loading...

Kenapa Air Mata Keluar Ketika Menguap, Inilah Penjelasanya

loading...

Berbicara mengenai air mata, tidak selamanya orang yang mengeluarkan air mata adalah meraka yang sedang menangis. Lebih dari itu, air mata juga dapat terjadi karena beberapa hal.  Misalnya saja karena mata tersebut kemasukan air atau pun benda asing yang menyebabkan mata tersebut terasa perih dan pedas.

Bisa juga karena uap bawang sehingga mata pun akan mengeluarkan air atau memang karena menguap. Secara sadar atau tidak, selama ini seseorang sering kali mengeluarkan air mata ketika mereka menguap.

Air mata yang dikeluarkan memang tidak  terlalu banyak dalam sekali menguap. Namun jika hal ini terjadi ketika kita sedang mengantuk berat dan berkali – kali menguap, hal inilah yang pada nantinya akan menyebabkan air mata yang keluar dari mata akan sangat banyak.

Pastilah muncul pertanyaan, kenapas sih kok mata bisa berair yah ketika menguap? Menurut beberapa sumber terpercaya, keluarnya air mata ketika seseorang sedang menguap adalah menjadi hal yang normal. Dalam dunia medis, ada penjelasan ilmiah kenapa mata menjadi berair ketika menguap.

Penyebab Keluarnya Air Mata

Alasan mata mengeluarkan air ketika menguap sendiri adalah karena adanya proses tekanan pada kelenjar air mata. Nah pada saat menguap inilah membuat kelopak mata secara otomatis akan berusaha menutupnya dengan rapat. Dan pada saat inilah terkadang seringkali dibarengi dengan adanya tekanan pada otot – otot sekitar mata yang membuat mata menjadi mengeluarkan air.

Baca : Keajaiban Mata Manusia Dari Sisi Sain Dan Ilmu Kesehatan

Semakin banyak orang menguap, maka hal ini juga akan membuat kelenjar air mata akan mengalami tekanan yang semakin kuat. Otot –  otot mata yang bergerak pun juga menjadi semakin banyak. Dan inilah yang pada nantinya akan membuat air mata yang keluar dari mata akan semakin banyak karena menguap tersebut.

Untuk menguap sendiri, para ahli sebelumnya juga mengungkapkan bahwa menguap terjadi pada saat tubuh merasa lelah, perasaan yang bosan atau ketika mengantuk tersebut para ahli mengungkapkan bahwa hal ini terjadi  karena otak mengalami kekurangan oksigen.

Namun untuk lebih jelasnya belum ada penjelasan lebih lanjut dan detail sebagai bukti terpercaya bahwa menguap adalah proses penarikan oksigen dari paru – paru ke arah otak untuk mencukupi kebutuhan oksigen dalam otak.

Baca : Cara Menghilangkan Kantung Mata Panda Secara Alami

Untuk sampai saat ini, aspek –  aspek mengenai tubuh menguap masih saja belum ada penjelasan yang lebih detail dan masih menjadi tanda tanya bagi para ahli. Pasalnya janin yang ada di dalam rahim ibu juga menguap dan belum diketahui apakah janin tersebut menarik oksigen dari paru – paru ke otak.

Baca : Cara Melancarkan Aliran Darah


ladyfem

Nah untuk sekarang kita menjadi semakin mengetahui, kenapa ketika menguap seseorang sering kali mengeluarkan air mata tanda disadari dengan sendirinya menjadi hal yang wajar terjadi dan normal. Semoga artikel ini bermanfaat…

loading...

Artikel Terkait :

Most popular articles related to Kenapa Air Mata Keluar Ketika Menguap, Inilah Penjelasanya