menurun dari orangtua yang penderita diabetes. Tetapi risiko terkena penyakit ini akan semakin tinggi jika memiliki kelebihan berat badan dan memiliki gaya hidup yang membuat anda kurang bergerak. Jadi pada Diabetes Tipe 2 ini yang menjadi pencetus utama adalah faktor obesitas (kegemukan). Faktor penyebab lain adalah pola makan yang salah, proses penuaan, dan stress yang mengakibatkan terjadinya resistensi insulin dalam tubuh..

  1. Tipe Diabetes Melitus Yang disebabkan Penyakit Lain (Spesifik)

Untuk tipe diabetes ini banyak disebabkan oleh faktor genetik (kerusakan genetik sel beta pankreas) juga akibat konsumsi obat-obatan maupun bahan kimia. misal­nya, sirosis hati, penyakit kelenjar pankreas, infeksi, obat-obatan, dan lain-lain. Penderita diabetes melitus jenis ini pa­ling sedikit dijumpai, jumlahnya tidak mencapai 10% dari penderita diabetes melitus secara keseluruhan.

  1. Tipe Diabetes Melitus Gestasional


ladyfem

Pada tipe diabetes gastional gejala yang sering muncul menyertai penyakit ini adalah polifagia (makan banyak), poliuria (kencang banyak), dan polidipsia (minum banyak). Kondisi lain yang muncul biasanya dapat berupa penurunan berat  badan, mengalami gatal pada kulit, kesemutan, mata kabur, mudah lelah, luka yang tidak sembuh. Nah, dengan mengenal macam dan tipe diabetes melitus di atas  tentunya dapat memberikan gambaran kepada kita semua bila menemui gejala yang mengarah kepada masing-masing tipe diabetes melitus untuk segera melakukan antisipasi sedini mungkin. Namun, yang lebih penting adalah segera cek kesehatan atau menemui tim medis agar dapat segera dipastikan dan mendapat pengobatan yang semestinya.

loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to Jenis dan Tipe Penyakit Diabetes Melitus, Kenali dan Cegah Sedini Mungkin!